PENGARUH E-COMMERCE DAN MATA KULIAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh e-commerce dan mata kuliah sistem informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan berwirausaha masa pandemi Covid-19. Sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa program studi akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur angkatan 2018 sebanyak 224 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin didapatkan jumlah sampel sebanyak 70 mahasiswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri atas beberapa pertanyaan secara tertulis yang diajukan kepada responden dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS). Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan e-commerce dan mata kuliah sistem informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan berwirausaha masa pandemi Covid-19. Hasil ini membuktikan bahwa dengan kehadiran e-commerce dan mata kuliah sistem informasi akuntansi dapat menumbuhkan minat mahasiswa untuk berwirausaha di masa pandemi Covid-19 sebagai alternatif untuk bisa survive di masa pandemi.
References
Cahyati, W., & Sari, Y. P. (2021). Peran sistem infrormasi akuntansi dalam meningkatkan bisnis umkm. Jurnal Pusdansi, 1(3), 1–10.
Dayanti, H. (2015). Pengaruh Nilai Mata kuliah Perpajakan Terhadap Kemampuan Mahasiswa Dalam Pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan PPH Badan (1771) [Universitas Muhammadiyah Palembang]. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civilwars_12December2010.pdf%0Ahttps://think- asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hakim, F. N., Yulianartati, & Z, S. A. (2020). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi, 11(1), 261–289.
Kasmi, & Candra, A. N. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal AKTUAL, 15(2), 109–116. https://doi.org/10.47232/aktual.v15i2.27.
Linawati, & Widiawati, H. S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran SAVI terhadap Motivasi, Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa di Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. BRILIANT- JURNAL RISET DAN KONSEPTUAL, 5(2),232–240.
Megawati, & Farida, L. E. (2018). Strategi Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Yang Kreatif Dan Inovatif. Prosiding Seminar Nasional ASBIS, 3, 297–302. http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis/article/view/316.
Munir, M. (2019). Analisis Pengaruh CAR, NPF, FDR dan Inflasi terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah di Indonesia. Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 1(2), 89–98. http://journal2.uad.ac.id/index.php/ijiefb/article/view/285/266.
Novitasari, D., Sari, D., Wijanarko, H., Ruhiyat, I., & Lestari, L. M. J. (2021). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Alat Untuk Mengembangkan Minat Berwirausaha Pada Siswa Smk Dimasa Pandemi Covid 19. Prosiding Dedikasi, 15–21. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/PD/article/view/10941.
Nurabiah, Herlina Pusparini, & Yusli Mariadi. (2021). E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Faktor Pendorong Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 5(2), 238– 253. https://doi.org/10.29303/jaa.v5i2.97.
Paranoan, N., Tandirerung, C. J., & Paranoan, A. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntansi, Akuntansi, Objektif, 2(1), 181–196.
Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017). Pengaruh E-commerce dan Sistem Informasi Akuntansi dalam Pengambilan Keputusan untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi, 20, 261–289.
Rakanita, Am. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. J u r n a l E K B I S, 20(2),1280–1289.
Ramadhini, D., Hasibuan, A. S., Lubis, A. A., Sari, K. M., & Nasution, E. S. (2021). Penyuluhan Kesehatan Tentang Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 ) kepada Masyarakat di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan Tahun 2021 Dosen Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Universitas Aufa Royh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 3(1), 150–154.
Romindo, Muttaqin, Saputra, D. H., Purba, D. W., Iswahyudi, M., Banjarnahor, A. R.,Kusuma, A. H. P., Effendy, F., Sulaiman, O. K., & Simarmata, J. (2019). E- Commerce Implementasi, Strategi & Inovasinya. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.
Saragih, M., Simanjuntak, J. M., & Amila. (2021). Sosialisasi Pencegahan Covid-19 pada Tokoh Masyarakat Wilayah Kerja Deli Serdang. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4, 409–416.
Sari, D. C. K., & Wibawa, S. C. (2017). Pengaruh Penggunaan E-commerce dalam Proses Penjualan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri Ngraho. It- Edu, 2,16–23.
Setyoparwati, I. C. (2019). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Konsumen Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce di Indonesia. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 111–119. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp111-119
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid 19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Al-Intaj Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6, 46–58.
Sundari, C. (2019). Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. Prosiding SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS, 555–563.
Suprantiningrum, & Lukas, A. D. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Manajemen, Pengendalian Manajemen terhadap Kinerja Manajerial dengan Variabel Moderating Teknologi Informasi. Owner, 5(1), 174–185. https://doi.org/10.33395/owner.v5i1.368
Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 93–103. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.678
Umar, A. S., Putra, D. A., & Jariyah, I. (2021). (Program Vaksinasi Guna Meningkatkan Imun Tubuh). PROSIDNG SEMNASKAT, 1–4.
Wulandari, Maslichah, & Sudaryanti, D. (2020). Pengaruh E-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan dalam Berwirausaha di Sanggam Mart Kabupaten Balangan. E-Jra, 09(02), 47–57.
Zendrato, W. (2020). Gerakan Mencegah Daripada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19. Jurnal Education and development, 8(2), 242–248.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.