PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

  • Vivi Dhana Try Putri Silalahi Universitas Telkom, Bandung
  • Ardan Gani Asalam Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Penelitian ini mencoba memastikan dampak dari kualitas.pelayanan.pajak, pemahaman.peraturan.perpajakan, dan sanksi perpajakan terhadap Kepatuhan WPOP Non Karyawan di KPP Pratama Kebon Jeruk Satu periode tahun 2021.  Riset ini menggunakan non- probability sampling untuk pengumpulan sampel dan menghasilkan 100 sampel WPOP Non Karyawan. Analisis regresi linier berganda digunakan sebagai teknik pengumpulan data pada riset ini, dengan bantuan aplikasi IBM Statistic SPSS 25. Berdasarkan temuan penelitian, seluruh variabel bebas penelitian ini secara simultan berdampak terhadap kepatuhan WPOP Non Karyawan. Hanya pemahaman peraturan perpajakan yang berdampak terhadap kepatuhan WPOP Non Karyawan yang terdaftar sebagai SPT wajib di KPP Pratama Kebon Jeruk Satu Tahun 2021.

References

APBN. (2020). APBN KITA : Kinerja dan Fakta 2020. APBN Kita, 1–108. https://www.kemenkeu.go.id/apbnkita
Arisandy, N. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 62–71.
As’ari, & Teguh. (2018). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi Kecamatan Rongkop). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(6), 64–76. https://doi.org/10.29230/ad.v2i1.2221
Bahri, S., Diantimala, Y., & Majid, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Pada Kantor Pajak KPP Pratama Kota Banda Aceh). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(2), 318–334. https://doi.org/10.24815/jped.v4i2.13044
Ermawati, N., & Afifi, Z. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Sanksi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Religiusitas sebagai Variabel Pemoderasi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 3080. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.1430
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Khodijah, S., Barli, H., & Irawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Layanan Fiskus, Tarif Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia), 4(2), 183. https://doi.org/10.32493/jabi.v4i2.y2021.p183-195
KPP Pratama Kebon Jeruk Satu. (2021). KPP Pratama Kebon Jeruk Satu.
Lubis, R. H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Medan Belawan. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 31–41.
Mardiasmo. (2019). Perpajakan (Dian Arum (ed.); 2019th ed.). Penerbit Andi Yogyakarta.
Pebrina, R., & Hidayatulloh, A. (2020). Pengaruh Penerapan e-SPT, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 1–8.
Puspanita, I., Machfuzhoh, A., & Pratiwi, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin, 2, 71–78.
Putri, K., & Setiawan, P. (2017). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. 6(3), 136–148.
Ramadhani, A. A., & Asalam, A. G. (2020). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sanksi Pajak, dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan di KPP Pratama Cibinong Periode 2020). 2019(5), 5256–5262.
Safitri, D., & Silalahi, S. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2), 145–153. https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.688
Siahaan, S., & Halimatusyadiah, H. (2019). Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.8.1.1-14
Sugiyono, P. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 3rd ed.). Alfabeta, CV.
Wibowo, D. A. E., & Wulandari, Y. (2020). SPSS Dalam Riset Layanan Jasa dan Kesehatan (Turi (ed.); Cetakan I). Penerbit Gava Media.
Widian, I. M. Y., & Jati, I. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemahaman Peraturan dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 29(2), 503. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i02.p02.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2022-09-30
How to Cite
Silalahi, V. D., & Asalam, A. G. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 273-282. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2353