PENGARUH TEKANAN STAKEHOLDER DALAM MENGADOPSI SERTIFIKAT HALAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DENGAN INOVASI HALAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran inovasi halal dalam memediasi pengaruh tekanan stakeholder dalam mengadopsi sertifikat halal terhadap keunggulan bersaing. Studi ini dilakukan pada UMKM makanan di Propinsi Banten khususnya adalah UMKM dibawah binaan Dinas Koperasi yang ada di Propinsi Banten. Purposive sampling digunakan dalam penarikan sampel. Data dalam studi ini dilkumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dengan target UMKM yang sudah mendapatkan sertifikat halal. Data dianalisis menggunakan PLS-SEM. Jumlah sampel sebanyak 144 UMKM Temuan menunjukan bahwa inovasi halal dapat memediasi pengaruh tekanan stakeholder dalam mengadopsi sertifikat halal terhadap keunggulan bersaing. Studi juga mengindikasikan bahwa tekanan stakeholder berpengaruh negatif signifikan terhadap keunggulanan bersaing. Temuan lain menunjukan tekanan stakeholder berpengaruh posiitif dan signifikan terhadap keuanggulan bersaing dan pengaruh inovasi halal terhadap keunggulan bersaing adalah positif dan signifikan. Studi ini mengimplikasikan bahwa inovasi halal harus terus didorong untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Studi menyiratkan bahwa regulasi wajib halal meningkatkan jumlah UMKM yang mengadopsi sertifikat halal, namun adopsi dilakukan hanya untuk menunjukan kepatuhan terhadap regulasi pemerintah dan belum ditujukan untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Oleh karena itu pemerintah perlu memotivasi para pelaku UMKM agar secara proaktif mengintegrasikan prinsip halal dalam kegiatan operasionalnya untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan.
References
Ab Talib, M. S., & Ai Chin, T. (2018). Halal food standard implementation: are Malaysian firms proactive or reactive? British Food Journal, 120(6), 1330–1343. https://doi.org/10.1108/BFJ-07-2017-0366
Ab Talib, M. S., Ai Chin, T., & Fischer, J. (2017). Linking Halal food certification and business performance. British Food Journal, 119(7), 1606–1618. https://doi.org/10.1108/BFJ-01-2017-0019
Ab Talib, M. S., Siti, S. S., Abdul Hamid, A. B., & Ai Chin, T. (2016). Emerging Halal food market: an Institutional Theory of Halal certificate implementation. Management Research Review, 39(9), 987–997. https://doi.org/10.1108/MRR-06-2015-0147
Agung, M., & Hendra, H. (2023). Inovasi Produk Dalam Konteks Pemasaran Internasional: Strategi Dan Implementasi. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2523–2528. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13306
Azmi, F. R., Abdullah, A., Musa, H., & Wan Mahmood, W. H. (2020). Perception of food manufacturers towards adoption of halal food supply chain in Malaysia: Exploratory factor analysis. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 571–589. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2018-0236
Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage (pp. 99–120).
Barney, J. B., & Clarck, D. N. (2007). Resources-Based Theory Creating and Sustaining Competitive Advantage. Oxford Univercity Press.
Escanciano, C., & Santos-Vijande, M. L. (2014). Reasons and constraints to implementing an ISO 22000 food safety management system: Evidence from Spain. Food Control, 40(1), 50–57. https://doi.org/10.1016/j.foodcont.2013.11.032
Fauziah, A., Diana, N., & Diah Fakhriyyah, D. (2023). The Influence Of Halal Awareness, Convenience, Business Prospects, And Manufacturer’s Attitude On Msmes’ Halal Certification Compliance In Malang City. Islamic Economic and Finance Journal, 4(1), 161–173.
Hariyati. (2017). Pengaruh variabel kontijensi terhadap hubungan strategi prospektor dengan kinerja keuangan. 2016(1), 1–29.
Iranmanesh, Mohammad;Zailani ,Suhaiza;Kanapathy,Kanagi;Tieman, M. (2015). Driver of Halal Orientation Strategy among Halal Foods Firms. British Food Journal, 117(8).
Irwan, A. M., Andriani, Budi, & Serang, S. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM Kota Makassar. YUME : Journal of Management, 6(2), 388–399.
Ishak, S., Awang, A. H., Hussain, M. Y., Che Omar, A. R., Md Sum, S., Saad, S., Ramli, Z., & Abdul Manaf, A. (2015). Penelitian Tingkah Laku Inovasi Firma Makanan Halal Kecil Di Malaysia: Satu Analisis Tentatif. GEOGRAFIA Online: Malaysian Journal of Society and Space, 11(2), 64–76.
Jamaludin, M. (2019). Manajemen Operasi. CV. Kencana Utama.
Kogabayev, T., & Maziliauskas, A. (2017). The definition and classification of innovation. HOLISTICA – Journal of Business and Public Administration, 8(1), 59–72. https://doi.org/10.1515/hjbpa-2017-0005
Md Nawi, N. H., Megat Ahmad, P. H., Ibrahim, H., & Mohd Suki, N. (2023). Firms’ commitment to Halal standard practices in the food sector: impact of knowledge and attitude. Journal of Islamic Marketing, 14(5), 1260–1275. https://doi.org/10.1108/JIMA-10-2021-0333
Muharam, D. R. (2017). Penerapan Konsep Resources-Based View (Rbv) Dalam Upaya Mempertahankan Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 14(1), 82–95. https://doi.org/10.31113/jia.v14i1.4
Othman, B., Shaarani, S. M., & Bahron, A. (2016). Evaluation of knowledge, halal quality assurance practices and commitment among food industries in Malaysia. British Food Journal, 118(8), 2033–2052. https://doi.org/10.1108/BFJ-12-2015-0496
Porter, M. E. (1985). Technology and competitive advantage (chapter 5 in competitive advantage book). Journal of Business Strategy, 5(3), 60–78.
Rubio-Andrada, L., Del Mar Alonso-Almeida, M., & Rodríguez-Antón, J. M. (2011). Motivations and impacts in the firm and stakeholders of quality certification: Evidence from small- and medium-sized service enterprises. Total Quality Management and Business Excellence, 22(8), 833–852. https://doi.org/10.1080/14783363.2011.593858
Salindal, N. A. (2019). Halal certification compliance and its effects on companies’ innovative and market performance. Journal of Islamic Marketing, 10(2), 589–605. https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2018-0080
Sansinova, R., Siregar, I. S. L., Sembiring, B. P., Atikah, B., & Wahyuni, D. (2023). Application of Balanced Scorecard Method in Measuring Halal Frozen Food Supply Chain Performance. 1125–1134. https://doi.org/10.46254/na8.20230290
Situmorang, J., Sembiring, R., & Sianturi, J. A. T. P. (2023). Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX (Maret 2023 – Agustus 2023). Jurnal Imu Manajemen METHONOMIX, 6, 1–13.
Urumsah, D., & Puspitasari, D. A. (2021). Influence of Halal Certification on Innovation and Financial Performance. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 11(3), 650–666. https://doi.org/10.22219/jrak.v11i3.17983
Zailani, S., Iranmanesh, M., Jafarzadeh, S., & Foroughi, B. (2020). The influence of halal orientation strategy on financial performance of halal food firms: Halal culture as a moderator. Journal of Islamic Marketing, 11(1), 31–49. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2018-0023
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.














