PENGARUH EMPLOYER BRANDING DAN REPUTASI ORGANISASI TERHADAP INTENTION TO APPLY PADA GENERASI Z

STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM

  • Putri Wanda Evrina Universitas Telkom, Bandung
  • Puspita Wulansari Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Aset utama dalam organisasi untuk mencapai tujuan suatu organisasi ialah sumber daya manusia yang dimiliki. Kemajuan dunia dan percepatan globalisasi mengharuskan perusahaan untuk memiliki keunggulan kompetitif agar tetap bertahan. Maka dari itu, suatu perusahaan membutuhkan calon karyawan terbaik yang dapat membantu perusahaan tumbuh dan tetap bersaing. Employer branding dan reputasi organisasi merupakan strategi efektif untuk menarik para pencari kerja terbaik dan mempromosikan perusahaan sebagai lingkungan kerja yang baik. Dengan demikian, hal tersebut akan mendorong intention to apply atau niat untuk melamar pekerjaan para pencari kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh employer branding dan reputasi organisasi terhadap intention to apply pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Telkom. Untuk meninjau hasil penelitian, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dari hasil tanggapan responden melalui penyebaran kuesioner. Terdapat responden pada penelitian ini sebanyak 273 orang Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Telkom. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur dengan bantuan IBM SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa employer branding dan reputasi organisasi berpengaruh secara signifikan positif terhadap intention to apply dengan nilai koefisien determinasi sebesar (R2) sebesar 0,607 atau senilai dengan 60,7%, artinya variabel employer branding dan reputasi organisasi dapat menjelaskan variabel intention to apply senilai 60,7%.

References

Amelia, Agnes. (2017). Employer Branding When HR is The New Marketing. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Annisa, S., Jaja Raharja, un, & Abdul Muhyi, H. (2022). Pengaruh employer attractiveness, media sosial, dan reputasi organisasi terhadap intensi melamar pekerjaan generasi z. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(4), 816–825.
Berthon, Pierre., Ewing Michael., Hah, Li L. (2005). Captivating company: dimensions of attractiveness in employer branding. International Journal Of Advertising: 24 (2)
Bloomgarden, Kathy. 2022. Gen Z and the end of work as we know it. World Economic Forum. https://www.weforum.org/agenda/2022/05/gen-z-don-t-want-to-work-for-you-here-s-how-to-change-their-mind/. Diakses 23 Februari 2023.
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Sensus Penduduk 2020 Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur Generasi (Jiwa).
Christiaans, L. (2013). International Employer Brand Management. Springer Gabler. https://doi.org/10.1007/978-3-658-00456-9.
[Deloitte] Deloitte. 2018. Welcome To Generation Z.
Ekhsan, M., & Fitri, N. (2021). Pengaruh Employer Branding Terhadap Minat Melamar Pekerjaan dengan Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 1, 97–107. doi.org/10.47709/jebma.v1i2.975%0A.
Elvera dan Astarina, Yesita. (2021). Metodologi Penelitian (1). Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Erlinda, Fenti & Safitri, Rini. The Relationship Between Employer Branding, Corporate Reputation, and Recruitment Web on Intention To Apply. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 7(8), 1572-1583.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9). Semarang: Badan Penerbit – Universitas Dipononegoro.
Idrus, S., Ruhana, F., Amalia, M. R., Rosyid, A. F., & Kuswandi, D. (2023). Implementasi kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Efektif Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Di Era Bisnis Global. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 7(1), 72-89.
Junça Silva, A., & Dias, H. (2022). The relationship between employer branding, corporate reputation and intention to apply to a job offer. International Journal of Organizational Analysis. https://doi.org/10.1108/IJOA-01-2022-3129.
[Lever.co] Lever. 2022. The State of Internal Mobility and Employee Retention.
McDadde, Aaron. 2023. Gen Z job hunters are more worried about a company's reputation than layoffs, survey says. Business Insider. https://www.businessinsider.com/gen-z-prioritizes-reputation-work-life-balance-searching-jobs-2023-1. Diakses 20 Februari 2023.
Mustafidah, Hindayati dan Suwarsito. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian (1). Purwokerto: UM Purwokerto Press.
Prasetio, P., Partono, A., Wulansari, P., Putri, S. T., Ramdhani, R., & Abdullah, A. (2019). The Mediation of Job Satisfaction in the Relation of Work Stress and Turnover Intention in Hotel Industry. 1st International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance (ICEBEF 2018), 65, 608–612. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.130.
Romadhona, A. F., & Wahyuningtyas, R. (2019). Komitmen Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Bjb Cabang Tamansari. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), 24. https://doi.org/10.23969/jrbm.v12i1.1523
Santiago, Joanna. (2019). The relationship between brand attractiveness and the intent to apply for a job: A millennials’ perspective. European Journal of Management and Business Economics, 28(2), 142-157.
Sivertzen, A. M., Nilsen, E. R., & Olafsen, A. H. (2013). Employer branding: Employer attractiveness and the use of social media. Journal of Product and Brand Management, 22(7), 473–483. https://doi.org/10.1108/JPBM-09-2013-0393.
Soeling, P. D., Ajeng Arsanti, S. D., & Indriati, F. (2022). Organizational reputation: does it mediate the effect of employer brand attractiveness on intention to apply in Indonesia?. Heliyon, 8(4), e09208. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09208
Staglin, Garen. 2022. The Future Of Work Depends On Supporting Gen Z. Forbes.https://www.forbes.com/sites/onemind/2022/07/22/the-future-of-work-depends-on-supporting-gen-z/?sh=6872bcf0447a. Diakses 25 Februari 2023.
Sulaiman, R., Alamsyah, A., & Wulansari, P. (2022). Reshaping the future of recruitment through talent reputation and verifiable credentials using blockchain technology. 10th International Conference on Information and Communication Technology, ICoICT 2022, 316-321. doi:10.1109/ICoICT55009.2022.9914891 Retrieved from www.scopus.com
[Unit Career, Alumni, Endowment] Unit Career, Alumni, Endowment Telkom University. 2022. Pertanyaan Tracer Study 2022.
Warta, Waska. (2017). Manajemen Reputasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Waskito, Saptono Kusdanu. (2020). Terampil Mengolah Data Regresi, Path Analysis, Structural Equation, Model dengan SPSS dan AMOS. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wulansari, P., & Rahmi, R. U. (2019). The Effect of Employee Competence and Motivation on Employee Performance. 1st International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance (ICEBEF 2018), 65, 683–685. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i5.388
Zeeshan, M., Qureshi, T. W., Bashir, S., & Ahmad, U. (2020). Kepemimpinan Transformasional dan Perusahaan Reputasi : Efek Mediasi Branding Pemberi Kerja. Journal of Management and Research, 7(1), 184–211.
Published
2023-06-20
How to Cite
Evrina, P., & Wulansari, P. (2023). PENGARUH EMPLOYER BRANDING DAN REPUTASI ORGANISASI TERHADAP INTENTION TO APPLY PADA GENERASI Z. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 603-619. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3045