REVITALISASI INDUSTRI PERHOTELAN DENGAN INOVASI TEKNOLOGI : MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN PENGALAMAN PELANGGAN

  • Lien Maulina Poltekpar NHI Bandung

Abstract

Keberadaan hotel merupakan bagian yang penting dalam memajukan perekonomian suatu wilayah. Hal ini dikarenakan sektor pariwisata dapat memindahkan suatu kekayaan dari suatu wilayah ke wilayah lainnya. Selain itu, keberadaan sektor pariwisata, khususnya perhotelan dapat meningkatkan lapangan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana revitalisasi dalam industri perhotelan melalui inovasi teknologi dapat meningkatkan kompetensi persaingan dan pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan kualitatif. Data yang digunakan di dalam penelitian ini berasal dari berbagai hasil penelitian atau studi terdahulu yang masih memiliki relevansi dengan isi penelitian. Hasil dari penelitian ini kemudian menemukan bahwa untuk dapat meningkatkan persaingan, inovasi di dalam penggunaan teknologi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Hal ini dikarenakan penggunaan teknologi dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas dan juga kualitas dari layanan hotel. Dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, maka hotel dapat merevitalisasi dirinya dengan teknologi yang cocok juga. Pada akhirnya, penggunaan teknologi di dalam industri perhotelan dapat meningkatkan daya saing dan juga layanan yang diberikan kepada pelanggan.

References

AI Humdan, E., Shi, Y., Behina, M., & Chowdhury, M. (2023). Examining agile supply chains: an empirical study in Australia. Production Planning & Control, 1-19.
Borowski, P. F. (2021). Innovation strategy on the example of companies using bamboo. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 10(1), 1-17.
Choi, M., & Choi, Y. (2021). Employee perceptions of hotel CSR activities during the COVID-19 pandemic. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 33(10), 3355-3378.
Dafia, C. S. N., Chen, F., & Sumo, P. D. (2022). Guideline and Strategies of Textile Industry on the Sustainable Development of Benin. Sustainability, 14(19), 12762.
Fernanda, M., & Frinaldi, A. (2023). Inovasi Budaya Organisasi Dalam Menciptakan Perilaku Inovatif Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Mandailing Natal. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(2).
Hao, F., Xiao, Q., & Chon, K. (2020). COVID-19 and China’s hotel industry: Impacts, a disaster management framework, and post-pandemic agenda. International journal of hospitality management, 90, 102636.
Hendriyaldi, H., & Mailindra, W. (2019). Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Produktivitas Grand Hotel Jambi. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(3), 344-351.
Hughes, C. (2021). The changing learning technological landscape for trainers in the wake of COVID-19. Advances in Developing Human Resources, 23(1), 66-74.
Islam, M. A., Hack‐Polay, D., Haque, A., Rahman, M., & Hossain, M. S. (2022). Moderating role of psychological empowerment on the relationship between green HRM practices and millennial employee retention in the hotel industry of Bangladesh. Business Strategy & Development, 5(1), 17-29.
Kandampully, J., Bilgihan, A., Van Riel, A. C., & Sharma, A. (2022). Toward Holistic Experience-Oriented Service Innovation: Co-Creating Sustainable Value With Customers and Society. Cornell Hospitality Quarterly, 19389655221108334.
Komalasari, R., Pramesti, P., & Harto, B. (2019). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2).
Kurtmollaiev, S., & Pedersen, P. E. (2022). Bringing together the whats and hows in the service innovation literature: An integrative framework. International Journal of Management Reviews, 24(4), 625-653.
Lagorio, A., Zenezini, G., Mangano, G., & Pinto, R. (2022). A systematic literature review of innovative technologies adopted in logistics management. International Journal of Logistics Research and Applications, 25(7), 1043-1066.
Lam, L., Nguyen, P., Le, N., & Tran, K. (2021). The relation among organizational culture, knowledge management, and innovation capability: Its implication for open innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 66.
Lamsihar, A. T., & Huseini, M. (2019). Transformasi Budaya dan Inovasi Perusahaan BUMN. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(1), 64-70.
Li, Z., Wang, D., Abbas, J., Hassan, S., & Mubeen, R. (2022). Tourists’ health risk threats amid COVID-19 era: role of technology innovation, Transformation, and recovery implications for sustainable tourism. Frontiers in Psychology, 12, 769175.
Mann, Y., & Hananel, R. (2022). Moving away from equality: The impact of planning and housing policy on internal migration and women’s employment in Israel. Progress in Planning, 157, 100537.
Mulyana, E. (2019). Upaya pemberdayaan ekonomi, sosial dan budaya pada masyarakat melalui pengembangan bisnis ekowisata. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(1), 38-43.
Pappas, N., Caputo, A., Pellegrini, M. M., Marzi, G., & Michopoulou, E. (2021). The complexity of decision-making processes and IoT adoption in accommodation SMEs. Journal of Business Research, 131, 573-583.
Pudjiarti, E. S., & Swastuti, E. (2022). Pengembangan Industri Kecil Menengah IKM Bisnis Inovatif Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 208-220.
Taques, F. H., López, M. G., Basso, L. F., & Areal, N. (2021). Indicators used to measure service innovation and manufacturing innovation. Journal of Innovation & Knowledge, 6(1), 11-26.
Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). Perancangan strategi digital marketing communication bagi industri perhotelan dalam menjawab tantangan era Posmodern. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 051-064.
Turoń, K. (2022). Open innovation business model as an opportunity to enhance the development of sustainable shared mobility industry. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(1), 37.
Wijaya, R. A., Qurratu’aini, N. I., & Paramastri, B. (2019). Pentingnya Pengelolaan Inovasi Dalam Era Persaingan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 5(2), 217-227.
Zhu, W., Zhu, Y., Lin, H., & Yu, Y. (2021). Technology progress bias, industrial structure adjustment, and regional industrial economic growth motivation——Research on regional industrial transformation and upgrading based on the effect of learning by doing. Technological Forecasting and Social Change, 170, 120928.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2023-04-13
How to Cite
Maulina, L. (2023). REVITALISASI INDUSTRI PERHOTELAN DENGAN INOVASI TEKNOLOGI : MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN PENGALAMAN PELANGGAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 504-519. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2962