PENGARUH MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN PENYULUHAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN

(Studi Kasus di KPP Pratama X Di Jawa Barat)

  • Indri Nur Alfi Qodariyah STIE Muhammadiyah Bandung
  • Dedi Suryadi STIE Muhammadiyah Bandung
  • Yuniati Yuniati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Bandung

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh modernisasi sistem administrasi perpajakan dan penyuluhan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak badan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama X di Jawa Barat. Manfaat penelitian ini untuk menambah pengetahuan bagi penulis, memberi masukan dan bahan evaluasi bagi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama X di Jawa Barat atas modernisasi sistem administrasi perpajakan, dan manfaat bagi akademisi menjadi bahan untuk memperkaya wawasan mengenai modernisasi sistem administrasi perpajakan dan penyuluhan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak badan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif, dan teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan metode statistik nonparametrik dengan menggunakan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modernisasi sistem administrasi perpajakan dan penyuluhan perpajakan berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak badan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama X di Jawa Barat.