PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KHANZA BAROKAH MINIMARKET

  • Jaya Permana Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Widwi Handari Adji Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian di Minimarket Khanza Barokah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan verifikatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yaitu informasi hasil dari observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka.

 Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu sampel dari populasi konsumen yang berkunjung ke Khanza Barokah Minimarket sebanyak 84 responden. Lokasi tidak berpengaruh secara parsial sebesar 0,164 > 0,05 di Khanza Barokah Minimarket. Harga berpengaruh secara parsial sebesar 0,000 < 0,05 di Khanza Barokah Minimarket. Lokasi dan harga berpengaruh secara simultan dengan diperoleh nilai f-tabel sebesar 3,95 dan f hitungnya sebesar 24,392, diartikan secara simultan lokasi dan harga berpengaruh sebesar 24,392 > 3,95 terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi terdapat (R Square) sebesar 0,376, artinya keputusan pembelian dipengaruhi lokasi dan harga sebesar 0,376 dan dikategorikan berpengaruh lemah.

Saran dari hasil penelitian ini yaitu sebaiknya Khanza Barokah Minimarket memberikan layanan pengantaran barang untuk pembelian dalam jumlah tertentu, agar konsumen terbantu untuk tetap belanja walaupun jaraknya jauh. Sebaiknya harga produk di Khanza Barokah Minimarket lebih murah dibandingkan toko lain. Sebaiknya Khanza Barokah Minimarket menyediakan berbagai alternatif pembayaran baik tunai, debet atau kredit.

References

Hardiansyah, Faisal, Mahmud Nuhung, and Ismail Rasulong. 2019. “LOKASI.” 3(1): 90–107.
Herrmann, Helmut, and Herbert Bucksch. 2013. “Variabel.” Wörterbuch GeoTechnik/Dictionary Geotechnical Engineering: 1201–1201.
Jurnal, Jimea, Ilmiah Mea, and Pengaruh Struktur Aktiva. 2021. “LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , Dan Akuntansi ).” 5(2): 15–32.
Merta, Gede. 2017. “PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015).” Journal of Chemical Information and Modeling 4(2): 67–90. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933.
Shodiq, Mohamad. 2019. “PENGARUH KOMPETENSI GURU, DISIPLIN BELAJAR, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 KEBOMAS (TAHUN AJARAN 2017/2018). Diss. Universitas Muhammadiyah Gresik.” (October 2013): 1–224. http://eprints.umg.ac.id/3010/4/14. skripsi bab 3.pdf.
Sugiyono. 2018. “Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Hal.130. 36.” : 36–42.
Wijaya, Yoga Pramana. 2018. “Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Minimarket Indomaret Di Jabodetabek.” : 1–111.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2021-08-10
How to Cite
Permana, J., & Adji, W. H. (2021). PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KHANZA BAROKAH MINIMARKET. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 1692-1701. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1387