BUSINESS PLAN TOKO ROTI SOES MERDEKA (PT. TIRTA RATNA)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejenuhan konsumen terhadap konsep bakery modern yang seragam, kurang inovasi, dan kualitas produk yang tidak konsisten. Di sisi lain, tren berkembangnya bakery dan coffee shop bergaya heritage telah menciptakan permintaan akan pengalaman yang lebih autentik, personal, dan bernuansa emosional. Kondisi ini membuka peluang bagi Soes Merdeka untuk melakukan ekspansi dengan mendirikan cabang baru yang mengusung konsep heritage bakery & coffee shop. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan bisnis Soes Merdeka dari aspek manajemen, lingkungan bisnis, pemasaran, operasional, sumber daya manusia, digitalisasi, keuangan, manajemen risiko, inovasi, dan legalitas; memvalidasi model bisnis menggunakan Design Thinking dan Lean Canvas serta mengevaluasi kelayakan cabang baru dari perspektif strategis dan finansial. Rumusan masalah penelitian ini Adalah Bagaimana Soes Merdeka dapat mengembangkan bisnis bakery & coffee sejalan dengan aspek manajemen dan kewirausahaan, Bagaimana penerapan Design Thinking dan Lean Canvas dalam merumuskan strategi bisnis, Apakah ekspansi bisnis ini layak secara finansial dan strategi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Kerangka analisis yang digunakan mencakup Design Thinking, SWOT, Lean Canvas, serta analisis kelayakan finansial (NPV, IRR, dan Payback Period). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kekuatan utama Soes Merdeka adalah brand heritage dan loyalitas pelanggan, namun masih membutuhkan inovasi produk yang lebih kuat serta daya tarik bagi konsumen muda. Penerapan Design Thinking dan Lean Canvas terbukti efektif dalam mengembangkan model bisnis yang berorientasi pada konsumen. Proyeksi keuangan menunjukkan NPV positif, IRR di atas 15%, dan periode pengembalian modal sekitar satu tahun setengah, yang mengonfirmasi kelayakan ekspansi tersebut.
References
Amin F. (2024). Strategi Digital Marketing Kafe Dom Social Hub Dalam Meningkatkan Brand Awareness di Sosial Media Instagram. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi. https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i1.3061.
Anggraini, C & Asri, D. (2024). Strategi Re-Branding Dalam Mempertahankan Eksistensi Bisnis Kuliner Legendaris (Studi Kasus Pada Sate Maranggi Haji Yetty. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1-15.
Atmari, N. V., & Putri, V. W. (2023). Analisis Pengaruh Brand Heritage terhadap Revisit Intention di Tugu Kunstkring Paleis Menteng Jakarta. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 32-41. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.59762
Boone, L. E., & Kurtz, D. L. (2021). Contemporary Business. John Wiley & Sons.
Business-indonesia.org. (2024). Perusahaan Bakery di Indonesia. https://business-indonesia.org/bakery_ingredients
EcommerceDB. (2025). Ecommerce Market Indonesia. https://ecdb.com/resources/sample-data/market/id/food
Gunawan, B., dkk. (2022). engaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 8(2). https://doi.org/DOI: 10.38043/jimb.v8i2.3855
Handayani, L., dkk. (2020). Analisis Pengelolaan Keuangan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bidang Kuliner. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(1).
Hendri, M., & Samoedra, A. D. A. (2022). Modul Entrepreneurship: Business Planning. Universitas Widyatama.
International, D. (2023). Indonesia Bakery Market Size, Share & Forecast. Dpointernational.Com. https://dpointernational.com/wp-content/uploads/2022/10/MARKET-TRENDS-IN-INDONESIA-BAKERY.pdf
MarketLine. (2022). Bakery and Cereals in Indonesia - Market Summary, Competitive Analysis and Forecast to 2025. Marketresearch.Com. https://www.marketresearch.com/MarketLine-v3883/Bakery-Cereals-Indonesia-Summary-Competitive-30787092/
Meriza, H. (2022). Entrepreneurship. Widina Bhakti Persada.
Natallia, D., D. (2022). Business Model Canvas Bagi UMKM Moii Foods. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-8.
Pratama, M. R., dkk. (2023). (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Usaha Kedai Kopi Melalui Pendekatan SWOT dan Business Model Canvas. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 14(1). https://doi.org/10.29244/jmo.v14i1.41913.
Pratiwi, M., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Desain Kemasan Nostalgia pada Makanan Terhadap Minat Beli Generasi Milenial. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 14(1), 59-71.
Purnomo, A., dkk. (2021). Pendampingan Penyusunan Model Bisnis Lean Canvas untuk Pengembangan Usaha Warung Kopi Kekinian. Jurnal Abdimas, 25(2), 205-210. https://doi.org/10.15294/abdimas.v25i2.30833
Puspitasari, P., & Setyo, H. (2021). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Kopi Anjis Pugeran Yogyakarta). Jurnal Manajemen, 13(1), 43-52.
Sahabuddin, R., D. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Industri Roti F4 Bakery. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(10), 1-10.
Sari, D., dkk. (2021). Analisis Manajemen Operasional dan Pengendalian Mutu Makanan pada Dapur Kiloan Bakery. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(3), 856-865.
Setyo, E., dkk. (2921). Strategi Inovasi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Makanan Tradisional Getuk Pincuk. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Akuntansi (JEBA), 23(2).
Verified Market Research. (2024). Indonesia Bakery Market Size, Share & Forecast. https://www.verifiedmarketresearch.com/product/southeast-asia-bakery-products-market/
Yuliani, dkk. (2022). Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (BMC) Pada Komunitas Kuliner STII OK OCE Untuk Tumbuh di Era Digitalisasi. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 205-220. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.576
Zulganef. (2023). Manajemen Bisnis: Strategi dan Inovasi (Edisi Pert). Alfabeta.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.














