PERAN PERCEIVED IMAGE DAN TRUST BEAUTY INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK OLEH GEN-Z

  • Callysta Natasha Wijaya Universitas Surabaya, Surabaya
  • Mintarti Ariani Universitas Surabaya, Surabaya

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh beauty influencer di aplikasi TikTok terhadap keputusan keputusan untuk melakukan pembelian produk kosmetik oleh kalangan Gen-Z. Dengan semakin populernya TikTok sebagai platform pemasaran, beauty influencer memainkan peran penting dalam membentuk preferensi dan perilaku konsumen. Metode yang digunakan adalah regresi, dengan pengumpulan data secara survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden wanita yang aktif menggunakan TikTok. Hasil analisis menunjukkan bahwa Perceived Credibility dan Brand Attitude tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention, sementara Perceived Image dan Trust terbukti berpengaruh signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa citra positif dan tingkat kepercayaan yang dimiliki oleh influencer memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian kosmetik oleh Gen-Z. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pemasar dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif melalui TikTok dengan memanfaatkan influencer yang memiliki citra baik dan dipercaya oleh audiens.

References

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Angelica, C., Anjani, F., Tercia, C. Y., & Murniadi, K. (2020). Studi Hubungan Kredibilitas Influencer, Parasosial, Nilai Merek, dan Niat Pembelian Produk Kosmeti. Kajian Branding Indonesia, 2.
Apsari, A., & Maulana, A. (2024). Pengaruh Beauty Influencer Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Make Over Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10499134
Ayu, G., Arsinta, P., & Purnami, N. M. (2015). Peran Persepsi Nilai Dalam Memediasi Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Pada Niat Beli Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(2), 123–134.
Jin, S.-A. A., Muqaddam, A., & Ryoo, E. (2019). Instafamous and Social Media Influencer Marketing. Marketing Intelligence & Planning.
Kothari, C. R. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques (2nd ed.). New Age International Publishers.
Lili, N. A., Niswaty, R., Baharuddin, A., Akib, H., & Nur, A. C. (2022). Peran Influencer, Viral Marketing, dan Citra Merek dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal pada Followers Instagram @Somethincofficial. Jurnal Ekonomektriks (Ekonomi, Manajemen, Akuntansi), 5.
Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising.
Masitoh, S., & Adjid, M. W. M. (2021). Pengaruh influencer marketing terhadap kinerja pemasaran. JurPC, 1(4), 5–5. https://doi.org/10.7328/jurpcb2021369126
Maslow, A. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4).
Neuman, W. L. N. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Pearson.
Nurdin, S., & Wildiansyah, V. (2021). Peran Mediasi Citra Merek Pada Hubungan Antara Electronic Word of Mouth (E-Wom) Oleh Beauty Vlogger Dan Minat Beli Produk Kosmetik. Jurnal Sain Manajemen, 3(1), 11. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 92–108. https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.329
Ohanian, R. (1990). Construction and Validation of a Scale to Measure Celebrity Endorsers’ Perceived Expertise, Trustworthiness, and Attractiveness. Journal of Advertising, 19.
Permana, R. A. M., & Astuti, B. (2023). Pengaruh Review Beauty Influencer Terhadap Niat Beli Produk Pada Media Sosial YouTube. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(3), 290–304. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i3.276
Rasyid, R. A., & Karya, D. F. (2021). PERAN CONSUMTIVE LIFESTYLE , BEAUTY VLOGGER , BRAND IMAGE , BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK KOREA ( INNISFREE ) DI SURABAYA. 269–282.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior. Prentice Hall.
Schivinski, B., & Dąbrowski, D. (2016). The Effect of Social Media Communication on Consumer Perceptions of Brands. Journal of Marketing Communications.
Siyamto, Y. (2023). Pengantar Ekonomi Mikro.
Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (9th ed.).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Supriyanto, A., Chikmah, I. F., Salma, K., & Tamara, A. W. (2023). Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee: Menguntungkan yang Mana. BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1.
Tapscott, D. (2014). The Digital Economy: Rethinking Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence (20th Anniversary Edition).
Varian, H. R. (2010). Computer Mediated Transactions. American Economic Review, 100.
Veirman, M. De, Cauberghe, V., & Hudders, L. (n.d.). Marketing Through Instagram Influencers: The Impact of Number of Followers and Product Divergence on Brand Attitude. International Journal of Advertising.
Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). the Effect of Beauty Influencer, Lifestyle, Brand Image and Halal Labelization Towards Halal Cosmetical Purchasing Decisions. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 5(2), 168. https://doi.org/10.20473/jebis.v5i2.14704
Published
2025-10-05
How to Cite
Wijaya, C., & Ariani, M. (2025). PERAN PERCEIVED IMAGE DAN TRUST BEAUTY INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK OLEH GEN-Z. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(3), 973-988. https://doi.org/10.31955/mea.v9i3.6331
Section
Articles