PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP EKONOMI DIGITAL PADA BANK SWASTA DI KAB. GARUT
Abstract
Dunia industri saat ini sedang mengalami Revolusi Industri Keempat, yang dimulai di Jerman pada tahun 2011, ditandai dengan integrasi teknologi cyber dan otomatisasi yang mengurangi keterlibatan manusia dalam proses kerja dan meningkatkan efisiensi. Evolusi ini berdampak signifikan pada sektor perbankan, khususnya di Indonesia, di mana bank-bank swasta di Garut mengadopsi teknologi digital untuk memasarkan layanan mereka. Perbankan digital muncul sebagai solusi atas permasalahan perbankan tradisional yang memakan waktu. Data menunjukkan pertumbuhan jumlah pemegang rekening tabungan dan pengguna internet banking serta mobile banking antara tahun 2014 dan 2018, meskipun pemanfaatan internet untuk layanan perbankan masih rendah dibandingkan dengan penggunaannya untuk pencarian harga. Banyak lembaga keuangan masih mengandalkan perangkat keras, sehingga mengharuskan peralihan ke aplikasi berbasis internet. Disrupsi digital memaksa bank untuk mengintegrasikan strategi digital ke dalam operasional mereka, dengan laporan yang menunjukkan bahwa teknologi digital menjadi krusial bagi perbankan pada tahun 2018. Namun, tantangannya terletak pada integrasi layanan fisik dan digital untuk meningkatkan kinerja. Dampak implementasi bauran pemasaran layanan dan kepuasan nasabah terhadap perkembangan ekonomi digital di bank-bank swasta di Garut. Tantangan internal terkait manajemen dan prosedur yang ketat, dan tantangan eksternal yang berasal dari tuntutan nasabah akan layanan yang cepat dan nyaman. Kemunculan layanan digital diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat terhadap layanan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan deskriptif, memanfaatkan survei dan kuesioner untuk mengumpulkan data dari 150 responden yang merupakan nasabah berbagai bank di Garut. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa dan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap ekonomi digital.
References
Apitaka. (2020). Revolusi Industri 4.O. Apitaka Kominfo. https://aptika.kominfo.go.id/2020/01/revolusi-industri-4-0/
Fauzi, F. (2018). Transaksi Digital Nasabah Bank Naik Jadi 35% di 2018. DetikFinance. https://finance.detik.com/moneter/d-3888532/transaksi-digital-nasabah-bank-naik-jadi-35-di-2018
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Structrural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan PLS. In Universitas Diponegoro (Ed.2). (2nd ed.). Universitas Diponegoro. https://onesearch.id/Record/IOS3107.UMS:57482/Preview
Hatta Setiabudhi, S.E, M. A., Suwono, S.E, M. S., Yudi Agus Setiawan, S.S, M. ., & Syahrul Karim, M. S. (2025). Kuantitatif dengan smart pls. Ebooks.Borneonovelty.Com, 1–115. https://ebooks.borneonovelty.com/media/publications/588838-analisis-data-kuantitatif-dengan-smartpl-29069ce4.pdf?
Kartika, H. (2018). Ini dua tantangan era digital bagi perbankan menurut Perbanas. Keuangan Kontan.
Keuangan, O. J. (2018). penyelenggaraan layanan perbankan digital oleh Bank umum.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (Global Ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.
Kotler, Philip T., Keller, K. L. (2014). Marketing Management (14th Ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Purba, D. S., Permatasari, P. D., Tanjung, N., Fitriani, R., Wulandari, S., Islam, U., Sumatera, N., Muslim, U., Al, N., & Ekonomi, P. (2025). ANALISIS PERKEMBANGAN EKONOMI DIGITAL. 10(204), 126–139.
Quintania, M., & Sasmitha, S. (2020). Pengaruh Desain dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Lipstik Wardah Kosmetik Jabodetabek). Media Ekonomi, 20(1), 26. https://doi.org/10.30595/medek.v20i1.9491
Rahadi, D. R. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM) 2023. CV. Lentera Ilmu Madani, Juli, 146.
Sarwani, & Husain, T. (2021). The firm’s value empirical models in automotive and components subsectors enterprises: Evidence from developing economy. Journal of Governance and Regulation, 10(1), 83–95. https://doi.org/10.22495/jgrv10i1art9
Siti Shofiyatus Sa’diyah, Tri Wrahatnolo, Joko Joko, & Yulia Fransisca. (2024). Pengujian Validitas dan Reliabilitas Instrumen Resilience Siswa SMK Teknik Ketenagalistrikan menggunakan PLS-SEM. Jupiter: Publikasi Ilmu Keteknikan Industri, Teknik Elektro Dan Informatika, 2(4), 223–235. https://doi.org/10.61132/jupiter.v2i4.443
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (Edisi Kedua). (cetakan ke). Andi.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.














