ADOPSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA UMKM DI KOTA BANDUNG

  • Nidia Ananda Mutiara Universitas Telkom, Bandung
  • Candra Wijayangka Universitas Telkom, Bandung
  • Budi Rustandi Kartawinata Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut UMKM merupakan jenis usaha yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Salah satu kota di Jawa Barat yang mengalami pertumbuhan yang bagus untuk UMKM adalah kota Bandung. Saat ini Indonesia sudah memasuki era revolusi 4.0 yang kecepatan dan ketepatan menjadi kunci utama untuk bisa memenangkan persaingan . Revolusi 4.0 juga telah mengubah tatanan sistem perindustrian menjadi teknologi digital. Media sosial dan internet telah menambah tempat pemasaran yang lebih luas bagi pelaku usaha mikro untuk mengembangkan bisnisnya di daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adopsi media sosial terhadap kinerja UMKM yang ada di kota Bandung menggunakan kerangka TOE (Technology-Organization-Environment). Penelitian ini memiliki variabel Technology (X1), Organization (X2), Environment (X3), Adopsi Media Sosial (Y) dan Kinerja UMKM (Z). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sample 116 responden. hasil yang diperoleh dengan menggunakan software Smart PLS 3.0 adalah technology, organization, dan  environment berpengaruh secara signifikan terhadap adopsi media sosial sebesar 72,1% dan adopsi media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja UMKM sebesar 39,8%.

References

Jurnal
Ahmad, S.Z., Abu. Bakar, A.R., and Ahmad,. N. (2017), “Social Media Adoption and its impact on firm performance: the case of the UAE”, International. Journal of Entrepreneurial. Behavior & Research. UAE : Emerald.
AlSharji, A., Ahmad, S.Z., Abu. Bakar, A.R. (2017)”Understanding social media adoption in SMEs: Empirical evidence from the United Arab Emirates”, Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies. Vol. 10 No. 2, 2018.
Amalia, D. (2019, Mei 6). Jurnal. Retrieved Februari 26, 2020, from Jurnal.id: https://www.jurnal.id/id/blog/2017-perbedaan-umkm-perkembangannya-di-indonesia/
Fitriani, I., Zulkarnaen, W., Sadarman, B., & Yuningsih, N. (2020). Evaluasi Kinerja Distribusi Logistik KPU Jawa Barat Sebagai Parameter Sukses Pilkada Serentak 2018. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 244-264. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp244-264
Purwantini, A.H & Anisa, A. (2018). Analisis. Penggunaan Media Sosial Bagi UKM dan Dampaknya Terhadap Kinerja. The 7th University Research Colloquium.
Rahayu, Rita & Day, John. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Indonesia. World Conference on Technology, Innovation and Entrepreneurship 2015.
Schaupp, L.C., & Bélanger, F. (2014). The Value of Social.
Media for Small Businesses. Journal. of Information Systems, 28(1), 187–207
Buku
Ghozali, P. H. (2014). Structural. Equation Modeling. Metode Alternatid Dengan Partial Least Squares (PLS) Dilengkapi Software Smaartpls 2.0. Xlstat 2014 dan WarpPLS 4.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian. Manajemen dan Bisnis. Bandung: Refika Aditama.
Jogiyanto, & Abdillah. (2015). Partial Least Square (PLS) alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial. Perspektif Komunikasi, Budaya dan, Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menegah (UKM), Malang.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode. Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Widodo. (2017). Metodologi. Penelitian : Populer & Praktis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Internet
Andriyawan, D. (2019, December 17). bandung.bisnis.com. Retrieved January 28, 2020, from bandung .bisnis.com: https://bandung.bisnis.com/read/20191217/550/1182212/mekari-sasar-pelaku-umkm-di-bandung-tawarkan-kemudahan-layanan-teknolgi
Bella, A. (2018, October 28). marketeers.com. Retrieved January 28, 2020, from marketeers.com: https://marketeers.com/100-tahun-ekonomi-indonesia-ada-di-tangan-umkm-jabar
ekonomi.kompas.com. (2017, juli 31). Retrieved January 28, 2020, from ekonomi.kompas.com:https://ekonomi.kompas.com/read/2017/07/31/230406026/umkm-harus-mampu-manfaatkan-media-sosial
Lathifa, D. (2019, November 13). online-pajak. Retrieved january 28, 2020, from online-pajak.com: https://www.online-pajak.com/perkembangan-umkm-di-indonesia
Qlausa. (2018, November 18). Qlausa. Retrieved Februari 26, 2020, from Qlausa.com: https://www.qlausa.com/digitalisasi-bisnis-di-era-revolusi-4-0/
Rafitrandi, D. (2018, September 5). Theconversation. Retrieved Februari 26, 2020, from Theconversation.com: http://theconversation.com/pengaruh-internet-dan-media-sosial-terhadap-usaha-mikro-daerah-di-indonesia-102206
Published
2021-04-21
How to Cite
Mutiara, N., Wijayangka, C., & Kartawinata, B. R. (2021). ADOPSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA UMKM DI KOTA BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 1673-1684. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.945