Meningkatkan Performa Guru dan Siswa dengan mengimplementasikan Kepemimpinan Trasformasional di Sekolah

  • E Nurzaman AM Universitas Pamulang

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang pesat di Indonesia membutuhkan lulusan-lulusan terbaik dari lembaga pendidikan yang siap terjun kelapangan dengan memiliki keahlian dan kinerja yang mumpuni. Oleh sebab itu diperlukan perubahan ekspansif dalam manajemen sekolah dan metode penyelenggaraan pengajaran serta perubahan gaya kepemimpinan sebagai fungsi manajemen. Pendekatan kontemporer terhadap kepemimpinan: transaksional, karismatik, transformasional dan interaktif menjadi lebih sering menjadi fokus penelitian . Masing-masing pendekatan teoritis ini memiliki dampak dan nilai yang luas tidak hanya dalam waktu tetapi juga dalam konteks tertentu. Namun, dalam makalah ini kami mengutamakan kepemimpinan transformasional dengan mempertimbangkan klaim bahwa gaya kepemimpinan transformasional paling cocok untuk membimbing siswa dalam kondisi sekolah. Jenis klaim ini memiliki kekuatan dalam tiga poin berikut: 1) dimensi etika kepemimpinan transformasional, yaitu, landasan moral; 2) validitas penelitian sebelumnya yang didukung oleh bukti, dan 3) bukti praktik pimpinan di bidang pendidikan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan tinjauan pustaka dalam mengolah data-data yang dijadikan obyek penelitian ini.

References

Akib, H., & Darwis, M. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Pada SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jurnal Office, 1(1), 80-87.
Barling, J., Christie, A., & Turner, N. (2008). Pseudo-Transformational Leadership: Towards The Development and Test Of A Model. Journal of Business Ethics, 81(4), 851-861.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational leadership. Psychology press.
Bass, B. M., & Stogdill, R. M. (1990). Bass & Stogdill's Handbook of Leadership: Theory, Research, and Managerial Applications. Simon and Schuster.
Bolden, R., Gosling, J., Marturano, A., & Dennison, P. (2003). A Review of Leadership Theory and Competency Frameworks. Centre For Leadership Studies, University of Exeter.
Bottery, M. (2004). The challenges of educational leadership. Sage.
Budiwibowo, S. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional, Transformasional dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru (Karyawan) di Kota Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(02).
Bustari, M. (2010). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Makalah. Konferensi Internasional Manajemen Pendidikan (Icemal). Yogyakarta: UNY.
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.
Davis, D. R., Ellett, C. D., & Annunziata, J. (2002). Teacher Evaluation, Leadership and Learning Organizations. Journal of Personnel Evaluation in Education, 16(4), 287-301.
Gaol, N. T. L. (2017). Teori dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213-219.
Griffith, J. (2004). Relation Of Principal Transformational Leadership to School Staff Job Satisfaction, Staff Turnover, and School Performance. Journal of educational administration.
Hallinger, P. (2018). Surfacing A Hidden Literature: A Systematic Review of Research on Educational Leadership and Management In Africa. Educational Management Administration & Leadership, 46(3), 362-384.
Harris, A. (2004). Distributed Leadership and School Improvement: Leading or Misleading?. Educational Management Administration & Leadership, 32(1), 11-24.
Herminingsih, A. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Budaya Organisasi. Optimal: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Islam" 45" Bekasi, 5(1), 4438.
Husaini, H., & Fitria, H. (2017). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43-54.
Ismail, R. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. USUpress.
Kaihatu, T. S. (2007). Kepemimpinan Transformasional dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan atas Kualitas Kehidupan Kerja Komitmen Organisasi dan Perilaku Ekstra Peran: Studi Pada Guru-Guru SMU Di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), pp-49.
Keller, R. T. (2006). Transformational Leadership, Initiating Structure, and Substitutes For Leadership: A Longitudinal Study of Research and Development Project Team Performance. Journal of applied psychology, 91(1), 202.
Ma’ruf, A., & Wihastuti, L. (2008). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia: Determinan dan Prospeknya. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 9(1), 44-55.
Ogbonna, E., & Harris, L. C. (2000). Leadership Style, Organizational Culture and Performance: Empirical Evidence From UK Companies. International Journal of Human Resource Management, 11(4), 766-788.
Peca, K. (1991). The Effects of Applying Alternative Research Methods to Educational Administration Theory and Practice.
Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173-188.
Rustamaji, A. C. P., Purwana, D., & Yohana, C. (2017). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(2), 148-161.
Sagnak, M. (2010). The Relationship Between Transformational School Leadership and Ethical Climate. Educational Sciences: Theory and Practice, 10(2), 1135-1152.
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.
Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Usaha Mandiri Jakarta. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 1(2).
Sunarsi, D. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).
Wenner, J. A., & Campbell, T. (2017). The Theoretical and Empirical Basis of Teacher Leadership: A Review of The Literature. Review of Educational Research, 87(1), 134-171.
Zulkarnaen, W., & Suwarna, A. (2017). Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Di Bagian Mekanik PT. Erlangga Aditya Indramayu. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(1), 33-52. DOI: https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss1.pp33-52
Published
2018-12-07
How to Cite
AM, E. N. (2018). Meningkatkan Performa Guru dan Siswa dengan mengimplementasikan Kepemimpinan Trasformasional di Sekolah. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 219-232. https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss3.pp219-232