PERANCANGAN BISNIS DAN KELAYAKAN PEMBUKAAN CABANG USAHA IPAP.STORE DI KOTA DEPOK

  • Dara Cahaya Nabila Universitas Telkom, Bandung
  • Sinta Aryani Universitas Telkom, Bandung
  • Maria Della Rosawati Idawicaksakti Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Smartphone merupakan telepon dengan adanya bantuan internet yang menyajikan fungsi Personal Digital Assistant seperti fungsi aplikasi pesan, kalender, peramalan cuaca dan catatan. iPap.Store merupakan salah satu UMKM yang menjual beberapa produk Apple. iPap.Store telah berdiri dari tahun 2019 dan menjual produknya melalui toko online di Instagram dan toko offline yang berlokasi di Kota Bogor. iPap.Store memiliki tren pendapatan yang meningkat tiap tahunnya. Namun, target penjualan iPap.Store tidak mencapai target setiap bulannya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mencari solusi
agar target penjualan iPap.Store memenuhi target. Solusi yang didapatkan yaitu membuka cabang toko iPap.Store di Kota Depok. Perancangan yang akan dilakukan yaitu perancangan kelayakan penambahan cabang baru iPap.Store. Langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan perancangan ini yaitu dilihat dari perencanaan pasar, perencanaan teknis dan perencanaan finansial. Berdasarkan hasil yang didapatkan, didapatkan nilai NPV yaitu Rp316,706,716, nilai PP yaitu 3.73 tahun, nilai IRR yaitu 21,06% dan nilai PI yaitu 1,15. Berdasarkan empat indicator kelayakan, dapat dikatakan pembukaan cabang iPap.Store di Kota Depok layak untuk dijalankan.

References

[BPS] Badan Pusat Statistik Kota Bogor. 2021. Produk Domestik Regional Bruto Kota Bogor Menurut Pengeluaran 2017-2021
[BPS] Badan Pusat Statistik Kota Depok 2021. Produk Domestik Regional Bruto Kota Depok Menurut Pengeluaran 2017-2021
Baroto, T. 2002. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta: Penerbit Chalia Indonesia.
Gaspersz. 2009. Production Planning and Inventory Control. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Indiyanto, R. 2008. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Klaten: Penerbit Yayasan Humaniora.
Kasmir, & Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Depok: Kencana.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management Global Edition. Harlow: Pearson Education Limited 2016.
Layakana, M., & Iskandar, S. 2020. PENERAPAN METODE DOUBLE MOVING AVERAGE DAN DOUBLE EKSPONENTIAL SMOOTHING DALAM MERAMALKAN JUMLAH PRODUKSI CRUDE PALM OIL (CPO) PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV UNIT DOLOK SINUMBAH. KARISMATIKA, Vol. 6 No. 1.
Mokalu, J., Mewengkang, N., & Tangkudung, J. 2016. DAMPAK TEKNOLOGI SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU ORANG TUA. Acta Diurna, Volume V, No. 1.
Purnomo, R. A., Riawan, & Ode, L. S. 2017. Studi Kelayakan Bisnis. Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press.
Saebani, B. A. 2018. Studi Kelayakan Bisnis. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Sugiyanto, Rahman, A., & Wenten, I. K. 2020. Studi Kelayakan Bisnis. Serang: Yayasan Pendidikan dan Sosial.
Yudaruddin, R. 2019. Forecasting: untuk Kegiatan Ekonomi dan Bisnis. Samarinda: RV Pustaka Horizon.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2022-10-03
How to Cite
Nabila, D., Aryani, S., & Idawicaksakti, M. D. R. (2022). PERANCANGAN BISNIS DAN KELAYAKAN PEMBUKAAN CABANG USAHA IPAP.STORE DI KOTA DEPOK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 635-651. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2408