PENGARUH HUMAN CAPITAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DALAM ETIKA BISNIS ISLAM

STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII70 TAHUN 2019-2024

  • R. Dea Laura Oksanda Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Dinda Fali Rifan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Siska Yuli Anita Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Abstract

Penelitian ini akan menganalisis perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) dari tahun 2019 hingga 2024 untuk mengetahui bagaimana human capital, pertumbuhan penjualan, serta kinerja keuangan mempengaruhi nilai perusahaan. Dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya, 60 sampel dikumpulkan melalui sampling purposif. Metode analisis dipergunakan studi ini ialah regresi. Menurut studi ini, human capital, pertumbuhan penjualan, serta kinerja keuangan semuanya mempunyai dampak negatif atas nilai perusahaan. Sementara itu, temuan studi menggambarkan nilai perusahaan dipengaruhi human capital, pertumbuhan penjualan, serta kinerja keuangan bersamaan.

References

Adyaksana, R. I., Umam, M. S., & Singgangsari, C. M. (2023). PENGARUH KINERJA KEUANGAN, HUMAN CAPITAL, DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 7(2), 265–277. https://doi.org/10.29303/jaa.v7i2.185
Amin Wibowo. (2020). corporate Strategy: Konsep dan Praktik.
Cut Laura, Y. F. N. E. A. (2023). KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN: INTELLECTUAL CAPITAL, SUSTAINABILITY REPORT, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE. 8.
Dinda Fali Rifan, K. A. A. W. (2015). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Listing di BEI Tahun 2010-2013). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 20(3), 371–389.
Dyah Ayu Kusumaningrum, Amalia Nuril Hidayati, & Muhammad Alhada Fuadilah  Habib. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Pertumbuhan  Penjualan, Earning Per Share (EPS) dan Ukuran Perusahaan  Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor  Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun  2016-2020). https://doi.org/10.37531/yume.vxix.454
Fuadli, D. K., & Padmantyo, S. (2024). PENGARUH E-COMMERCE DAN SISTEMINFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA KEUANGANUMKMDIDESA SIDOKEPUNG. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(2), 38–51. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/4102
Ihyaul Ulum. (2017). INTELLECTUAL CAPITAL: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan& Kinerja .
Imawan, R. (n.d.). PENGARUH PROFITABILITAS, KEBIJAKAN HUTANG DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN RITEL DI BEI Triyonowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Iwan Sukoco. (n.d.). Fungsi Public Relations Dalam Menjalankan Aktivitas Corporate Social Resposibility. 4.
Kero, C. A., & Bogale, A. T. (2023). A Systematic Review of Resource-Based View and Dynamic Capabilities of Firms and Future Research Avenues. In International Journal of Sustainable Development and Planning (Vol. 18, Issue 10, pp. 3137–3154). International Information and Engineering Technology Association. https://doi.org/10.18280/ijsdp.181016
Mawar Sharon R. Pantow, S. M. I. T. (2015). ANALISA PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, RETURN ON ASSET, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI INDEKS LQ 45. ANALISA PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, RETURN ON ASSET, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI INDEKS LQ 45, 3.
Mei Yuniati, K. R. A. O. (2016). PENGARUH KEBIJAKAN DEVIDEN, KEBIJAKAN HUTANG PROFITABILITAS DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2014. PENGARUH KEBIJAKAN DEVIDEN, KEBIJAKAN HUTANG PROFITABILITAS DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2014, 2.
Mustafid, A., & Sutandijo, S. (2023). Pengaruh Peghindaran Pajak, Pertumbuhan Penjualan dan Tanggungjawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. InFestasi, 19(2), 125–133. https://doi.org/10.21107/infestasi.v19i2.21805
Ningrum Lestari. (2022). Kemasan Unilever, Indofood dan Mayora Terbukti Mencemari 11 Titik Pantai di Indonesia.
Nur Elisa, S. (n.d.). Lailatul Amanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Rezi Septia Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Jl Hamka Kampus Air Tawar Padang, E. (n.d.). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan.
Siska Yuli Anita. (2022). ANALISIS PERAN GAYA KEPEMIMPINAN, PELATIHAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN . ANALISIS PERAN GAYA KEPEMIMPINAN, PELATIHAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN , 9.
Sunto, J. F., & Petronila, T. A. (n.d.). INTELLECTUAL CAPITAL DAN PENGARUHNYA PADA NILAI PERUSAHAAN.
Taufik Hidayat, Edi Triwibowo, & Novel Vebrina Marpaung. (n.d.). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KINERJA KEUANGAN  TERHADAP NILAI PERUSAHAAN.
Wahyu Pramesti. (2017). Analisis Pemeringkatan Sukuk: Perspektif Keuangan. Analisis Pemeringkatan Sukuk: Perspektif Keuangan, 5.
Yulia Agustin, S., & Urip Wahyuni, D. (n.d.). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Yulimtinan, Z., Program, ), Akuntansi, S., Bank, S., Jateng, B., Atiningsih, S., & Author, C. (2021). LEVERAGE UKURAN PERUSAHAAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. BALANCE : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS, 6(1), 69–82. http://jurnal.um-palembang.ac.id/balance
Published
2025-09-25
How to Cite
Oksanda, R. D. L., Rifan, D. F., & Anita, S. Y. (2025). PENGARUH HUMAN CAPITAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DALAM ETIKA BISNIS ISLAM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(3), 672-692. https://doi.org/10.31955/mea.v9i3.6291
Section
Articles