PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. HERSA INDUSTRI ELEKTRIK SURABAYA
Abstract
CV. Hersa Industri Elektrik Surabaya beroperasi sebagai perusahaan ritel, berfokus pada peralatan suara dan komponen terkaitnya. Perusahaan ini menghadapi persaingan signifikan dari pasar digital maupun toko fisik tradisional. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan metodologi penjualan tertentu. Pendekatan ini melibatkan pengelolaan stok perangkat audio dan komponen secara cermat, menjamin jumlah staf yang memadai, menyediakan harga yang kompetitif, dan menjaga standar kualitas layanan yang luar biasa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh layanan prima dan pendekatan penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan menyeluruhnya adalah untuk meningkatkan kinerja operasional CV. Hersa Industri Elektrik Surabaya. Penelitian ini menerapkan metodologi penelitian deskriptif dan verifikatif. Perekrutan partisipan dilakukan menggunakan rumus Slovin, menghasilkan ukuran sampel sebanyak 109 individu. Untuk menganalisis data yang dikumpulkan, teknik seperti analisis rentang skala dan analisis jalur digunakan, dengan bantuan perangkat lunak Smart PLS (Partial Least Squares). Hasilnya menunjukkan hubungan langsung dan signifikan secara statistik antara Kualitas Layanan (KL) dan Kepuasan Pelanggan (KP), yang dibuktikan dengan T-Statistik sebesar 2,430 dan P-Value sebesar 0,015. Selain itu, Strategi Penetapan Harga (SPH) menunjukkan pengaruh positif yang substansial terhadap Kepuasan Pelanggan (KP), sebagaimana dibuktikan dengan T-Statistik sebesar 2,219 dan P-Value sebesar 0,027. Varians residual diatribusikan pada variabel lain yang tidak tercakup dalam analisis khusus ini
References
Anggelica, A., & Meirisa, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Sherly Bridal Palembang. Mdp Student Conference, 2(2), 352–357. Https://Doi.Org/10.35957/Mdp-Sc.V2i2.4258
Anisa, S. T., Mustofa, M. T. L., Ahmad Ulil Albab Al Umar, Fitria, D., Pradani, Y. S., & Inawati, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.53625/Juremi.V1i1.65
David, S. E., & Juwita, R. (2023). Dampak Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Supermarket Diamond Palembang. Mdp Student Conference, 2(2), 365–370. Https://Doi.Org/10.35957/Mdp-Sc.V2i2.4263
Dayanti, P. K., Prabawati, N. P. A., & Supriliyani, N. W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirta Sewakadarma Kota Denpasar. Business And Investment Review, 1(5), 162–173. Https://Doi.Org/10.61292/Birev.V1i5.59
Dewi, T. F., & Mubarok, A. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(1), 69–94. Https://Doi.Org/10.24905/Permana.V16i1.352
Elvina, C., & Lestari, R. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Ichiban Sushi Di Palembang Trade Center. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(2), 128–141. Https://Doi.Org/10.35957/Prmm.V3i2.2315
Fiolina, T., & Elizabeth, S. M. (2023). The Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Chatime Pim. Mdp Student Conference, 2(2), 288–292. Https://Doi.Org/10.35957/Mdp-Sc.V2i2.4159
Fuadi, S., & Media, L. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Emosional Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Di Kota Metro. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 2(1), 153–160. Https://Doi.Org/10.24127/Diversifikasi.V2i1.1043
Gemina, D., Adawiyah, S. R., & Yulianingsih, Y. (2023). Kepuasan Pelanggan Memediasi Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal Of Management And Bussines (Jomb), 5(2), 1469–1483. Https://Doi.Org/10.31539/Jomb.V5i2.6860
Grace, E., Sinaga, O. S., Silalahi, M., Ambarita, M. H., & Simatupang, S. (2022). Harga Dan Kualitas Pelayanan Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Buletin Poltanesa, 23(1), 35–44. Https://Doi.Org/10.51967/Tanesa.V23i1.931
Hasmira, H., Guntur, M., Wafiqah Wardah, S. S., & Seppa, Y. I. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Pdam) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 61. Https://Doi.Org/10.26858/Jab.V3i1.58810
Hastono, H., & Diana, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Fasta Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Pepper Lunch Cabang Central Park Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah Perkusi, 1(2), 163. Https://Doi.Org/10.32493/J.Perkusi.V1i2.11030
Kurniawati, E. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Dimensi, 10(3), 647–664. Https://Doi.Org/10.33373/Dms.V10i3.3946
Mashuri, M. I., Jakaria, R. B., Sukmono, T., & Ismaputra, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (Study Kasus Di Cafe Wachito). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), 313. Https://Doi.Org/10.24014/Jti.V9i1.20433
Nurmala, L., Yusuf, A. S., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Pelayanan Driver Grab. Journal On Education, 5(2), 1950–1957. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.836
Pradnyana, I. D. P. R. W. (2022). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Po. Purnayasa. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(1), 46–58. Https://Doi.Org/10.32815/Jpro.V3i1.1016
Pranitasari, D., Fachroji, M., Syamsur, G., Suryono, D. W., & Abdoellah, M. N. (2022). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Media Manajemen Jasa, 10(2). Https://Doi.Org/10.52447/Mmj.V10i2.6620
Priwastyani, T., Fitriadi, B. W., & Pauzy, D. M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bakso Baturetno. Insight Management Journal, 3(1), 11–21. Https://Doi.Org/10.47065/Imj.V3i1.212
Rahman, A. R., & Hendarwan, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Seoul Korean Restaurant Di Palembang. Remik, 7(1), 769–774. Https://Doi.Org/10.33395/Remik.V7i1.12068
Ramadhani, W. A., & Prawoto, P. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Di Pintu Dua Coffee Tmii. J-Ceki : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 166–179. Https://Doi.Org/10.56799/Jceki.V3i1.1882
Ridho, M. N., & Irmawati. (2023). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Sate Kambing Pak Manto. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(2), 545–560. Https://Doi.Org/10.56521/Manajemen-Dirgantara.V16i02.1039
Safitri, A., Zahroh, F., Naufaliadi, R., Nugroho, R. T., Sofyan, M., Rahmawati, N. F., & Maulina, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Sofyan Frozen. Bussman Journal : Indonesian Journal Of Business And Management, 2(2), 470–478. Https://Doi.Org/10.53363/Buss.V2i2.99
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D Sugiyono. Penerbit Alfabet Bandung.
Utama, W. P., Andhika, B. R. D., Fahrian, A. R., & Luthfiyah, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Kenangan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbis), 3(2), 130–138. Https://Doi.Org/10.24034/Jimbis.V3i2.6291
Utomo, P. (2023). Analysis of the Influence of Digital Marketing and Service Quality on Organizational Culture at St. Catholic Hospital Vincentius a Paulo Surabaya City. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 6(3), 473–480.
Zatalini, A. S., & Sari, O. Y. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Transportasi Maxim Bike Di Kota Bandung. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6415–6423. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i8.2760
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.














