PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SKINCARE KOERX GORJES

  • Tania Adeline Anabella Universitas Ciputra Surabaya
  • Cliff Kohardinata Universitas Ciputra Surabaya

Abstract

Sektor kecantikan sedang naik daun dan memiliki basis penggemar yang besar.  Sebagai hasilnya, bisnis kecantikan telah melihat pertumbuhan perusahaan baru dan peningkatan tajam dalam daya saing.  Oleh karena itu, sangat penting bagi bisnis untuk memiliki kemampuan dan rencana yang kompetitif untuk memastikan kelangsungan hidup mereka.  Periklanan adalah salah satu taktik tersebut.  Perawatan kulit Koerx Gorjes adalah salah satu merek kosmetik yang bersaing di pasar ini.  Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dari perusahaan lain, perawatan kulit KOERX menggunakan metode pemasaran seperti menggunakan pendukung selebriti.  Dengan citra merek sebagai variabel mediasi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari celebrity endorser terhadap keputusan pembelian.  Dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS, pendekatan Partial Least Squares digunakan.  Kami menggunakan metode Hair untuk menghitung ukuran sampel, dan kami menggunakan purposive sampling untuk melakukan pengambilan sampel.  Kuesioner yang menggunakan skala Likert digunakan untuk pengumpulan data.  Survei ini disebarkan secara online dengan menggunakan Google Formulir, yang dibagikan melalui saluran media sosial KOERX.  Jumlah pasti orang yang membeli produk KOERX Gorjes di masa lalu tidak diketahui, tetapi mereka membentuk populasi dalam penelitian ini. Dua ratus sepuluh partisipan menjadi sampel penelitian ini.  Kami menggunakan metode Hair untuk menentukan ukuran sampel, dan kami menggunakan pengambilan sampel yang disengaja.  Menurut temuan penelitian ini, terdapat hubungan yang kuat antara celebrity endorser dan citra merek, yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa celebrity endorser secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian melalui citra merek.

