FAKTOR BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MAOMAO THAI TEA

  • Moh Ghozali IAIN Syekh Nurjati, Cirebon
  • Syaeful Bakhri IAIN Syekh Nurjati, Cirebon
  • Ahsin Sakho Muhamad IAIN Syekh Nurjati, Cirebon

Abstract

This study aimed to determine the effect of brand image and price on consumer buying interest as one of the strategies for product development of MaoMao Thai Tea in winning the MSME competition in Cirebon, which is increasingly competitive, especially in the culinary field. This study uses a quantitative approach. The number of samples consisted of 70 respondents who were consumers of MaoMao Thai Tea in Cirebon City. The data analysis tool uses multiple linear regression, determination test, T-test, and F test. The statistical data processing results through the t-test (partially) show that brand image and price variables positively and significantly affect consumer purchase interest variables. The F test analysis (simultaneously) also shows that brand image and price simultaneously positively and significantly impact consumer buying interest in MaoMao Thai Tea in Cirebon City.

 

References

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Andrew, M. (2019). E-Service Quality and Brand image on Buying Interest: A Study of E-Service Quality and Brand image on Shopee E-Service Quality dan Citra Merek terhadap Minat Beli: Studi E-Service Quality dan Citra Merek Shopee. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi Bisnis, 3(1), 23–38. Retrieved from http://jurnal.asmtb.ac.id/index.php/jsab
Anggraini, Dina. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Textile, Garment yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI) Periode 2009-2012. http://jurnal.umrah.ac.id/wpcontent/uploads/2013/09/Dina-Anggraini-09046 2201089.pdf.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekakatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ashshofa, & Burhan. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
B, A. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman. Universitas Hasanuddin Makasar.
Badan Ekonomi Kreatif. (2017). Rencana Strategi Badan Ekonomi Kreatif. Jakarta. Retrieved from http://www.bekraf.go.id/berita/page/17/rencana-strategi-badan-ekonomi-kreatif-2015-2019
Bagus I, A. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syraiah Mandiri. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4).
Bakhri, S., Aziz, A., & Sarinah, R. (2020). Pengetahuan dan Motivasi untuk Menumbuhkan Minat Berinvestasi pada Mahasiswa. VALUE: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 60–73.
Bungin, B. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Darwis, E. G. (2017). Pengaruh Brand image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar. UIN Alauddin Makassar.
Fuad, H. (2018, October). Bekraf Proyeksikan PDB Ekraf Capai Rp1.200 Triliun di 2019. Sindonews.Com. Retrieved from https://ekbis.sindonews.com/berita/1347021/34/bekraf-proyeksikan-pdb-ekraf-capai-rp1200-triliun-di-2019
Hapsara, O., & AS, S. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Pada PT. Agung Toyota Jambi. EKSIS: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 19–32.
Juhaeri. (2016). Pengaruh Brand image dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada www.modelgorden.com. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(1), 28–29.
Juliansyah, N. (2011). Metode Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenamedia Group.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musay, F. P. (2013). Pengaruh Brand image terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen KFC Kawi Malang). JAB; Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).
Putri, D. M. (2016). Pengaruh Online Shopping Enjoyment Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Pembelian Produk Fashion Hijab Di Sosial Comerce (survei pada anggota Fan Page Facebook dan Followers Instagram Hijabers Comunity). Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahmawaty, P. (2014). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 82–89. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11768
Riduwan, & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rizki, R., & Karneli, O. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat beli konsumen Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Konsumen Matahari Departement Store Mall Ska Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 5(1).
Sambas, A. M., & Maman, A. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat beli konsumen Pada Perusahaan a-36. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 45–53.
Sudarman, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. (R. Pers, Ed.). Jakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, Wiyani, W., Fristin, Y., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1).
Susanto, A. (2011). Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Pekalongan: Graha Ilmu.
Winata, A., & Fiqri, I. A. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Emersia di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, 3(2).
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2021-05-07
How to Cite
Ghozali, M., Bakhri, S., & Muhamad, A. S. (2021). FAKTOR BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MAOMAO THAI TEA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 177-192. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.850