ANALISIS PEMASARAN DIGITAL MENGGUNAKAN MODEL AISAS PADA PRODUK SEMAKIN PEKA
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penjualan pada produk Semakin Peka yang mengalami fluktuatif selama melakukan penjualan pada pemasaran digital yang dianalisis dengan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action and Share). Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan ciri-ciri suatu objek, fenomena atau peristiwa tertentu. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah informan yang memberikan data penelitian melalui wawancara dan teknik purposive sampling. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pemasaran digital yang sudah diterapkan untuk meningkatkan volume penjualan. Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa model AISAS merupakan pengembangan dari model AIDMA (Attention, Interest, Desire Memory and Action) yang telah banyak digunakan pada iklan di media sosial dan media lainnya, kemudian dikembangkan menjadi model AISAS sesuai dengan era internet dan karakter konsumen modern yang cenderung mencari sebelum melakukan pembelian produk sehingga cocok diterapkan dalam pemasaran proses promosi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model AISAS terjadi ketika perhatian menimbulkan minat, pelanggan mulai mencari, lalu mengambil tindakan kemudian lanjut ke berbagi.
References
Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 6(2), 147–157. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.291
Anugrah, S. (2018). Marketing Funnel AISAS, Model Baru di Dunia Digital.
Adlan, H., & Indahingwati, A. (2020). Analisis Model AISAS Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Penggunaan SEO (Kajian Empiris Konsumen Di Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(1), 1–15.
Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Pudanis di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001
Iskandar, J., Najib, M., & Yusuf, A. M. (2020). Analisis Pengaruh Model Aisas (Attention, Interest, Search, Action & Share) Terhadap Tingkat Literasi Keuangan Syariah (Studi Kasus Followers Instagram Perbankan Syariah). Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 5(2), 33–52. https://doi.org/10.36908/isbank.v5i2.114
MA Rafhdian, A. D. G. & A. F. H. (2016). Brand Equity on Brand Image of Tourism Object in Surabaya. The 2nd International Multidisciplinary Conference 2016 November 15th , 2016, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 1(1), 287–293.
Manggaga, I. P. (2022). Analisis Aisas Selebriti Korea dalam Iklan Produk Indonesia Aisas Analysis of Korean Celebrities in Indonesian Product. 4(2), 38–46.
Meifilina, A. (2022). Penerapan Aisas Model Dalam Komunikasi Pemasaran Desa Digital Pada Desa Wisata Serang Kabupaten Blitar. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 2828–6863.
Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance Denganintellectual Capital dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112
Purnamasari, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2015). Analisis Peluang E-Commerce Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Produk Batik. (Studi Kasus pada Usaha Batik di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(4), 42–49. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/9226
Rini, M., & Harahab, N. (2018). The Influence of Endorser in Social Media toward Consumer Decision Making with AISAS Model. ECSOFiM: Journal of Economic and Social of Fisheries and Marine, 06(01), 106–118.
Saputra, A., Papilo, P., & Marizal, M. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital dan Duta Merek terhadap Kesadaran Merek PT ABC Regional Riau. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri, 0(0), 463. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/11108
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Pengabdhi: Jurnal Ilmiah, 6(2). https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625
Supardi, Endang Sri Wahyuni, & H. Lalu Ratmaja. (2022). Inovasi Sistem Digital Pemasaran Produk Travel Agents. Journal of Mandalika Review, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.55701/mandalika.v1i1.3
Wicaksana, I. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Usia Muda (The Effect of Digital Marketing and Product Quality on Loyalty Through Satisfaction of Young Customer). Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 18(01), 1. http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jmkDOI:http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i2.507
Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way. Dentsu Inc.
Zhang, M., Guo, L., Hu, M., & Liu, W. (2017). Influence of Customer Engagement with Company Social Networks on Stickiness: Mediating Effect of Customer Value Creation. International Journal of Information Management, 37(3), 229-240.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.