STRATEGI PEMASARAN PADA BULAN RAMADHAN: PEMBELAJARAN DARI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL

  • Eko Budi Satoto Universitas Muhammadiyah Jember
  • Endang Fatmawati Universitas Diponegoro
  • Lien Maulina Poltekpar NHI Bandung
  • Ahmad Firdaus Universitas Serang Raya
  • Hairul Anwar Universitas Mulawarman

Abstract

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bulan ini sangat mempengaruhi berbagai kegiatan masyarakat, tidak terkecuali pedagang pasar tradisional. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat bagaimana perubahan yang dialami oleh pedagang pasar selama bulan Ramadhan, khususnya pedagang pasar tradisional. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan di dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara di lapangan dengan para pedagang pasar tradisional. Hasil penelitian ini kemudian menemukan bahwa selama bulan Ramadan, terdapat adanya suatu perubahan di dalam pasar, seperti permintaan pasar yang meningkat secara drastis dan perubahan dari perilaku konsumen. Hal ini kemudian dapat menyebabkan adanya persaingan yang semakin ketat dengan sesama pedagang lainnya, serta adanya tantangan tambahan di dalam menjaga kualitas produk dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi-strategi yang perlu dilakukan oleh para pedagang, khususnya pedagang tradisional selama bulan puasa. Beberapa strategi tersebut antara lain dengan menyiapkan stok atau kuantitas produk yang banyak, menjaga kualitas produk tetap tinggi dengan harga yang masih wajar, memenuhi kebutuhan konsumen selama waktu khusus bulan Ramadan, dan berbagai strategi lainnya. Melalui strategi ini, maka diharapkan pedagang dapat beradaptasi dengan baik di bulan Ramadan.

References

Adona, F., Yusnani, Y., & Sukatik, S. (2019). Padang Halal Tourism: Studi Kasus terhadap City Branding pada Pusat Perdagangan Kota Padang. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 143-153.
Arifin, G., Trinugraha, Y. H., & Nurhadi, N. (2021). Solidaritas dan Modal Sosial Pedagang Pasar Legi Surakarta Menghadapi Tantangan Pasar Modern. Jurnal Sosiologi Andalas, 7(2), 112-126.
Aripin, M. Z., & Febrianto, A. (2022). Product Based Value Added dalam Meningkatkan Costumer Decision di Indomaret Kraksaan. Jurnal Istiqro, 8(1), 102-120.
Beninger, S., & Francis, J. N. (2021). Collective Market Shaping by Competitors and Its Contribution to Market Resilience. Journal of Business Research, 122, 293-303.
Darma, D. A. (2019). Pengaruh Pasar Tradisional terhadap Perkembangan Pendapatan Asli Daerah di pulau Samosir Danau Toba. Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan), 4(2), 51-60.
Edwards, C. J., Bendickson, J. S., Baker, B. L., & Solomon, S. J. (2020). Entrepreneurship within the History of Marketing. Journal of Business Research, 108, 259-267.
Effendi, D. R., Fermayani, R., Egim, A. S., & Harahap, R. R. (2021). Pengaruh Persepsi Konsumen Mengenai Harga, Lokasi, dan Kualitas Pasar Modern terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ecogen, 4(2), 188-197.
Lucan, S. C., Maroko, A. R., Patel, A. N., Gjonbalaj, I., Elbel, B., & Schechter, C. B. (2020). Healthful and Less-Healthful Foods and Drinks from Storefront and Non-Storefront Businesses: Implications for ‘Food Deserts’,‘Food Swamps’ and Food-Source Disparities. Public Health Nutrition, 23(8), 1428-1439.
Mayasari, I., Sugeng, N. W., & Ratnaningtyas, H. (2021). Peran Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Generasi Milenial: Studi Jajanan Tradisional. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 5(2), 135-147.
Munfaridah, I. (2021). Problematika dan Solusinnya Tentang Penentuan Waktu Shalat dan Puasa di Daerah Abnormal (Kutub). Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 3(1), 37-50.
Oktarina, N., Nopianti, H., & Himawati, I. P. (2022). Kearifan lokal dalam pengelolaan Repong Damar Pekon Pahmungan Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat Lampung. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 6(1), 73-91.
Pahleviannur, Muhammad Rizal, Anita De Grave, Dani Nur Saputra, Dedi Mardianto, Lis Hafrida, Vidriana Oktoviana Bano, Eko Edy Susanto et al. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka, 2022.
Permatasari, I., & Ismayanti, N. F. (2023). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Daster Murah, Ketanon, Tulungagung. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(5), 605-616.
Poti, J., & Mahadiansar, M. (2020). Evaluasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional: Studi Pasar Akau Potong Lembu Kota Tanjungpinang. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 6(3), 294-309.
Prasetiyan, N., Susanto, J., & Winarti, A. S. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Omzet Pedagang Pasar Kolombo Dimasa Pandemi Covid-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(12), 2677-2690.
Qohar, A., Wakhid, A. A., & Faizal, L. (2022). Model Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pasar Tradisional untuk Meningkatkan Daya Saing terhadap Pasar Modern. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 18(2), 81-99.
Rahmah, H., & Tapotubun, H. H. (2020). Narasi Industri Pariwisata Halal di Negara Jepang dan Jerman. Jurnal Sosiologi Reflektif, 14(2), 287-306.
Ramin, M. (2021). Optimalisasi Peran Pedagang Pasar Tradisional dalam Pengembangan Usaha Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi pada Pasar Tamberu Timur Sokobanah Sampang Madura). Jurnal Investi Islam, 2(01), 135-158.
Reardon, T., Heiman, A., Lu, L., Nuthalapati, C. S., Vos, R., & Zilberman, D. (2021). “Pivoting” by food industry firms to cope with COVID‐19 in Developing Regions: E‐Commerce and “Copivoting” Delivery Intermediaries. Agricultural Economics, 52(3), 459-475.
Septian, E. (2022). Transformasi Konflik Kebijakan Relokasi Pedagang Kaki Lima di Kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 8(3), 327-345.
Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 11-25.
Trispratiwi, W. W., Soeroso, A., & Yuniati, N. (2023). Saujana Tugu Sumbu Filosofi Sebagai Kawasan Wisata Pusaka Kota Yogyakarta. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 1289-1325.
Wibowo, F., Khasanah, A. U., & Putra, F. I. F. S. (2022). Analisis Dampak Kehadiran Pasar Modern terhadap Kinerja Pemasaran Pasar Tradisional Berbasis Perspektif Pedagang dan Konsumen di Kabupaten Wonogiri. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(1), 53-65.
Zaiman, M. F., Junaidi, H., & Amri, U. (2022). Pengembangan Wakaf Wisata Kampung Al-Munawar Perspektif Global Muslim Travel Index. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 11(2), 261-266.
Zulkifli, Z., & Nasrudin, N. (2019). Analisis Dampak Pinjaman Modal Usaha terhadap Pendapatan dan Laba Pedagang di Pasar Batuah Martapura. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 2(3), 590-603.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2023-04-21
How to Cite
Satoto, E. B., Fatmawati, E., Maulina, L., Firdaus, A., & Anwar, H. (2023). STRATEGI PEMASARAN PADA BULAN RAMADHAN: PEMBELAJARAN DARI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 568-581. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2991