PERANCANGAN BISNIS DAN KELAYAKAN PEMBUKAAN TOKO DISPLAY PADA WORKSHOP ARTI FURNITURE

  • Kinanthi Parasdya Sista Universitas Telkom, Bandung
  • Sinta Aryani Universitas Telkom, Bandung
  • Rio Aurachman Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Furnitur merupakan perlengkapan rumah seperti kursi, meja, dan lemari. ARTI FURNITURE berlokasi di Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan furnitur. ARTI FURNITURE memiliki masalah yang terjadi berupa minimnya penjualan produk sehingga tidak tercapainya target penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dengan melakukan perancangan kelayakan bisnis terhadap pembukaan toko display produk sehingga penjualan produk memenuhi target. Langkah yang dilakukan pada penelitian ini berupa perencanaan pada aspek pasar, aspek teknis, dan aspek finansial. Berdasarkan hasil perhitungan perancangan kelayakan, didapatkan nilai NPV>0 yaitu sebesar Rp8.730.552, nilai IRR>MARR yaitu nilai IRR sebesar 15.48% lebih besar dari nilai MARR sebesar 13.90%, dan nilai PBP selama 4,68 tahun dibawah umur investasi yaitu 5 tahun. Berdasarkan ketiga indikator kelayakan, dapat disimpulkan bahwa usulan pembukaan toko display ARTI FURNITURE layak untuk dijalankan.

References

Aditama, R. A. & Rofiudin, M., 2020. Pengantar Bisnis. Kepanjen: AE Publishing.
Alfaruq, A. N., 2021. Pengaruh Instagram Ads (Advertising) dalam Membangun Brand Awareness Clothing Line HEBE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Vol 9, No. 2.
Alfian, A., Hardini, S. & Kusmindari, C. D., 2019. Production Planning and Inventory Control. Sleman: Dee Publish.
Asman, N., 2020. Studi Kelayakan Bisnis. Indramayu: Penerbit Adab.
Christine & Budiawan, W., 2017. Analisis Pengaruh Marketing Mix (7P) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada House of Moo, Semarang). Industrial Engineering Online Journal, Vol. 6(no. 1).
Fauzi, P. M., Chumaidiyah, E. & Suryana, N., 2019. Analisis Kelayakan Serta Perancangan Aplikasi Website pada Startup Digital Creative Fotografi Berdasarkan Aspek Pasar, Aspek Teknis dan Aspek Finansial. Jurnal INTECH Teknik Industri Serang RayaVol 5 No 2, pp. 60-66.
Hidayat, A., 2021. Studi Kelayakan Bisnis. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Kasmir & Jakfar, 2012. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Depok: Kencana.
Lusiana, A. & Yuliarty, P., 2020. Penerapan Metode Peramalan (Forecasting) pada Permintaan Atap di PT X. Industri Inovatif - Jurnal Teknik Industri ITN Malang, pp. 11-20.
Maulana, H. & Soepatini, 2021. Segemting Targeting Positioning: Mengapa, apa, dan Bagaimana. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Noor, Z. Z., 2021. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Nurmalina, R., Sarianti, T. & Karyadi, A., 2018. Studi Kelayakan Bisnis. Bogor: IPB Press.
Pamungkas, D., 2018. Pengaruh Iklan "Google Adwords" terhadap Perilaku Share Konsumen, Malang: Universitas Brawijaya.
Sarumaha, D., 2021. Penerapan Metode Double Moving Average Untuk Memprediksi Penjualan Tiket Kereta Api. Journal of Computer Science and Information Technology, Januari.pp. 10-13.
Sugiarta & Mulyana, M., 2018. Pengaruh Personal Selling dan Pameran terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada PT. Cahaya Sakti Multi Intraco (CASMI). Researchgate.
Widyarosadi, A., 2020. Pemanfaatan Furnitur Minimalis sebagai Solusi Keterbatasan Ruang. Jurnal Studi Desain, Vol. 3(No. 1), pp. 1-5.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-10-29
How to Cite
Sista, K., Aryani, S., & Aurachman, R. (2022). PERANCANGAN BISNIS DAN KELAYAKAN PEMBUKAAN TOKO DISPLAY PADA WORKSHOP ARTI FURNITURE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1021-1037. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2458