PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN LIVE STREAMING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN GEN-Z PADA SKINCARE DI MARKET PLACE SHOPPE
Abstract
Meningkatnya minat konsumen terhadap produk perawatan kulit, terutama di kalangan Generasi Z, telah mendorong ekspansi industri kecantikan Indonesia yang signifikan. Generasi ini terkenal aktif di media sosial dan mempunyai kesadaran tinggi terhadap penampilan serta nilai-nilai personal. Riset ini bermaksud guna menganalisis dampak celebrity endorser dan live streaming pada minat beli skincare Generasi Z di Marketplace Shopee. Riset ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam riset ini adalah Gen Z pengguna skincare. Sampel dipilih menggunakan metode nonprobability sampling yaitu purposive sampling, yang memiliki kriteria tertentu, melibatkan 140 responden dengan kriteria responden pengguna skincare berdomisili Jawa Timur dan merupakan Generasi Z (1995-2012). Data dikumpulkan melalui survei daring dan dianalisis menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 31. Penelitian ini mencakup pengujian seperti pengujian instrumen data, pengujian asumsi klasik, analisis hipotesis, dan pengujian regresi. Hasil riset menyatakan bahwa secara parsial, celebrity endorser dan live berpengaruh signifikan terhadap minat beli skincare Generasi Z di marketplace shopee Jawa Timur. Hasil ini membantu menciptakan taktik pemasaran yang lebih sukses, khususnya pemanfaatan figur publik dalam minat beli konsumen Generasi Z di Marketplace Shopee.
References
Augusty, F. (2006). Metode penelitian Manajemen, pedoman penelitian untuk penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi ilmu Manajemen, Badan penerbit Universitas Diponegoro.
Augusty, F. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Badan penerbit Universitas Diponegoro.
Andriani, R. dkk. (2025). Pengaruh E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Desa Sidokepung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi) Vol. 9 No.2. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5722
Erdiansyah, R., & Wijaya, W. (2023). the Influence of Celebrity Endorsers and Online Consumer Reviews on Purchase Decisions for Scarlett Whitening Skincare. International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(1), 662–669. https://doi.org/10.24912/ijassh.v1i1.25925
Janie, D. N. A. (2012). Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan SPSS. Semarang University Press.
Kaemong, R. C., Arifin, M., & Muhammad, F. (2023). Penyebab Pengaruhnya Pertumbuhan Pasar Indonesia Terhadap Produk Skin Care Lokal Pada Tahun 2022. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(12), 1390–1396. https://doi.org/10.55681/armada.v1i12.1060
Kotler. P., & keller. K. I. (2009). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid I. Erlangga
Lutfiyyah, Nisriina& Kartika Imasari T. (2025). Pengaruh Live Streaming dan Diskon Terhadap Minat Beli Konsumen. JIM: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol. 4, No. 2, Juni 2025. https://doi.org/10.38035/jim.v4i2
McCracken, G. (1989). Who is the Celebrity Endorser? Cultural Foundations of the Endorsement Process. Journal of Consumer Research, 16(3), 310. https://doi.org/10.1086/209217
Nelson, O., & Deborah, A. (2017). Celebrity endorsement influence on brand credibility: A critical review of previous studies. Online Journal of Communication and Media Technologies, 7(1), 15-32. https://doi.org/10.29333/ojcmt/2577
Nguyen, N. (2021). The influence of celebrity endorsement on young Vietnamese consumers' purchasing intention. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 951–960. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.951
Putri, N. F., Hayuningtias, K. A. (2024). Application of the theory of planned behavior on purchasing intentions of halal skincare products among gen z. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(2), 3610-3618. https://doi.org/10.31539/costing.v7i2.8530
Ramadhani, A., & Insani, N. (2023). Celebrity Endorsements and Brand Attitudes Toward Buying Interest. International Journal of Social Science and Business, 7(2), 305–312. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i2.47383
Salmaningrum, Dewi, dkk. (2024). Program Live Streaming Terhadap Minat Beli Konsumen pad E-Commerce Shopee. J-CEKI: Jurnal Cendikia Ilmiah, Vol. 03, No. 6, Oktober 2024.
Sari, D. M. F. P., Ardanamesti, A. S. R., Pika, P. A. T. P., & Megawati, I. A. P. (2024). Perilaku brand switching konsumen remaja perempuan produk skincare di Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi & Akuntansi (MEA), 8(1), 1561-1575. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3873
Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen, Edisi Revisi. Prenada Media Group.
Sholikha, A., Rahmi, M., & Ekonomi, F. (2024). Pengaruh Trend Fashion, Halal Lifestyle, dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Hijab Generasi Z di DKI Jakarta. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 8(2), 82-90. https://doi.org/10.31294/eco.v8i2.21762
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syarifah, I., Aziz, A., & Lisdiantini, N. (2022). Pengaruh Soft Selling dalam Media Sosial Instagram dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian. Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 6(1), 48-56. http://jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/view/5247/2845
Ummah, H. F., & Fikriyah, K. (2024). PENGARUH HALAL LIFESTYLE DAN PRODUCT BUNDLING TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN MEDIASI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE HALAL (Studi Kasus Masyarakat Muslim di Jawa Timur). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 7(2), 189–206. https://doi.org/10.26740/jekobi.v7n2.p189-106
Utami, D. S., & Harsoyo, T. D. (2024). Pengaruh Country of Origin , Brand Image , Electronic Word of Mouth , dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare Somethinc. Journal of Indonesian Economic Research, 2(1), 30–44. https://doi.org/10.61105/jier.v2i1.94
Wasis, (2008). Pedoman riset praktis untuk profesi perawat. EGC.
Wijanarko, Z. S., & Muttaqin, A. A. (2023). Analisis Pengaruh Halal Awareness, Harga, Pendapatan, dan Religiusitas Terhadap Konsumsi Skincare Lokal (Studi Pada Gen-Z Muslim Kota Surabaya). Islamic Economics and Finance in Focus, 2(3), 558-572. https://doi.org/10.21776/ieff.2023.02.03.15
Zakari, M., Dogbe, C. S. K., & Asante, C. (2019). Effect of celebrity endorsement on telecommunication companies’ reputation: The moderating role of celebrity characteristics. Management Research Review, 42(12), 1297–1314. https://doi.org/10.1108/MRR-12-2018-0470
https://ekonomi.republika.co.id/berita/qp56dc396/industri-kosmetik-tumbuh-signifikan-walau pandemi-covid-19, di akses pada kamis 22 Mei 2025.
https://jakartaglobe.id/business/indonesia-has-the-potential-to-become-a-key-player-in-the-global-halal-industry, di akses pada kamis 22 Mei 2025.
https://www.statista.com/topics/3137/cosmetics-industry/#topicOverview, di akses pada kamis 22 Mei 2025
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.