PENGARUH PEMBERIAN PELATIHAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK PARIWISATA TELKOM BANDUNG

  • Daman Rasman Syarif Hidayat Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

Studi ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan motivasi terhadap motivasi belajar siswa. Ini adalah desain penelitian kuantitatif yang memiliki desain pre-test dan post-test untuk satu kelompok. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa laki-laki dan perempuan yang kurang motivasi belajar di Kelas X SMK Pariwisata Telkom Bandung. Untuk pengujian data digunakan uji Wilcoxon. Data dianalisis menggunakan SPSS 20.0 for Windows. Analisis Wilcoxon menunjukkan bahwa p = 0,027 (p < 0,05) untuk asumsi bahwa motivasi belajar berbeda antara pre-test dan post-test. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi sebelum dan sesudah perlakuan, menunjukkan bahwa motivasi pelajar meningkat sebagai hasil dari pelatihan motivasi.

References

Al Hanif, A. I. (2013). Penerapan Konseling Realita untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal BK UNESA, 3(1).
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aritonang, K. T. (2008). Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.
Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).
Cole, M. S., Feild, H. S., & Harris, S. G. (2004). Student Learning Motivation and Psychological Hardiness: Interactive Effects on Students' Reactions to A Management Class. Academy of Management Learning & Education, 3(1), 64-85.
Kharisma, N. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.
McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. CUP Archive.
McCombs, B. L. (1988). Motivational Skills Training: Combining Metacognitive, Cognitive, and Affective Learning Strategies. In Learning and Study Strategies (pp. 141-169). Academic Press.
Mitchell, T. R. (1982). Motivation: New Directions for Theory, Research, and Practice. Academy of Management Review, 7(1), 80-88.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117.
Ormrod, J. E. (2011). Social Cognitive Views of Learning. Smith, PA Educational Psychology: Developing Learners, 352-354.
Peters, R. S. (2015). The Concept of Motivation. London: Routledge.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, And Well-Being. American Psychologist, 55(1), 68.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181-204.
Sukmadinata. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Widia, R. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pt. Alva Karya Perkasa Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 42-62. https://doi.org/10.31955/jimea.vol1.iss1.pp42-62.
Published
2020-04-25
How to Cite
Hidayat, D. R. S. (2020). PENGARUH PEMBERIAN PELATIHAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK PARIWISATA TELKOM BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 558-564. https://doi.org/10.31955/mea.v4i1.1216