ANALISIS PREFERENSI PEMILIHAN HOTEL DI BANDUNG PADA KONSUMEN USIA PRODUKTIF
Abstract
Bandung merupakan salah satu kota favorit dan terkenal sebagai destinasi wisata dan staycation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi preferensi pada konsumen usia produktif dalam memilih hotel di Bandung. Penelitian ini menggunakan kuesioner terhadap 400 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin diolah menggunakan teknik analisis konjoin menggunakan software SPSS 25 dan akan dianalisis secara deskriptif dan konjoin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa atribut hotel yang memiliki nilai kepentingan paling tinggi adalah atribut lokasi hotel dengan nilai important values sebesar 22,326, level pusat kota yang dalam penelitian ini dianggap sebagai level paling bermanfaat bagi konsumen dengan nilai kegunaan positif terbesar yaitu 0.117 dan stimuli tertinggi pertama dihasilkan oleh kartu ke 1 dengan nilai kegunaan sebesar 0,224. Disimpulkan bahwa stimuli kartu 1 menjadi stimuli yang paling disukai konsumen dalam pemilihan hotel di Bandung. Kombinasi atribut dan level yang terdapat pada kartu ke 1 tersebut terdiri dari lokasi hotel pusat kota, fasilitas hotel gym, staf hotel berpengalaman, ruangan hotel luas dan makanan hotel dapat disesuaikan. Sehingga disarankan pelaku bisnis hotel Kota Bandung akan mempertimbangkan kombinasi atribut yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen usia produktif di Indonesia.
References
Jakarta: Mitra Wacana Media.
Baber, R., Kaurav, R. P. S., Robert, L. & Williams, Jr. (2016). How travelers differ in their preferences regarding hotel selection: Empirical evidence from travelers in India. Asian Journal of Tourism and Hospitality Research, 8, 15-26.
BPS. (2021). Ekonomi Indonesia 2020 Turun sebesar 2,07 Persen (c-to-c). [online]. Tersedia: https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ekonomi-indonesia- 2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html
Herjanto, H., Chilicki, A,. Anantamongkolkul, C, & McGuinness, E. (2020). Hotel Selection Criteria of Solo Traveling Females. ASEAN Journal on Hospitality and Tourism, 18, 58-73
Humas Bandung. (2021). Jumlah Wisatawan Kota Bandung Turun. [online].
Tersedia: https://humas.bandung.go.id/layanan/jumlah-wisatawan-ke-kota- bandung-turun-50-persen [5 Desember 2021]
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. USA: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). A Framework for Marketing Management.
USA: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks. Muhammad & Sungplee. (2018). Factors of Customer’s Preference of Visiting
Coffee Shop in South Korea
Setyanto, L. E., Arifin, Z., & Sunanti. (2017). Pengaruh Atribut Produk
Solopos. (2020). 5 Destinasi Staycation Terbaik di Indonesia!. [online]. Tersedia: https://www.solopos.com/5-destinasi-staycation-terbaik-di-indonesia-1061331 [5 Desember 2021]
Sudaryono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (Edisi 2). Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2019). Metodelogi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.