PENGARUH SELEBGRAM CREDIBILITY, ONLINE ATMOSPHERE, DAN PRODUCT ASSORTMENT TERHADAP MINAT BELI GENERASI PRIA MILENIAL DENPASAR PADA SEPATU COMPASS

  • Ida Bagus Nyoman Dwisuardinata Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar
  • Ni Putu Nina Eka Lestari Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar
Kata Kunci: selebgram credibility, online atmosphere, product assortment, dan minat beli.

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh selebrgram credibility terhadap minat beli generasi pria milenial Denpasar pada Sepatu Compass. Untuk mengetahui pengaruh online atmosphere terhadap minat beli generasi pria milenial Denpasar pada Sepatu Compass. Untuk mengetahui pengaruh product assortment terhadap minat beli generasi pria milenial Denpasar pada Sepatu Compass. Untuk mengetahui pengaruh selebrgram credibility, online atmosphere, dan product assortment terhadap minat beli generasi pria milenial Denpasar pada Sepatu Compass secara simultan. Manfaat penelitian adalah manfaat teori dan manfaat praktis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder, pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner yang memperoleh 106 responden. Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan maka diperoleh simpulan sebagai berikut : secara parsial selebgram credibility, online atmosphere, dan product assortment memiliki pengaruh positif terhadap minat beli generasi pria milenial Denpasar pada Sepatu Compass. Ini dapat dilihat dari hasil uji-t untuk selebgram credibility dengan nilai signifikansi (0,055), online atmosphere dengan nilai signifikansi (0,275), dan product assortment dengan nilai signifikansi (0,000), dengan masing - masing memiliki nilai signifikansi yang positif. Sehingga semakin baik selebgram credibility, online atmosphere, dan product assortment maka akan meningkatkan minat beli generasi pria milenial Denpasar pada Sepatu Compass. Secara simultan (selebgram credibility, online atmosphere, dan product assortment berpengaruh terhadap minat beli generasi pria milenial Denpasar pada Sepatu Compass dengan hasil uji-F, dimana nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari (0,05), dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti atau dapat diterima. Sehingga, selebgram credibility, online atmosphere, dan product assortment maka akan meningkatkan minat beli generasi pria milenial Denpasar pada Sepatu Compass.

Referensi

Alvi Irpansyah Muhamad, Asep M. Ramdan, dan R. Deni Muhammad Danial. 2019. “Kredibilitas Dan Kekuatan Selebgram Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Toko Online Di Instagram.” Journal of Economic, Business and Accounting 2. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Atmojo, Ridwan Nata, and Trisha Gilang Saraswati. 2020. “The Effect of Store Atmosphere , Product Assortment and Price on Buying Interest in Borma Bandung City Pengaruh Store Atmosphere , Product Assortment Dan Price Terhadap Minat Beli Di Borma Kota Bandung,” no. 1: 68–76.
Awallia, Diah Lailatul. 2018. “Pengaruh Testimoni Dan Selebgram Endorsment Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram Mahasiswa Fakultas Syariah Iain Ponorogo.”
Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 :Update PLS Regresi.” In Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. https://doi.org/10.2307/1579941.
Girsang, Putri Julianti, and Arry Widodo. 2014. “Pengaruh Store Atmosphere Dan Product Assortment Terhadap Minat Beli Pada The Secret Factory Outlet Bandung.”
Hokini, Meilinda Florencia. 2019. “The Effect Of Online Atmosphere, Emotional Desire Towards Hedonic Shopping Motivation And Purchase Intention On Handicraft.”
Maharani, Kumala. 2015. “3rd AASIC: Sustainable Development of Asian Community The Celebrity Endorser (Selebgram) Effect Toward Purchase Intention On Instagram Social Media,” 71–78.
Rahima, Phyta. 2018. “Pengaruh Celebrity Endorser Di Media Sosial Instagram Dalam Promosi Produk Hijab Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Akun Instagram @ Wiriamaeazzahra ) Phyta Rahima Dosen Prodi D3 Manajemen Informatika STMIK Bumigora Mataram PENDAHULUAN Pertum.” Manajemen, Akuntansi Dan Perbankkan 4: 50–60.
Rakhmawati, Rinrin Karina, and Arlin Ferlina Mochamad Trenggana. 2018. “Pengaruh Store Atmosphere, Product Assortment Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Transmart Carrefour Buah Batu Bandung.” JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen 8 (2). https://doi.org/10.34010/jurisma.v8i2.1000.
Sugiyono. 2017. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Evaluasi. Alfabeta.
Syahputra, Ahmad Rio. 2016. “Penggunaan Technology Acceptance Model Terhadap Intensi Pebisnis Dalam Menggunakan E-Commerce (Studi Pada Penerima Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Lampung Tahun 2014).” http://digilib.unila.ac.id/22928/3/SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Diterbitkan
2021-03-25