References

A. Sola, Ogunsiji., 2022. The Impact of Celebrity Endorsement on Strategic Brand Management, Internasional Journal of Business and Social Science, Volume 3, Number 6.
Abedniya, Abed, Bardia Yousef Hakimi, dan Majid Nokhbeh Zaeim., 2011. Investigate the Impact of Celebrity Endorsement on Brand Image. (http:www.eurojournals.com, diakses 28 Januari 2013)
Agustina, F., & Tiarawati, M. (2023). The Influence of Celebrity Endorsers on Shampoo Purchase Decisions Through Brand Image as an Intervening Variable (Study on Clear Women Shampoo). International Journal of Economics, Management, Business, and Social Science (IJEMBIS), 3(3) : 519-530.
Ajzen, I., Joyce, N., Sheikh, S., & Cote, N. G. (2011). Knowledge and the prediction of behavior: The role of information accuracy in the theory of planned behavior. Basic and applied social psychology, 33(2), 101-117.
Angga Sulistiono. 2021. Analisis Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Jupiter MX (Effect of Television Advertisement to Purchasing Decision). Jurnal Ilmiah Kesatuan Nomor 1 Volume 14, April 2021.
Annissa, A., & Paramita, E. (2021). Brand Promotion: The Effects of Celebrity Endorsement and Brand Image on Consumer Buying Decision. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(1), 82-90. doi:https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5413
Ansori, Isa. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser Iklan Sunsilk Terhadap Pembentukan Brand Image. Skripsi Fakultas Ekonomi Negeri Malang. Malang.
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.
Arista, E. Desi dan Triastuti, Rahayu Sri. 2020. Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, Dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen, Jurnal ISSN 1693-928X, hal 37-45.
Armi, B Swasti., Haryanto, J Oktavianto. 2020. Pengaruh Iklan, Produk Heritage dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen: EKOBIS Edisi Juli Vol.14, No.2, Hal 115-135.
Cameliana, K & Rizqi, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Skin Care di Kalangan Remaja. Jurnal Ekonomi. Universitas Pembangunan Jaya
Compas. (2022, April 22). 10 Brand Skincare Lokal Terlarisdi Online Marketplace. Retrieved from https://compas.co.id/: https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/
Dewa, C. B. (2018). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian wisatawan Yogyakarta pada produk oleh-oleh Jogja Scrummy. Jurnal Manajemen, 8(1), 1-9.
Dewi, N. P. N. T., & Ekawati, N. W. (2021). The Role of Brand Image Mediated The Effect of Celebrity Endorser’sCredibility on Purchase Decisions for Vivo Smartphone in Denpasar. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR, 5 (2). http://www. ajhssr. com.
Dewi, P. A. I. P., and Purnami, N. M.). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity endorser credibility Terhadap Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 2019, 4841- 4870
Erdogan, B.Z., Baker, M.J. and Tagg. :Selecting celebrity endorsers:The practitioner's perspective. Journal of Advertising Research.2021.
Erfgen, Carsten. 2021. Impact of Celebrity Endorsement on Brand Image: A Communication Process Perspective on 30 Years of Empirical Research. University of Hamburg. Belanda.
Firdausi, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap minat beli dengan Brand Credibility sebagai Variabel Intervening: Studi kasus pada pengguna smartphone Oppo di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Firmansyah, I., & Mahfudz, M. (2023). The Effect of E-Service Quality and Brand Image on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as a Mediation Variable. Journal of Business Social and Technology, 4(2), 163-173.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 5.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 5.
Hadiallah, S., & Undang Juju, S. E. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Mustika Ratu (Survei Pada Mahasiswa Feb Unpas Pengguna Kosmetik Mustika Ratu) (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpas Bandung).
Hakimi et al. 2021. Investigate the Impact of Celebrity Endorsement on Brand Image. Euro Journals Publishing, Inc. European Journal of Scientific Research ISSN 1450-216X Vol.58 No.1, pp.116-132.Diakses pada 11 Februari 2013. Terarsip di : http://connection.ebscohost.com/c/articles/70237153/investigate-impactcelebrity-endorsement-brand-image
Hardjanti, Adiati dan H.Siswanto. 2023. Pengaruh Dimensi Endorser Credibility Dan Brand Credibility Terhadap Dimensi Consumer-Based Brand Equity. ISSN 2337-6686. Jurnal Ilmiah Widya Vol.2 No.3.
Inkiriwang, M. V., Ogi, I. W. J., & Woran, D. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Pinky Kitty Shop Tondano. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 587-596.
Juliana, J.,. (2019). HALAL COSMETICS IN THE EYES OF MILLENNIAL MUSLIMS: FACTOR ANALYSIS OF HALAL LABELS AND CELEBRITY ENDORSERS. Jurnal Ekonomi & Bisnis Islam, 8(2).
Khan, A., & Lodhi, S. (2016). Influence of celebrity endorsement on consumer purchase decision: A case of Karachi. Imperial Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 102-111.
Kohardinata, C. (2011, February). Peranan Internet Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Prosiding, Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIII–5 February 2011–ISBN: 978-602-97491-2-0–Program studi MMT-ITS.
Komala, J A., Ekowati, T., and Budiyanto. Pengaruh Celebrity endorser credibility Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Image (Studi pada Konsumen Wardah di Purworejo). Jurnal Manajemen Bisnis, 13(2), 2017, 1-16.
Komala, J A., Ekowati, T., and Budiyanto. Pengaruh Celebrity endorser credibility Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Image (Studi pada Konsumen Wardah di Purworejo). Jurnal Manajemen Bisnis, 13(2), 2017, 1-16
Kurniawan, T., Rizallulhaq, L., & Samoedra, A. D. (2020). The influence of brand image, product attributes, and price on customer satisfaction during the COVID-19 pandemic. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(10), 3788-3799.
Laksana, R.Tiara dan E.L. Wijaya. 2021. Pengaruh Karakteristik Celebrity Endorser Dalam Iklan Televisi Bank Danamon Terhadap Brand Awereness Masyarakat Surabaya. Skripsi UKP. http://incuvl.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=21320
Marselina, D., & Siregar, E. H. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Brand Image pada Kosmetik Wardah di Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 8(1), 15-27.
Marselina, D., & Siregar, E. H. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Brand Image pada Kosmetik Wardah di Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 8(1), 15-27.
Mentari, S., Wafaretta, V., & Nuraini, U. (2017). Attitude and perception towards Sharia insurance product. International Journal of Business and Commerce, 6(5), 11-23.
Mittal, M. (2017). Impact of celebrity endorsements on advertisement effectiveness & purchase decision among youths. Internation Journal of Marketing and Business Communication, 6(4), 17-27.
Ningrat, S., & Yasa, N. N. K. (2019). The effect of advertising and celebrity endorsement on purchase intention with brand awareness as intervening variable. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 3(10), 221-231.
Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2019). Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek pada kosmetik Wardah di kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(2)
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Published
2025-09-20
How to Cite
Anabella, T., & Kohardinata, C. (2025). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SKINCARE KOERX GORJES. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(3), 440-464. https://doi.org/10.31955/mea.v9i3.6277
Section
Articles