STUDI LITERATUR : URGENSI PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM PERUSAHAAN
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk implementasi etika profesionalisme kepada pihak internal dan eksternal atas dampak yang ditimbulkan dari kegiatan produksi perusahaan. Namun, praktik di lapangan menunjukkan bahwa penerapan CSR terkadang dinilai hanya memberikan perhatian pada pihak eksternal dan mengabaikan pihak internal. Penulisan artikel ini bertujuan untuk melakukan kajian lebih dalam terkait urgensi penerapan corporate social responsibility (CSR) dalam perusahaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan literature review. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil kajian terhadap 20 artikel yang diperoleh dari data sekunder berupa database Google Scholar dan diseleksi menggunakan tiga kriteria. Berkaitan dengan hasil kajian artikel, peneliti menemukan hasil bahwa perusahaan diharuskan untuk meningkatkan strateginya agar memenangkan pasar dalam kondisi persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Adapun urgensi penerapan CSR dalam perusahaan, yaitu dapat meningkatkan komitmen organisasi, citra perusahaan, dan kinerja perusahaan. Penerapan CSR dinilai sebagai bentuk akuntansi sosial yang penting untuk diimplementasikan dalam perusahaan, karena CSR dapat meningkatkan keseimbangan dan kesejahteraan sosial di masyarakat.
References
Adriansyah, A., & Abdullah, A. (2017). Pengaruh Internal Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Kepemimpinan Terhadap Komitmen Karyawan Bank Syariah Jabodetabek. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 3(2), 47–55. http://journal.ibs.ac.id/index.php/JEMP/article/view/201
Allan, F., Sondakh, J. J., & Gamaliel, H. (2020). Pengaruh Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing, 11(1), 44–58. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/goodwill/article/view/29034
Andiola, L. M., Bedard, J. C., & Hux, C. T. (2017). Writing a Literature Review In Behavioural Accounting Research. The Routledge Companion to Behavioural Accounting Research, 473–485. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315710129-30
Aryawan, M., Rahyuda, I., & Ekawati, N. (2017). Pengaruh Faktor Corporate Social Responsibility (Aspek Sosial, Ekonomi, Dan Lingkungan) Terhadap Citra Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(2), 604–633.
Barakat, S. R., Giuliana, I., Boaventura, J. M. G., & Mazzon, J. A. (2016). The Influence of Corporate Social Responsibility on Employee Satisfaction. Management Decision, 54(9), 2325–2339.
Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values and Organizational Behavior. Pacijic Sociological Review, 18(1), 122–136.
Fauzi, A. N. C., & Wahidahwati. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Employee Satisfaction Yang Dimediasi Oleh Citra Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 28(4), 36–48. https://doi.org/10.52062/jurnal_aaa.v2i1.25
Freeman, R. E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Pitmasn.
Griselda, I. A., Murhadi, W. R., & Utami, M. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan Sektor Pertambangan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia&Malaysia 2014-2018. Journal of Entrepreneurship & Business, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.24123/jerb.v1i1.2821
Hariyanto, L. I., & Gunawan, M. L. (2018). Penerapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Dampaknya terhadap Komitmen Afektif Karyawan Hotel di Bali. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(2), 27–37. http://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/ib.2014.63013
Lindawati, A. S. L., & Puspita, M. E. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy GAP Dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 157–174.
Maulidiana, L. (2018). Pengaturan CSR Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Aura Publishing.
Meliawati, T., Fadillah, A., & Gerald, S. C. (2021). Pengaruh Kegiatan Corporate Social Responsibility Local Farmer Empowerment Terhadap Citra Pizza Hut. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1702–1711.
Minarsih, S., Sudiyanto, T., & Putra, P. S. (2020). Implementasi Akuntansi Sosial Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) di PT. Tunas Baru Lampung, Tbk. Banyuasin. Jurnal Media Akuntansi (Mediasi), 3(1), 99–110. https://doi.org/10.31851/jmediasi.v3i1.5226
Mubarak, A. Z., Hamed, A. B., & Mubarak, M. A. (2018). Impact Of Corporate Social Responsibility On Bank’s Corporate Image. Social Responsibility Journal, 16(3), 395–408.
Nayenggita, G. B., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Praktik Corporate Social Responsibility (Csr) Di Indonesia. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 61–66. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23119
Nurjanah, R., & Mulazid, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 40–53. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v9i1.40-53
Oktina, D. A., Sari, E. S., Intan Angelina Sunardi, I. A., Hanifah, L. N., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi CSR (Corporate Social Responsibility) Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada PT. Pertamina (Persero) Tahun 2018. Competence : Journal of Management Studies, 14(1), 184–202. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v14i1.7170
Purnama, H. K., & Trisnaningsih, S. (2022). The Effect of Good Corporate Governance on Profitability with Corporate Csr Disclosure as Intervening Variables. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, 7(1), 27–39.
Rahmawardani, D. D., & Muslichah, M. (2020). Corporate Social Responsibility Terhadap Manajemen Laba Dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 12(2), 52–59. https://doi.org/10.23969/jrak.v12i2.2251
Santis, S., Grossi, G., & Bisogno, M. (2018). Public Sector Consolidated Financial Statements: A Structured Literature Review. Journal of Public Budgeting, Accounting & Financial Management, 30(2), 230–251. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JPBAFM-02-2018-0017
Setyoastuti, P., & Saragih, E. H. (2021). Pengaruh Persepsi Karyawan atas Praktik Corporate Social Responsibility Perusahaan terhadap Komitmen Organisasional Karyawan. Journal of Management and Business Review, 18(2), 365–378. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.297
Simaremare, H. R., & Lumban Gaol, R. (2019). Pengaruh Corporate Sosial Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 4(2), 157–174. https://doi.org/10.54367/jrak.v4i2.457
Suharyanti. (2018). Urgensi Penerapan Corporate Social Responsibility dalam Meningkatkan Komitmen Organisasi (Studi Kasus pada Sektor Industri Perbankan di Indonesia). Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspektives in Communication, 7(2), 106–130.
Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keperilakuan. UGM Press.
Trisnaningsih, S. (2011). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Akuntansi. Jurnal Akuntansi & Auditing, 8(1), 83–94.
Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). PT Gramedia.
Yogatama, F. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan Pada PT. PLN (Persero) Area Baubau. JIEM: Journal of International Entrepreneurship and Management, 1(1), 55–68.
Yuhertiana, I. (2015). Behavioural public sector accounting research in Indonesia: a literature review. Malaysian Accounting Review, 14(1), 50–64.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.