PENGEMBANGAN KURIKULUM MELALUI KETERLIBATAN GURU DAN IMPLIKAISNYA DALAM MENINGKATKAN KUALIAS PENDIDIKAN

  • Daman Rasman Syarif Hidayat Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

Kata "kurikulum" digunakan dalam banyak hal dan aspek. Kurikulum, misalnya, didefinisikan sebagai program studi. Kurikulum adalah kompetisi dengan serangkaian petunjuk yang harus dilalui, dan fondasi pendidikan kita saat ini sangat penting untuk posisi itu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan untuk wawancara dan studi pustaka, observasi lapangan dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pengumpulan data di lapangan bertepatan dengan analisis. Peneliti mereduksi data yang dikumpulkan melalui analisis data, pemilahan data, dan penarikan kesimpulan melalui triangulasi metode (sumber dan metode/teknik). Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dipantau dengan observasi dan member check. Penelitian telah menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum harus dilihat sebagai proses yang memenuhi kebutuhan siswa dan mengarah pada peningkatan pembelajaran bagi siswa. Apalagi seharusnya tidak mandek. Kurikulum harus menjadi dokumen hidup yang selalu berubah. Ia harus berada dalam posisi untuk beradaptasi dengan perubahan pendidikan dan masyarakat pada umumnya. Hanya dengan demikian ia dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam pendidikan.

References

Alsubaie, M. A. (2016). Curriculum development: Teacher involvement in curriculum development. Journal of Education and Practice, 7(9), 106-107.
Azis, R. (2018). Implementasi pengembangan kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44-50.
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34.
Dopson, L. R., & Tas, R. F. (2004). A practical approach to curriculum development: A case study. Journal of Hospitality & Tourism Education, 16(1), 39-46.
Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35-48.
Gleko, G., & Lamba, L. L. (2019). Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Viii Pada Smp Kimang Buleng Nita Kecamatan Nita Kabupaten Sikka. Jupekn, 4(1), 1-15.
Hasanudin, H. (2021). The Effect of Inflation, Exchange, SBI Interest Rate and Dow Jones Index on JCI on IDX 2013–2018. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2063-2072.
Hasanudin, H., & Awaloedin, D. T. (2020). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Net Profit Margin Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bei Periode 2012-2018. Jurnal Rekayasa Informasi, 9(1), 6-19.
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75.
Hussain, A., Dogar, A. H., Azeem, M., & Shakoor, A. (2011). Evaluation of curriculum development process. International Journal of Humanities and Social Science, 1(14), 263-271.
Irsad, M. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Studi Atas Pemikiran Muhaimin. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 230-245.
Juansyah, M. B. (2019). Strategi Pengembangan Madrasah Unggulan Di Madrasah Aliyah Unggulan Darul Ulum Jombang (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Kebudayaan, K. P. D. (2012). Pengembangan kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Maarif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). Pola pengembangan kurikulum pendidikan pesantren berkarakter: Studi pondok pesantren nurul ummah mojokerto. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1-16.
Muhtifah, L. (2016). Pola Pengembangan Kurikulum Pesantren Kasus Al-Mukhlishin Mempawah Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 27(2), 203-222.
Nasir, M. (2013). Pengembangan kurikulum muatan lokal dalam konteks pendidikan islam di madrasah. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 1-18.
Nurwulandari, A., & Adnyana, I. (2019). Did Inter-Regional Trade Agreements Bring Mutual Benefits? An Empirical Scheme of Indonesian Commodity Exports in Asean-China Free Trade Area. International Journal of Financial Research, 10(6), 241-249.
Nurwulandari, A., Hasanudin, H., & Melati, M. (2021). Market Reactions on Corporate Actions in Growing and Nongrowing Energy Consuming Companies. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(3), 290-295.
Oci, M. (2019). Implikasi Misiologi Dalam Pengembangan Kurikulum Agama Kristen Di Gereja Lokal. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2, 81-99.
Posner, G. J., & Rudnitsky, A. N. (1994). Course design: A guide to curriculum development for teachers. Longman, 10 Bank Street, White Plains, NY 10606-1951.
Rifai, N., Fauzan, F., & Bahrissalim, B. (2014). Integrasi keilmuan dalam pengembangan kurikulum di uin se-indonesia: Evaluasi penerapan integrasi keilmuan uin dalam kurikulum dan proses pembelajaran. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, 1(1), 13-34.
Riyana, C. (2007). Implementasi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tik) di sekolah. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 3(2).
Rulviana, V. (2018). Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Salman, I., & Widodo, A. (2020). Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Raudhatul Athfal dalam Telaah Renstra Kemenag 2015-2019. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 167-184.
Suherman, W. S. (2001). Pengembangan kurikulum pendidikan jasmani. Yogyakarta: Fik Uny.
Sulaeman, A. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 61-81.
Suwadi, S. (2013). Penguatan Calon Guru Sebagai Peneliti Di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 31-58.
Syam, A. R. (2019). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 1-18.
Wahyudi, S., & Pangestuti, I. R. D. (2017). Managing The Pension Fund To Improve Portfolio Performance: An Empirical Study On Employer Pension Funds In Indonesia.
Wahyudi, S., Hasanudin, H., & Pangestutia, I. (2020). Asset allocation and strategies on investment portfolio performance: A study on the implementation of employee pension fund in Indonesia. Accounting, 6(5), 839-850.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2019-04-14
How to Cite
Hidayat, D. R. S. (2019). PENGEMBANGAN KURIKULUM MELALUI KETERLIBATAN GURU DAN IMPLIKAISNYA DALAM MENINGKATKAN KUALIAS PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 350-357. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp350-357