PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK BJB KCP KIARACONDONG BANDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank BJB KCP Kiaracondong Bandung. Jumlah populasi diambil dari jumlah nasabah yang berkunjung periode 2020, dengan jumlah populasi 870 orang, lalu penulis menggunakan rumus Slovin untuk mengambil sampel menjadi 89,69 yang dibulatkan menjadi 90 orang untuk menjawab kuesioner. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kualitas pelayanan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penlitian adalah uji validitas, uji koefisien korelasi, dan uji hipotesis yang diolah menggunakan SPSS V.21. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dalam penelitian ini maka didapat thitung 7,083 > ttabel 2,07 hal ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil Rsquare dengan pengolahan SPSS mendapatkan hasil sebesar 62,2% sedangkan sisanya sebesar 37,8% adalah variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Hadisurya, J. (2008). Pengaruh Citra, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 1(2), 78. https://doi.org/10.25105/jmpj.v1i2.1211
Hutagalung, M. A. K. (2014). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Minat Masyarakat Pada Bank Syariah. Jurnal Al-Qasd, 1(66), 407–418.
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. PT. Rajagrafindo Persada.
Marlina, A., & Bimo, W. A. (2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Inovator, 7(1), 14. https://doi.org/10.32832/inovator.v7i1.1458
Safitri, W. R. (2016). Analisis korelasi pearson dalam menentukan hubungan antara kejadian demam berdarah dengue dengan kepadatan penduduk di kota surabaya pada tahun 2012 - 2014. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, 9. http://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jikep/article/view/23
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabet.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabet.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabet.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabet.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.