PENGARUH RAMADAN TERHADAP PERILAKU PENGELUARAN KELUARGA DI INDONESIA: STUDI KASUS PADA KELUARGA MUSLIM

  • Dadi Kuswandi Universitas Gunadarma
  • Avid Leonardo Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Edy Wiranto Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan
  • Yoga Adiyanto Universitas Serang Raya
  • Andri Sutira STAI Pelita Nusa Bandung Barat

Abstract

Bulan Ramadan merupakan bulan yang banyak sekali ditunggu oleh masyarakat di Indonesia, khususnya bagi keluarga muslim. Hal ini dikarenakan berbagai kebaikan yang ada di dalamnya. Namun sayangnya sering kali terdapat adanya pengeluaran keuangan yang lebih tinggi secara signifikan selama bulan Ramadan. Penelitian ini kemudian akan bertujuan untuk melihat bagaimana kehadiran Bulan Ramadan dapat mempengaruhi perilaku keuangan masyarakat di Indonesia, khususnya bagi keluarga muslim. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan di dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan beberapa keluarga muslim yang sebelumnya pernah merasakan bulan Ramadan. Hasil dari penelitian ini kemudian menemukan bahwa terdapat adanya beberapa faktor selama bulan Ramadan yang mempengaruhi pengeluaran keluarga muslim, seperti faktor tradisi, konsumsi makanan dan minuman, kebutuhan pakaian dan perlengkapan, dan kehadiran diskon ataupun potongan harga spesial bulan Ramadan. Faktor-faktor ini sendiri kemudian dapat mempengaruhi perilaku pengeluaran secara signifikan jika tidak adanya suatu strategi yang dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Oleh karena itu, beberapa keluarga muslim yang diwawancarai kemudian memanfaatkan faktor-faktor di atas sesuai dengan kondisi keuangan mereka.

References

Ahmadi, A. Y., & Sutrisno, S. (2022). Zakat Solusi Kesenjangan Ekonomi di Indonesia. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(7), 917-926.
Arianti, B. F., & Azzahra, K. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan: Studi Kasus UMKM Kota Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 9(2), 156-171.
De Bruijn, E. J., & Antonides, G. (2022). Poverty and Economic Decision Making: A Review of Scarcity Theory. Theory and Decision, 92(1), 5-37.
Fadel, M., Abubakar, A., & Haddade, H. (2023). Implementasi Konsep Keluarga Sakinah dan Sibaliparriq dalam Pencegahan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 8(2), 49-65.
Fauyan, M. (2019). The Shifting of Religiosity in the Area Affected by Steam Powered Electric Generator Batang Project. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 27(1), 149-178.
Febriyantoro, M. T. (2020). Exploring YouTube Marketing Communication: Brand Awareness, Brand Image and Purchase Intention in the Millennial Generation. Cogent Business & Management, 7(1), 1787733.
Goyal, K., & Kumar, S. (2021). Financial Literacy: A Systematic Review and Bibliometric Analysis. International Journal of Consumer Studies, 45(1), 80-105.
Hahnel, U. J., Chatelain, G., Conte, B., Piana, V., & Brosch, T. (2020). Mental Accounting Mechanisms in Energy Decision-Making and Behaviour. Nature energy, 5(12), 952-958.
Hakim, L., & Syaputra, A. D. (2020). Al-Qur’an dan Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 629-644.
Hassanein, M., Afandi, B., Ahmedani, M. Y., Alamoudi, R. M., Alawadi, F., Bajaj, H. S., ... & Zainudin, S. B. (2022). Diabetes and Ramadan: Practical Guidelines 2021. Diabetes Research and Clinical Practice, 109185.
Ikhwan, A. (2019). Sistem Kepemimpinan Islami: Instrumen Inti Pengambil Keputusan pada Lembaga Pendidikan Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 111-154.
Jazuli, A., & Setiyani, R. (2021). Anteseden Financial Management Behavior: Financial Literacy sebagai Intervening. Economic Education Analysis Journal, 10(1), 163-176.
Li, X., Zhou, Y., Wong, Y. D., Wang, X., & Yuen, K. F. (2021). What Influences Panic Buying Behaviour? A Model Based on Dual-System Theory and Stimulus-Organism-Response Framework. International Journal of Disaster Risk Reduction, 64, 102484.
Mas’adah, U. K. M., & Astuti, E. B. (2022). Pengaruh Pendapatan, Tingkat Pendidikan, dan Investasi terhadap Tingkat Literasi Keuangan pada Pelaku UMKM (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati). AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(2).
Meliani, F., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2022). Theology of Pandemic: Unraveling The Meaning Behind the Disaster From an Islamic Perspective. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(1), 125-141.
Munandar, S. A. M. (2021). Gerakan Filantropi Jaringan Gusdurian ditengah Wabah Covid-19: Philantrophy Movement of the Gusdurian Network Among The Covid-19 Plague. Jurnal Bimas Islam, 14(1), 33-76.
Naeem, M. (2021). Do Social Media Platforms Develop Consumer Panic Buying during the fear of Covid-19 pandemic. Journal of Retailing and Consumer Services, 58, 102226.
Nurani, S. M. (2021). Relasi Hak dan Kewajiban Suami Istri dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Analitis Relevansi Hak dan Kewajiban Suami Istri Berdasarkan Tafsir Ahkam dan Hadits Ahkam). Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 3(1), 98-116.
Pratama, D. A. N. (2019). Tantangan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 198-226.
Rifa'i, A. (2019). Pendidikan Akhlak dalam Keluarga (Tinjauan Normatif dalam Islam). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 235-257.
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., ... & Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. UNISMA PRESS.
Silalahi, D. E., & Ginting, R. R. (2020). Strategi Kebijakan Fiskal Pemerintah Indonesia untuk Mengatur Penerimaan dan Pengeluaran Negara dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 3(2), 156-167.
Warsah, I. (2019). Muslim minority in Yogyakarta: Between Social Relationship and Religious Motivation. QIJIS: Qudus International Journal of Islamic Studies, 7(2), 367-398.
Winarno, T., Said, M. M. U., & Hayat, H. (2021). Pengembangan Desa Wisata Adat Using Kemiren melalui Pendekatan Penta Helix. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 3(2), 137-145.
Zahra, A. R., & Aslami, N. (2021). Analisis Perilaku Konsumen Asuransi di Medan Sumatera Utara. Journal of Vision and Ideas (VISA), 1(1), 46-53.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2023-04-21
How to Cite
Kuswandi, D., Sari, A. L., Wiranto, E., Adiyanto, Y., & Sutira, A. (2023). PENGARUH RAMADAN TERHADAP PERILAKU PENGELUARAN KELUARGA DI INDONESIA: STUDI KASUS PADA KELUARGA MUSLIM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 613-627. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2993