KUALITAS PRODUK DAN SALURAN DISTRIBUSI SEBAGAI FAKTOR DOMINAN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) DI BANDUNG RAYA
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah keputusan untuk membeli air minum dalam kemasan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik analisis jalur. Sampel sebanyak 88 agen penjualan AMDK di Bandung Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan kualitas produk dan saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Stream sebesar 70,2%. Secara parsial, kualitas produk mempengaruhi 40,5% dan saluran distribusi sebesar 29,5%. Kesimpulannya adalah keputusan pembelian AMDK Stream menjadi pilihan agen penjualan di Bandung Raya karena kualitas produk dan jalur distribusinya sangat diperhatikan oleh perusahaan.
References
Adriani, E., & Asdi, H. A. (2016). Analisis Korelasi Antara Saluran Distribusi Dengan Keputusan Pembelian Mobil Honda pada PT. Makassar Indah Motor di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Balance Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 12(1).
Alma, P. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Al-Rasyid, H. (2004). Statistik Sosial. Bandung: Program Pascasarjana UNPAD.
Amrullah, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembelian pada Sepeda Motor Honda). Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Mulawarman, 13(2), 99-118.
Baskara, Y. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Keputusam Pembelian Mobil Volkswagen Golf). E-Proceeding of Management, 4(2), 1264-1270.
Darmanto, S. W. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah. Yogyakarta: Deepublish.
Dewi, P. (2018). Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Dan Gaya Hidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Peembelian Minuman Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonik di Kota Semarang). Prosiding FEB Universitas Stikubank Semarang, 710-716.
Fahmi, I. (2016). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Fajar, L. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware TOTO Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 7(1), 441-469.
Harsono, B. (2018). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Susu Anlene PT Carrefour Jakarta). Jurnal Ekonomika dan Manajemen Universitas Prof.Dr.Moestopo, 76-93.
Heru, S. M. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Spare Part PT Duta Kreasi Teknik Samarinda. Jurnal Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Mulawarman, 14(2), 92-97.
Hizbullah, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome (studi Kasus Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Yogyakarta Tahun 2017). eProceedings of Applied Science, 3(2), 179-184.
Kemenprin. (2019). Peluang Industri AMDK Mengalir Deras di Tahun Politik. Retrieved from https://kemenprin.go.id/artikel/20345/Peluang-Industri-AMDK-Mengalir-Deras-di-Tahun-Politik
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 15-24.
Manullang, M. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Mursid. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Mowen, M. (2011). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Negara, A. N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli (Studi Kasus pada Pembeli di Gerai Starbuks Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis FIA Universitas Brawijaya, 61(2).
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.
Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Lembaga Penilaian Kesesuaian Dalam Rangka Pemberlakuan Dan Pengawasan Standar Nasional Indonesia Air Mineral, Air Demineral, Air Mineral Alami, Dan Air Minum Embun Secara Wajib.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Ramadhan, F. M. (2018). Aqua Mendominasi Pangsa Pasar Air Kemasan. Retrieved from https://grafis.tempo.co/read/1215/aqua-mendominasi-pangsa-pasar-air-kemasan
Rue, G. R. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Saladin, A. B. (2010). Manajemen Pemasaran Teori Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung: CV Linda Karya.
Salam, P. (2014). Manajemen Insani Dalam Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sani, M. (2013). Metodologi Penleitian Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Kuesioner dan Analisis Data. Malang: UIN Press.
Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen Perspektif Kotemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.
Sopiah, S. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tantri, T. A. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi. Tjiptono,
Turyandi, I. (2014). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Alfabeta.
Turyandi, I. (2019). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Yamit, Z. (2010). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonesia.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.