Implementasi Pemasaran Berkelanjutan Dalam Rangka mendukung Ekonomi Berkelanjutan dan Pembangunan Berkelanjutan (Sebuah Tinjauan)

  • Udin Ahidin Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menyoroti keterkaitan timbal balik antara pemasaran berkelanjutan dan pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan dipandang sebagai konsep tiga dimensi yang terdiri dari keberlanjutan ekonomi dan kemakmuran, keadilan sosial dan kualitas lingkungan. Untuk mencapai sinergi penuh maka perlu untuk mengaktifkan pemasaran berkelanjutan, yang dipahami tidak hanya sebagai hubungan yang berkelanjutan dan menguntungkan dengan pelanggan, lingkungan alam dan sosial tetapi juga sebagai berbagai pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial atau, dalam lingkup yang lebih luas. Pemasaran berkelanjutan dapat berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan tidak hanya melalui praktik sehari-hari yang meminimalkan dampak lingkungan, tetapi juga dengan menerapkan kebijakan dan strategi baru untuk mendukung konsep yang lebih luas tentang pertumbuhan berkelanjutan sebagai bagian fundamental dari entitas ekonomi. Penelitian implementasi pemasaran berkelanjutan ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan mengunakan metode tinjauan literatur dalam menganalisa obyek yang akan di teliti.

References

Abdoellah, O. S. (2016). Pembangunan berkelanjutan di Indonesia: Di persimpangan jalan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Alhaddi, H. (2015). Triple Bottom Line and Sustainability: A Literature Review. Business and Management Studies, 1(2), 6-10.
Anand, S., & Sen, A. (2000). Human Development and Economic Sustainability. World development, 28(12), 2029-2049.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Cahyandito, M. F. (2010). Pembangunan Berkelanjutan, Ekonomi dan Ekologi, Sustainability Communication dan Sustainability Reporting. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5(1).
Coccia, M., & Bellitto, M. (2018). Human Progress and Its Socioeconomic Effects in Society. Journal of Economic and Social Thought, 5(2), 160-178.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif. Kuantitatif, dan campur-an, 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dangelico, R. M., & Vocalelli, D. (2017). “Green Marketing”: An Analysis of Definitions, Strategy Steps, and Tools Through A Systematic Review of The Literature. Journal of Cleaner Production, 165, 1263-1279.
Dovers, S., & Hussey, K. (2013). Environment and Sustainability: A Policy Handbook. Federation Press.
Elkington, J. (1994). Towards The Sustainable Corporation: Win-Win-Win Business Strategies for Sustainable Development. California management review, 36(2), 90-100.
Elliott, J. (2012). An Introduction to Sustainable Development. Routledge.
Ervianto, W. I. (2015). Implementasi Green Construction sebagai Upaya Mencapai Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. In Penelitian dalam Konferensi Nasional Forum Wahana Teknik ke II.
Fang, C., Liu, H., & Li, G. (2016). International Progress and Evaluation on Interactive Coupling Effects Between Urbanization and The Eco-Environment. Journal of Geographical Sciences, 26(8), 1081-1116.
Gordon, R., Carrigan, M., & Hastings, G. (2011). A Framework for Sustainable Marketing. Marketing theory, 11(2), 143-163.
Gupta, J., & Vegelin, C. (2016). Sustainable Development Goals and Inclusive Development. International environmental agreements: Politics, law and economics, 16(3), 433-448.
Hunt, S. D. (2011). Sustainable Marketing, Equity, and Economic Growth: A Resource-Advantage, Economic Freedom Approach. Journal of the Academy of Marketing Science, 39(1), 7-20.
Junaedi, M. S. (2015). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Pada Niat Beli Produk Hijau: Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(2), 189-201.
Kilbourne, W. E. (1998). Green Marketing: A Theoretical Perspective. Journal of Marketing Management, 14(6), 641-655.
Lee, K. (2008). Opportunities for Green Marketing: Young Consumers. Marketing intelligence & planning.
McDonald, S., & Oates, C. J. (2006). Sustainability: Consumer Perceptions and Marketing Strategies. Business strategy and the environment, 15(3), 157-170.
Meler, M., & Magaš, D. (2014). Sustainable Marketing for Sustainable Development. In Reykjavik 11th International Academic Conference.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Murray, A., Skene, K., & Haynes, K. (2017). The Circular Economy: An Interdisciplinary Exploration of The Concept and Application in A Global Context. Journal of business ethics, 140(3), 369-380.
Nurtjahjadi, E. (2014). Sustainable Marketing: Pemasaran Ramah Lingkungan dan Sosial Demi Generasi Mendatang. Proseedings SNEB.
Peattie, K. (2012). Sustainable Marketing: Marketing Re-Thought, Re-Mixed and Re-Tooled. Saren, M.; Maclaran, P.; Goulding, C, 193-207.
Saren, M. (2000). Sustainable Marketing: Managerial‐Ecological Issues. European Journal of Marketing.
Septifani, R., Achmadi, F., & Santoso, I. (2014). Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(2), 201-218.
Situmorang, J. R. (2011). Pemasaran Hijau yang Semakin Menjadi Kebutuhan dalam Dunia Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).
Susiana, S. (Ed.). (2015). Pembangunan Berkelanjutan: Dimensi Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan. P3DI Setjen DPR.
Trivedi, K., Trivedi, P., & Goswami, V. (2018). Sustainable Marketing Strategies: Creating Business Value by Meeting Consumer Expectation. International Journal of Management, Economics and Social Sciences (IJMESS), 7(2), 186-205.
Vandhana, R., Karpagavalli, G., & Ravi, A. (2013). Green Marketing-A Tool for Sustainable Development. Global research analysis, 2(12), 133-135.
Published
2019-04-10
How to Cite
Ahidin, U. (2019). Implementasi Pemasaran Berkelanjutan Dalam Rangka mendukung Ekonomi Berkelanjutan dan Pembangunan Berkelanjutan (Sebuah Tinjauan). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 243-255. https://doi.org/10.31955/mea.v3i1.691