PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED ENJOYMENT DAN ATTITUDE TOWARD USING TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION TO USE FITUR PERSONAL COLOR WARDAH PADA KONSUMEN GENERASI Z
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerimaan teknologi di kalangan Generasi Z dalam industri kosmetik dengan studi kasus pada fitur Wardah Personal Color. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan berlandaskan kerangka Technology Acceptance Model (TAM), penelitian ini menguji sejauh mana persepsi mengenai kemudahan penggunaan, kegunaan, pengalaman menyenangkan, serta sikap terhadap penggunaan dapat memengaruhi niat perilaku konsumen dalam memanfaatkan fitur tersebut. Responden penelitian terdiri atas 100 orang Generasi Z yang telah mencoba fitur Wardah Personal Color, dipilih melalui teknik purposive sampling. Proses analisis data mencakup pengujian validitas dan reliabilitas kuesioner, dilanjutkan dengan uji asumsi klasik, serta analisis regresi linier berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa seluruh variabel independen menunjukkan pengaruh positif serta signifikan terhadap niat individu dalam menggunakan fitur. Artinya, suatu teknologi lebih mudah diterima apabila konsumen menilai bahwa fitur tersebut sederhana untuk dioperasikan, memberikan manfaat fungsional, menyenangkan ketika digunakan, dan didukung oleh sikap positif terhadap teknologi. Temuan ini tidak hanya memperkuat relevansi model TAM dalam menjelaskan penerimaan teknologi pada konteks pemasaran kosmetik berbasis digital, tetapi juga memberikan implikasi praktis bagi perusahaan. Bagi Wardah, hasil ini menegaskan pentingnya pengembangan fitur digital yang tidak hanya inovatif, tetapi juga selaras dengan kebutuhan, preferensi, dan pengalaman pengguna, khususnya Generasi Z sebagai segmen konsumen yang lebih adaptif terhadap teknologi.
References
Aulifin, A. S., & Dewi, A. S. (2022). Analisis Penerimaan Pengguna Shopeepay Sebagai Sistem Pembayaran Elektronik Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) Di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 138–152.
Darmawan, S., & Setyorini, R. (2020). Perilaku Konsumen Individu. ProBank : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 5(2), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.36587/probank.v5i2.729
Enu-Kwesi, F., & Opoku, M. O. (2020). Relevance of the technology acceptance model (TAM) in information management research: a review of selected empirical evidence. Pressacademia, 7(1), 34–44. https://doi.org/10.17261/pressacademia.2020.1186
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719
Hasibuan, I. A., Zen, M., & Fatmawati. (2024). Strategi Pemasaran Wardah Di Indonesia. Institercom, 2(2), 126–131.
Herlambang, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefullnes, dan Perceived Enjoyment terhadap Behavior Intention pada Aplikasi Digital Payment OVO [Universitas Hasanudin Makassar]. https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1296/
Hervilia, H., Singasatia, D., & M. Agus Sunandar. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(4), 401–410. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i4.750
Indarsin, T., & Ali, H. (2017). Attitude toward using m-commerce: The analysis of perceived usefulness perceived ease of Use, and perceived trust: case study in Ikens Wholesale Trade. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(11), 995–1007. https://doi.org/10.21276/sjbms.2017.2.11.7
Ismayanti, D. M., Sulityo, H. W., & Muharom, L. A. (2018). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Jember Berbasis Android Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dari Prespektif Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Jember, 1–14. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2404
Jam’an. (2020). Penerapan Teori Technology Acceptance Model dalam Perilaku Pengguna Teknologi Internet ( Studi Perilaku dalam Menerima Teknologi Internet ). Jurnal Manajemen Perbankan Keungan Nitro, 3(2), 73–85. https://doi.org/https://doi.org/10.56858/jmpkn.v3i2.32
Japarianto, E., & Anggono, Y. D. (2020). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Intention to Buy Dengan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi E-Commerce Tokopedia. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 1–9.
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Maria, V., & Sugiyanto, L. B. (2023). Perceived usefulness, perceived ease of use, perceived enjoyment on behavioral intention to use through trust. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.55324/ijoms.v3i1.702
Monica, F., & Japarianto, E. (2022). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Melalui Perceived Enjoyment Terhadap Behavior Intention Pada Digital Payment. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(1), 9–15. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.1.9-15
Muliadi, M. L., & Japarianto, E. (2021). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use terhadap Behavior Intention melalui Perceived Usefulness sebagai Media Intervening pada Digital Payment OVO. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 20–27. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.20
Natarajan, T., Balasubramanian, S. A., & Kasilingam, D. L. (2018). The moderating role of device type and age of users on the intention to use mobile shopping applications. Technology in Society, 53, 79–90. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2018.01.003
Pantano, E., Rese, A., & Baier, D. (2017). Enhancing the online decision-making process by using augmented reality: A two country comparison of youth markets. Journal of Retailing and Consumer Services, 38, 81–95. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.05.011
Pressman, L. (2022). Fashion Color Trend Report : Spring/Summer 2023. https://www.pantone.com/articles/fashion-color-trend-report/new-york-fashion-week-spring-summer-2023
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif : penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen (1st ed.). Deepublish.
Saleem, M., Kamarudin, S., Shoaib, H. M., & Nasar, A. (2021). Retail Consumers’ Behavioral Intention to Use Augmented Reality Mobile Apps in Pakistan. Journal of Internet Commerce, 21(4), 497–525. https://doi.org/10.1080/15332861.2021.1975427
Schorr, A., & Gorovoj, A. (2023). Acceptance of Digital Technology Among Male and Female University Students: With a Focus on STEM Students. Journal of Humanities, Arts and Social Science, 7(9), 1901–1918. https://doi.org/10.26855/jhass.2023.09.036
Septiani, A. D., Ariningsih, E. P., & Prasaja, M. G. (2024). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease Of Use Terhadap Behavioral Intention To Use dengan Attitude Toward Using sebagai variabel Intervening. Journal Volatilitas, 6(5), 25–40.
Shafwa, A. N. B., & Kumalasari, A. D. R. (2024). Penggunaan Virtual Try-On: Pengaruh Enjoyment dan Innovativeness pada Niat Beli Kosmetik Online. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(1), 595.
Subagio, H., & Jessica, J. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Subjective Norm, dan customer Experience terhadap Intention to Use MyTelkomsil (Studi kasus pada Mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D (2nd ed.). Alfabeta.
Whang, J. Bin, Song, J. H., Choi, B., & Lee, J. H. (2021). The effect of Augmented Reality on purchase intention of beauty products: The roles of consumers’ control. Journal of Business Research, 133(May), 275–284. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.057
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.














