ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS ALMA ATA

  • Dimas Wibisono Universitas Alma Ata, Yogyakarta
  • Asri Dwi Ariyani Universitas Alma Ata, Yogyakarta
  • Rofiq Burhannudin Universitas Alma Ata, Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang berpengaruh semakin bertambahnya jumlah mahasiswa disetiap tahunnya, dilihat dari variabel-variabel. Metode yang digunakan dalam penelitiabn ini adalah metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner berjumlah 96 mahasiswa angkatan 2019/2020 di di Universitas Alma Ata. Pengambilan sampel dilakukan dengan convenient sampling. Data penelitian menganalisis untuk melihat structural antar variabel dengan Smart PLS versi 3.0. Hasil Penelitan menenunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel pengaruh eksternal, proses psikologi dan perbedaan individu terhadap proses pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini Variabel langsung dengan yang lainnya memiliki pengaruh lebih besar 1,96 artinya memiliki pengaruh signifikan. Variabel tidak langsung tidak dalam jalur path tidak memiliki pengaruh secara signifikan Penelitian lanjutan diharapkan dapat menambahkan jumlah variabel dan indikator.

References

Basil, G., Etuk, E. and Ebitu, E.T. (2013), “The marketing mix element as determinants of consumer’s choice of made-in-Nigeria shoes in Cross River state”, European Journal of Business and Management, Vol. 5 No. 6, pp. 141-147.
Cooper, D., dan Schindler, P. (2014). Business Research Method, 12 Edition. MCGraw-Hill.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 24. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro.
Haque, A., Anwar, N., Tarofder, A., Ahmad, N. & Sharif, S. (2018). Muslim consumers’ purchase behavior towards halal cosmetic products in Malaysia. Management Science Letters, 8(12), 1305-1318.
Kotler, P., Keller, Kevin (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson.
Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta:Salemba Empat.
Monecke, A., dan Leisch,F. (2020). The Journal of Statistical Software. [Online]. Tersedia di: http://www.jstatsoft.org/.
Othman, B., Harun, A., Rashid, W., & Ali, R. (2019). The impact of Umrah service quality on customer satisfaction towards Umrah travel agents in Malaysia. Management Science Letters, 9, 1763– 1772. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.6.01
Salleh, N. A., Zoher, S. A., Mahayuddin, S. A., & Abdul, Y. (2015). Influencing factors of property buyer in hillside residential development. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 170, 586-595.
Sarwono, J., dan Narimawati, U. (2015). Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: Penerbit ANDI
Sekaran, U., dan Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis edisi 6 Buku 2. Jakarta: Wiley – Salemba Empat
Tjiptono, Fandi, Pemasaran Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2019.
Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2020-12-07
How to Cite
Wibisono, D., Ariyani, A., & Burhannudin, R. (2020). ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS ALMA ATA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(3), 1896-1905. https://doi.org/10.31955/mea.v4i3.669