PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI WISATA ALAM GUNUNG PAPANDAYAN GARUT
Abstract
Studi ini dilaksanakan untuk menelusuri sejauh mana peran media sosial dan komponen daya tarik wisata berdampak terhadap keputusan wisatawan dalam mengunjungi destinasi wisata alam Gunung Papandayan di Garut. Pendekatan yang digunakan terdiri atas metode deskriptif guna menggambarkan situasi di lapangan secara faktual, serta metode verifikatif untuk menguji hubungan antar variabel yang diteliti. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung dan penyebaran kuesioner berbasis skala Likert. Proses analisis dilakukan dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) melalui pendekatan Partial Least Squares (PLS), menggunakan software SmartPLS versi 3. Sebanyak 100 responden, yang merupakan pengunjung TWA Gunung Papandayan dan dipilih dengan teknik accidental sampling, berpartisipasi dalam penelitian ini. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa media sosial dan daya tarik wisata sama-sama berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan berkunjung wisatawan, dengan persepsi responden terhadap ketiga variabel berada pada kategori baik.
References
Ariyani, R. M., Dhameria, V., & Suyitno. (2022). Pengaruh daya tarik wisata dan promosi media sosial terhadap minat berkunjung kembali wisatawan di Waduk Setu Patok Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan (JPEKA), 6(2), 133–
147. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p133-147
Bogdadi, F., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2024). Pengaruh postingan media sosial dan fasilitas wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan (Survei pada pengunjung wisata Goba Molunow Kabupaten Bolaang Mongondow Timur). Jurnal EMBA, 12(4), 886–896.
Bulan, T. P. L., Junaida, E., & Maitama, M. H. (2021). Daya tarik wisata, motivasi dan keputusan berkunjung di objek wisata Pantai Berawe. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 115–125.
Hasan, A., & Setiyaningtiyas, N. W. (2015). Pengaruh electronic word of mouth pada media sosial Facebook terhadap keputusan berkunjung ke desa wisata Nglanggeran Gunungkidul. Jurnal Media Wisata, 13(1).
Illah, A. N., Sularso, R. A., & Irawan, B. (2022). Pengaruh citra destinasi dan e-WoM di media sosial Instagram serta persepsi konsumen terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata B29 di Kabupaten Lumajang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(X), 164–XXX.
Indriani, J., & Kuswoyo, C. (2017). Pengaruh city branding pada city image dan keputusan berkunjung wisatawan ke Kabupaten Purwakarta. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 41–52. https://journal.maranatha.edu/jmm
Jannah, R., Rohman, N., Kiswantoro, A., Hayatri, M. A. S., & Ashartono, R. (2023). Pengaruh media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(2).
Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran (13th ed., Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Maulidiyah, I. A., & Fathor, A. S. (2024). Peran media sosial dan citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan melalui keputusan berkunjung pada desa wisata Kabupaten Sampang. Jurnal Bina Manajemen, 12(2), 83–105.
Prakoso, B. D., & Marlena, N. (2020). Pengaruh city branding dan media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung di Lumpur Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 632–643.
Pratama, A. D., & Kusuma, H. (2020). Daya tarik wisata dan pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Jurnal Kajian Kepariwisataan Indonesia.
Purnama, A., Adiatma, D., & Rukma, D. F. S. (2024). Pengaruh Instagramable, memorable tourist experience dan destination image pada revisit intention di Pantai Sayang Heulang Kabupaten Garut. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(3), 2233–2238. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i3.5569
Putri, E. S., Mariyanti, E., & Putri, S. L. (2021). Pengaruh electronic word of mouth media sosial Instagram, atribut produk wisata dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Kota Padang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 23(2), 319– 334.
Rayhand, R. P. A., Susanti, R., & Rahmat, H. K. (2023). Media sosial dan pengaruhnya terhadap minat berkunjung wisatawan di Kawasan Wisata Chinangkiak Dreampark Solok Sumatera Barat. Jurnal ALTASIA, 5(1).
Rokhayah, E. G., & Andriana, A. N. (2021). Pengaruh daya tarik wisata, fasilitas, dan aksesibilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata (JKTP), 2(1), 1–12. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.43
Solis, B. (2015). Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success On The Web. New Jersey: John Wiley & Sons.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi.
Yuliana, R., & Hidayat, S. (2021). Daya tarik wisata dan preferensi wisatawan dalam memilih destinasi. Jurnal Pariwisata dan Perhotelan Indonesia.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.