PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
SURVEY PELANGGAN PRODUK SPREI RISE
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui (1) dampak harga pada keputusan suatu pembelian (2) dampak kualitas produk pada keputusan pembelian (3) dampak harga serta kualitas sebuah produk pada suatu keputusan pembelian. Untuk mencari korelasi antara harga dan kualitas produk maka peneliti menggunakan metode penelitian asosiatif dengan objek pengujian ialah pembeli sprei RISE. Peneliti menggunakan purposive sampling untuk teknik samplingnya, yakni pelanggan sprei RISE yang telah membeli secara online sebanyak 50 responden. Hipotesis diuji dengan analisis data berupa analisis regresi linear berganda. Selanjutnya, peneliti mencari coefficient of determination guna mengetahui besaran variabel bebas mempengaruhi variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat yang sama dua faktor bebas yang dipertimbangkan, yakni harga serta kualitas suatu produk mempengaruhi keputusan dari suatu pembelian dengan koefisien determinasi yakni 46,1%, sedangkan 53,9% lainnya disebabkan oleh beberapa faktor lain yang tidak dianalisa.
References
AMILIA, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96–107.
Ardista, R., & Wulandari, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Volume, 15, 1–13.
Arif Rahman. (2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business (1st ed.). Penerbit Agromedia Pustaka.
Asrizal, & Muhammad. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1.
Desy, & Rahmat. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Hasan. (2016). DETERMINAN CITRA HARGA DAN DAMPAKNYA TERHADAP NIAT PEMBELIAN. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 12.
Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. JIMEA Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 4(3), 112–122.
Jaya Permana, & Widwi Handri. (2021). PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHDAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KHANZA BAROKAH MINIMARKET. Jurnal Ilmiah Mea, 2.
Linda, & Andreyan. (2019). PENINGKATAN KEPUTUSAN MEMBELI KARTU PRABAYAR INDOSAT DI KECAMATAN MOJOGEDANG MELALUI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6.
Manoppo, H., & Arie, F. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 485–497. https://doi.org/10.35794/emba.v4i2.13082
Meidiansyah, M. Y., Rachma, N., & Rahman, F. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK METRO MEDIA LOMBOK (Studi Kasus Pada Pelanggan Metro Media Lombok di Lombok). E-Junal Riset Manajemen PRODU MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 09, 1–15.
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528
Philip Kotler, G. A. (2008). Prinsi-prinsip Pemasaran (12th ed.; B. Sabaran, ed.). Jakarta: erlangga.
Philip Kotler, & Kevin Lane Keller. (1997). Manajemen Pemasaran (13, ed.). Erlangga.
Sudrartono, T., & Saepudin, D. (2020). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Perkembangan Ukm Di Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2.
Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. https://doi.org/10.31227/osf.io/npjqh
Wicaksono, M., & Seminari, N. (2016). Pengaruh Iklan Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. None, 5(8), 250770.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.