PENGARUH PROFESIONALITAS GURU DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI SEKOLAH TK AMANAH KABUPATEN GRESIK
Abstract
Pendidikan dipandang sebagai salah satu elemen fundamental dalam peningkatan mutu sumber daya manusia sekaligus pembangunan nasional. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tidak hanya bergantung pada rancangan kurikulum, melainkan juga dipengaruhi oleh kompetensi pendidik serta tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pengaruh profesionalisme guru dan kelengkapan fasilitas pendidikan terhadap mutu layanan di TK Amanah Kabupaten Gresik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian mencakup seluruh wali murid TK Amanah sebanyak 80 orang, dengan teknik sampling jenuh sehingga seluruh anggota populasi dijadikan partisipan. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert, sedangkan analisis data dilakukan melalui metode Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kompetensi profesional guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan pendidikan. Selain itu, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai juga terbukti berkontribusi secara signifikan dalam peningkatan mutu layanan sekolah. Oleh karena itu, sinergi antara kompetensi profesional pendidik dengan dukungan fasilitas pendidikan yang optimal mampu menciptakan suasana belajar yang lebih efektif efisien, serta menyenangkan. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas tenaga pendidik serta pengelolaan sarana prasarana secara berkelanjutan guna mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional.
References
Alifah, S. (2021). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN DARI NEGARA LAIN. Cermin : Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968
Kebudayaan, M. P. dan. (2007). Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://peraturan.bpk.go.id/Details/216118/permendikbud-no-24-tahun-2007
Nations, U. (1948). Universal Declaration of Human Rights. https://www.un.org/en/about-us/universal- declaration-of-human-rights
Panjaitan, R. S. (2023). PENGARUH PROFESIONALISME KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DENGAN VARIABEL PEMODERASI INSENTIF DI KANTOR CAMAT MEDAN AMPLAS KOTA MEDAN. Genta Mulia, 15(1), 401–408. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm
PERMENDIKBUDRISTEK. (2003). permendikbudristek-no-22-tahun-2023 tentang Srana Prasarana. https://peraturan.go.id/files/permendikbudristek-no-22-tahun-2023.pdf
PERMENDIKNAS. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Sarana Prasarana. https://peraturan.bpk.go.id/Details/216118/permendikbud-no-24-tahun-2007Nations, U. (1948). Universal Declaration of Human Rights.
PERMENDIKBUDRISTEK. (2003). permendikbudristek-no-22-tahun-2023 tentang Srana Prasarana.
PERMENDIKNAS. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Sarana Prasarana.
Utomo, P., Krisnanti, M., Zaman, K., Hendriawan, A., & Manan, A. (2022). The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction at Masagung Workshop During a Pandemic Covid 19: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Bengkel Masagung Dalam Masa Pandemi Covid 19. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 395–403.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.














