MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID 19 DALAM PROSES BELAJAR DARI RUMAH
Abstract
Penelitian ini mengkaji motivasi belajar siswa selama pandemi dalam proses belajar dari rumah. Dalam proses belajar, motivasi sangat dibutuhkan. Motivasi dapat timbul dari intrinsik (dalam diri individu) maupun ekstrinsik (luar individu). Kedua faktor ini sangat penting dan berkesinambungan dalam meningkatkan motivasi siswa. Selama pandemi COVID-19, proses pembelajaran dilakukan dari rumah, sehingga motivasi belajar dapat berpengaruh dari beberapa faktor. Dari hasil penelitian yang didapat, banyak faktor-faktor yang tidak mendukung proses belajar siswa selama pandemi. Faktor-faktor tersebut, diantaranya; kemampuan teknologi, koneksi akses jaringan internet, media pembelajaran yang digunakan, kapasitas siswa untuk pembelajaran online, dan lain-lain, sehingga motivasi belajar siswa berubah menjadi menurun. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa selama pandemi dalam proses belajar dari rumah mengalami penurunan.
References
Artino, A. &. (2009). Motivasi akademik dan pengaturan diri: Analisis komparatif tentang mahasiswa sarjana dan pascasarjana belajar online. Internet dan Pendidikan Tinggi, 12, 146–151.
Cahyani, Adhetya. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 138.
Campbell, J. (n.d.). Agenda teori dan penelitian. In Pelatihan dan pengembangan dalam organisasi (Di IL Goldstein ed., pp. 469–486). San Francisco: Jossey-Bass.
Colquitt, J. &. (1998). Conscientiousness, goal orientasi, dan motivasi belajar selama proses pembelajaran: Sebuah studi longitudinal. Jurnal Psikologi Terapan, 83, 654–665.
Colquitt, J. L. (2000). Menuju inteteori gratif motivasi pelatihan: Sebuah analisis jalur meta-analitik dari 20 tahun penelitian. Jurnal Psikologi Terapan, 85, 678–707.
Daher, W. &. (2020). Identitas siswa menengah di kelas virtual.
Emda, Amna. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.
Hamdu, Ghullam & Agustina, Lisa. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan,12 (1)
https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikandalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Mathieu, J. &. (1997). Individu dan situasi pengaruh nasional dalam motivasi pelatihan. In Meningkatkan efektivitas pelatihan dalam organisasi kerja (pp. 193–222).
Motivasi. 2020. Pada KBBI Daring. Diambil 24 November 2020, dari https://kbbi.web.id/motivasi
Niemi, H. M. (2020). A case study of students’ and teachers’ perceptions in a Finnish high school during the COVID pandemic. International Journal of Technology in Education and Science (IJTES), 4(4).
Noe, R. &. (n.d.). Pengaruh sikap peserta pelatihan tentang efektivitas pelatihan: Uji model. . Psikologi Personalia.
Noe, R. (1986). Atribut dan sikap peserta pelatihan: Diabaikan pengaruh pada efektivitas pelatihan.
Pane, Aprida & Dasopang, Muhammad Darwis. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2)
Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ―Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19),‖ 24 Maret 2020.
Sari, Dewi Permata & Rusmin, A. R. (2018) .Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sman 3 Tanjung Raja. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1): 80–88.
Saykılı, A. (2018). Distance education: Definitions, generations, key concepts and future directions. International Journal of Contemporary Educational Research, 5(1), 2-17.
Simons, J. L. (2019). Keberhasilan lulusan pembelajaran jarak jauh dan peran intrinsik motivasi. Buka Belajar: Itu Jurnal dari Buka, Jarak dan e-Learning.
Wolters, C. (2003). Peraturan motivasi: Mengevaluasi aspek belajar mandiri yang kurang ditekankan. Psikolog Pendidikan, 38, 189–205.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.