PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG BERAS BATANG GADIS DI AGEN S. RIYADI MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Wawan Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit
  • Koko Safitri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang beras batang gadis di Agen S. Riyadi melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dimana pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Agen S. Riyadi dan 53 orang diambil sebagai sampel serta di uji dengan alat uji validitas, uji reliabilitas, uji mediasi serta uji hipotesis dengan bantuan program WarpPLS versi 3.0.

Hasil Uji Hipotesis dalam penelitian ini untuk variabel Kualitas produk (X1) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Z) dengan path Coefficients bernilai positif 0,93 dengan nilai P values <0,001 lebih kecil dari 0,05 dan R- Square bernilai 0,87 itu berarti Kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan besar pengaruhnya sebesar 87%. Hasil Uji hipotesis untuk variabel Harga (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Z) dengan Nilai Path Coefficients bernilai positif 0,83 dengan nilai p values <0,001 lebih kecil dari 0,05 dan R-Square bernilai 0,78 itu berarti Harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan besar pengaruhnya sebesar 78%. Hasil uji hipotesis Variabel kepuasan konsumen (Z) terhadap minat beli ulang dengan nilai path coefficients bernilai positif 0,98 dengan nilai P-values <0,001 lebih kecil dari 0,05 dan R-Square bernilai 0,97 hal ini berarti kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, dengan besar pengaruhnya sebesar 97%.

References

Ardhanari, Margaretha. 2008. Customer Satisfaction Pengaruhnya terhadap Brand Preference dan Repurchase Intention Private Brand. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol. 8, No. 2
Assauri, 2012. Strategic Marketing. Cetakan satu. Edisi satu. RajaGrafindo Persada. Depok
Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru
Abdul, Kadir. 2001. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: C.V Andi Offset
D. Durianto, dan Liana. C, (2004). Analisi efektivitas iklan televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumen decision model, Jurnal Ekonomi Perusahaan,Vol.11 (no.1): 35-55
Hair et. al,. 2013. A primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM)
Hawkins, del I., Mothersbaugh, David L., and Best, Roger J. (2007). Consumer Behavior, 10th Edition. Mc Graw Hill Australia.
Husein, Umar. 2005. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Iskandar, Andreas., Innocentius, Bernarto. 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan Restoran Platinum Lippo Karawaci Terhadap Loyalitas Pelanggan : Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. DeReMa Jurnal Manajemen, Vol. 2, No. 2, h.143-160
Ghozali, Imam. 2011. AplikasiAnalisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Cetakan VI. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta
M. Ghassani, and S. Suryoko, "PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG BANDENG JUWANA VACCUM MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PELANGGAN PT. BANDENG JUWANA ELRINA SEMARANG)," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 6, no. 4, pp. 311-319, Aug. 2017
Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2002. Perilaku konsumen dan strategi pemasarann. Terjemahan. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Swastha, Basu dan Irawan. 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran Edisi 1. Yogyakarta : Andi
Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2019-12-23
How to Cite
Setiawan, W., & Safitri, K. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG BERAS BATANG GADIS DI AGEN S. RIYADI MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(3), 223-231. https://doi.org/10.31955/mea.v3i3.628