ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA TRAVELXISM MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING CANVAS

  • Irfan Kautsar Melandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arief Budiman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ismail Yusuf Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka membantu mengoptimalkan strategi pemasaran digital yang diterapkan agar lebih efisien dan tepat sasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan Digital Marketing Canvas. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan mengisi masing-masing sebelas elemen Digital Marketing Canvas, bisnis dapat membuat rencana pemasaran digital komprehensif yang mencakup semua aspek kehadiran online. Rencana ini kemudian dapat digunakan untuk memandu pelaksanaan berbagai kegiatan pemasaran digital, seperti pemasaran media sosial, pemasaran konten dan website. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini menyimpulkan bahwa memanfaatkan Digital Marketing Canvas adalah cara yang efektif bagi bisnis untuk membuat rencana komprehensif untuk upaya pemasaran online. Dengan mengisi setiap elemen kanvas, bisnis dapat mengembangkan pemahaman terperinci tentang proposisi nilai, misi, visi, merek, target audiens, pasar, akuisisi, aktivasi, rujukan, pendapatan dan retensi. Ada 3 digital marketing yang akan difokuskan oleh Travelxism di antaranya, pemasaran sosial media, pemasaran konten dan website. Saran untuk peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lebih difokuskan pada akuisisi dan pendapatan yang berkaitan dengan strategi pemasaran digital menggunakan Kanvas Pemasaran Digital.

References

Arifin, M., Kurdi, M., & Anwar, S. (2021). Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Amanda Cafe di Era Revolusi Industri 4.0. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 2(2017), 34.
Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Sherliana, H. (2020). Pengaruh Digital Marketing terhadap Online Purchase Decision pada Platform Belanja Online Shopee. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2491
Christina, I. D., Fenni, & Roselina, D. (2019). Digital Marketing Strategy in promoting Product. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 4(4(10)), 58–66. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2019-4/10-05
Corman, J. (2016). Digital Marketing Canvas. https://thecanvasrevolution.com/product/digital-marketing-canvas
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60. http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136
I, Nabila Rufaida; Suyanto, A. (2019). Analysis The Impact Of Digital Marketing Of The Brand Awareness. E-Proceeding Of Management, 6(2), 2091–2097
Jain, R. (2023). [+PDF] The Digital Marketing Canvas. https://blogcast.in/seo/digital-marketing-canvas/
Koeswandi, T. A., Fauziyah, A., & Nurfitriya, M. (2020). Digital Marketing Design to Increase Tourism Visit and Maintain the City Image. The International Journal of Business Review (The Jobs Review), 3(1), 11–14. https://doi.org/10.17509/tjr.v3i1.26069
Koeswandi, T., Fauziyah, A., Nurfitriya, M., & Primaskara, E. A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Digital Umkm Terdampak Covid-19 Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 1(3), 75–80. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v1i3.91
Kusumo, H. (2022). Travelxism x Babad Ajak Kaum Muda Peka Nilai Keberlanjutan. https://jogja.idntimes.com/news/jogja/herlambang-jati-kusumo/travelxism-x-babad-ajak-kaum-muda-peka-nilai-keberlanjutan
Laukkonen, R. E., Kaveladze, B. T., Tangen, J. M., & Schooler, J. W. (2020). The dark side of Eureka: Artificially induced Aha moments make facts feel true. Cognition, 196(January 2019), 0–5. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2019.104122
Maulidatul, P., Indah, U., & Abidin, Z. (2019). Strategi Pemasaran Digital pada Produk Tempe, Kota Surabaya. Berkala Ilmiah Agribisnis AGRIDEVINA, 8(2), 127–134.
Noviana, I. P., & Darma, G. (2020). Exploring Digital Marketing Strategies During the New Normal Era in Enhancing the Use of Digital Payment. Jurnal Mantik, 4(3), 2257–2262.
Nur, D. H. (2022). A Social Science and Entrepreneurship Journal Analysis of Digital Marketing Strategy at Almeera Atelier. A Social Science and Entrepreneurship Journal, 2(2), 123–128.
Posadas, M. A., Dragaz, C. D. S., Santos, B. S. D., & Santos, O. N. T. (2022). Effective Digital Marketing Strategies Used by MSMEs in NCR Under New Normal. Journal of Business and Management Studies, 124–130. https://doi.org/10.32996/jbms
Puspaningrum, A. (2020). Social Media Marketing and Brand Loyalty: The Role of Brand Trust. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 951–958. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO12.951
Rachmadewi, I. P., Qurtubi, A. F., Sutrisno, W., & Basumerda, C. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968
Tabuena, A. C., Necio, S. M. L., Macaspac, K. K., Bernardo, M. P. E., Domingo, D. I., & Leon, P. D. M. D. (2022). A Literature Review on Digital Marketing Strategies and Its Impact on Online Business Sellers During the COVID-19 Crisis. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Sciene, 02(01), 141–153.
Wirapraja, A. et al. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Yusuf, M., Abdulmajid, N. W., & Andrian, R. (2022). Pengelolaan Media Sosial Instagram pada Industri Pariwisata (PT Gemilang Media Wisatama (Travelxism)).docx. Journal of Demography,Etnography,and Social Transformation, 2(1), 108. https://doi.org/10.30631/demos.v2i2.1295
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2023-07-07
How to Cite
Melandi, I., Budiman, A., & Yusuf, I. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA TRAVELXISM MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING CANVAS. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1107-1122. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3138