ANALISIS PENERAPAN PRINSIP 5C DALAM PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA BANK MUAMALAT KCU PADANGSIDEMPUAN

  • Hamonangan Hamonangan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal, Sumatera Utara
Keywords: Prinsip 5C, Pembiayaan

Abstract

Prinsip 5C (Character, Capacity, Capital, Collateral, dan Condition) merupakan prinsip pembiayaan terhadap debitur, yang dilakukan secara monitoring dan restructuring untuk mengetahui sejauh mana kelayakan seorang debitur menerima pembiayaan. Dalam proses penyaluran pembiayaan, Bank muamalat menggukan prinsip 5C untuk menurunkan resiko kredit macet. Bank Muamalat Indonesia (BMI) yang juga memiliki kegiatan utama sebagai intermediary dan penyaluran dana, BMI berada di tingkat kedua dengan jumlah penyaluran dana sebesar 40,734 Triliun Rupiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan prinsip 5C dalam pemberian pembiayaan pada Bank Muamalat KCU Padangsidempuan. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi, wawancara, dan triangulasi. Triangulasi adalah peneliti memakai metode pengumpulan data yang bermacam-macam guna memperoleh data dari sumber yang sama. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa point penting dari prinsip Character adalah kedisiplinan nasabah, prinsip Capacity adalah memiliki usaha sendiri, Capital adalah jumlah atau banyaknya dana yang dipakai oleh nasabah dalam usahanya, Collateral adalah jaminan, dan Condition Of Economy yakni menilai nasabah dari keadaan perekonomian di masa yang akan datang.

References

AAOIFI. 2015. Standarisasi Syariah. Teks Lengkap Syariah untuk Lembaga Keuangan Islam. Dar Almaiman untuk Penerbitan dan Distribusi: Arab Saudi.
Asnawi , Nur dan M Asnan Fanani,2017. Pemasaran Syariah, Depok:Rajawali Press.
_______, 2010. Pemasaran Bank, Cet.Ke-04 Jakarta:Kencana.
Ayub,vMuhammad. 2007. Memahami Keuangan Islam. JohnvWiley andvSons, Ltd: Inggris.
Darya Satria, Firdauska. Konsep APBN Syariah Dalam Al-Amwal Fi Dawlah AlKhilafah (Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Abdul Qadim Zallum). Bandung: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, 2015.v
Direktorat Penyusunan APBN dan Direktorat Jenderal Anggaran. “Informasi APBN 2018 (Pemantapan Pengelolaan Fiskal Untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkeadilan)”. 2018.
Muhammad.v2014. ManajemenvKeuangan Syariah.vSTIM YKPN:vYogyakarta
Muhammad,v2016. SistemvBagi Hasilvdan Harga BankvSyariah. UII Press:vYogyakarta
Prabowo,vBA. 2009.vKonsep AkadvMurabahah PadavPerbankan Syariahv(Analisis Kritis TerhadapvAplikasi KonsepvAkad MurabahahvDi IndonesiavDan Malaysia).vJurnal HukumvNo. 1 Volv16, hlm.v106 - 126
Rahmawati, Lilik. “Kebijakan Fiskal Dalam Islam”. Jurnal Al-Qānūn. Vol. 11, No. 2, Desember 2008. Reza Hermanto, “Muhammad. Pengembangan Teori Keyness Dalam Jumlah Konsumsi Muslim”. Jurnal Signifikan Vol. 4 No. 1 April 2015.
Rivai, Veitzal, 2012. Islamic Marketing.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tanzeh, Ahmad, 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta : Teras
Zulkarnaen, W., Fitriani, I. D., & Widia, R. (2018). The Influence of Work Motivation to Work Achievement of Employees in PT. Alva Karya Perkasa Bandung. Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 1(1), 42-62.
Published
2020-08-18
How to Cite
Hamonangan, H. (2020). ANALISIS PENERAPAN PRINSIP 5C DALAM PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA BANK MUAMALAT KCU PADANGSIDEMPUAN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 454-466. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp454-466