MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT WIRAUSAHA GENERASI MUDA DI SUKABUMI KOTA MELALUI KREATIFITAS DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
Abstract
Potensi industri kreatif dapat berkembang oleh generasi muda yang mempunyai minat atau wirausaha yang kreatif dan didukung oleh penggunaan media sosial yang bijak. Sehingga apabila banyak generasi muda yang ingin mengembangkan dirinya menjadi wirausaha yang produktif maka perekonomian suatu daerah akan berkembang. Tidak dipungkiri lagi bahwa generasi muda yang kreatif akan menciptakan suatu ide atau gagasan yang dapat menciptakan sesuatu yang memiliki nilai lebih khususnya mengembangkan industry kreatif yang lebih potensial. Tujuan research ini untuk menelusuri bagaimana imbas dari kreatifitas anak muda dan penggunaan media sosial dalam menumbuhkembangkan minat wira usaha generasi muda di Sukabumi Kota.
Untuk mendeteksi imbas antara beberapa variabel yang diteliti maka metode yang digunakan yaitu melalui pendekatan analisis asosiatif, di mana populasinya generasi muda yang ada di Sukabumi Kota dengan rentang umur ditentukan mulai 17 tahun sampai 36 tahun. Karena populasinya tidak diketahui maka jumlah sampel diambil dengan rumus Cochran yaitu sebanyak 96 orang. Adapun Teknik penarikan sampel menggunakan Teknik sampling aksidential dan kuesiomer yang diberikan pada generasi muda menjadi sumber data primer yang diukur dengan Skala Likert, kemudian instrument penelitain dilakukan uji kualitas data dan uji prasyarat dan untuk mendeteksi imbas kreatifitas dan penggunaan media sosial terhadap minat wirausaha generasi muda di Sukabumi Kota menggunakan analisis multivariate regression dengan bantuan aplikasi S.P.S.S 26. Adapun hasilnya bahwa baik secara parsial maupun simultan kreatifitas dan penggunaan media sosial memiliki imbas dalam menumbuhkembangkan minat wirausaha generasi muda di Sukabumi Kota.
References
Eka Ananta, R., Djalali, A., & Farid, M. (2014). Minat Wirausaha, Konsep Diri Dan Kreativitas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 48–57.
Fajar, A., Syam, A., RAHMATULLAH, R., Rakib, M., & Tahir, T. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Kreativitas Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirusaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makssar. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(2), 34–43.
Haq, A. F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kreativitas Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan P.IPS Angkatan 2015/2016 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kumara, B. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Dengan Menggunakan Media Sosial. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 52–56.
Mulyandi, M. R., & Puspitasari, V. A. (2018). Industri Kreatif, Media Sosial, Dan Minat Berwirausaha: Sinergi Menuju Pembangunan Berkelanjutan. National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1192
Ovie / Novianti, D. (2021). Wali Kota Sukabumi Presentasikan Potensi Ekraf ke Menparekraf Sandiaga Uno. Https://Kdp.Sukabumikota.Go.Id/2021/11/Wali-Kota-Sukabumi-Presentasikan.Html.
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246
Setyaji, B. (2020). Peran Kepribadian, Kecerdasan Adversitas Dan Kreativitas Dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Melalui Kelibatan Mahasiswa …. Universitas Negeri Semarang, Tesis. https://lib.unnes.ac.id/35093/
Sirait, I. dan L. N. S. (2021). PENGARUH JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA. 10(3), 254–259.
Sumerta, I. K., Redianingsih, N. K., Pranawa, I. M. B., & Indahyani, D. N. T. (2020). Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajeman Perguruan Tinggi Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 627. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i07.p03
Wardani, N. T., & Dewi, R. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 93. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i1.5806
Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & Warmana, G. O. (2019). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pelatihan Wirausaha Terhadap Minat Wirausaha Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Unmas Denpasar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 171–177. https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/1895
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.