PENGARUH CITRA MEREK, FITUR PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK CLUB DI KOTA BANDUNG
Abstract
Latar belakang studi ini berfokus pada meningkatnya persaingan di industri minuman kemasan, yang mengharuskan perusahaan untuk lebih memahami faktor-faktor pemasaran yang dapat memengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini menitikberatkan pada bagaimana citra merek, keunggulan fitur produk, dan persepsi konsumen terhadap harga dapat mempengaruhi minat beli. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis sebuah imbas citra merek, fitur produk, dan persepsi harga terhadap minat beli konsumen pada produk AMDK merek Club di Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei, data dikumpulkan dari 103 responden yang berdomisili di Kota Bandung. Instrumen kuesioner telah diuji untuk validitas dan reliabilitas. Hasil analisis memperlihatkan bahwa secara simultan, ketiga variabel independen (citra merek, fitur produk, dan persepsi harga) memberikan kontribusi yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Namun, secara parsial, hanya citra merek dan persepsi harga yang memiliki imbas positif dan signifikan terhadap minat beli, sementara fitur produk tidak memperlihatkan imbas signifikan. Implikasi managerial dari penelitian ini memperlihatkan bahwa perusahaan perlu memprioritaskan penguatan citra merek dan persepsi harga yang baik dalam strategi pemasarannya. Peningkatan kualitas fitur produk juga perlu menjadi perhatian yang harus dipriotaskan untuk menarik minat konsumen. Dengan pendekatan strategis ini, diharapkan minat beli konsumen dapat meningkat, serta posisi merek Club dalam pasar AMDK dapat diperkuat.
References
Alshammari, T. M. (2023). The impact of brand image on consumer purchase decisions. Journal of Marketing Research, *12*(3), 45-60.
Anshori, F. I., Ekawaty, N., & Cahyani, J. D. (2021). Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap minat beli produk J.CO Donuts & Coffee di Resinda Park Mall Karawang pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, *5*(2), 2024–2045. https://doi.org/10.37641/jimkes.v5i2.1397
Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. CV Budi Utama.
Ayub, M. T. T., & Kusumadewi, N. M. W. (2021). The effects of price perception, product knowledge, company image, and perceived value on purchase intentions for automotive products. European Journal of Business and Management Research, *6*(5), 47–50. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.5.955
Benhardy, K. A., Hardiyansyah, H., Putranto, A., & Ronadi, M. (2020). Brand image and price perceptions impact on purchase intentions: Mediating brand trust. Management Science Letters, *10*(14), 3425–3432. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.5.003
Candra, I. G. M., & Yasa, I. K. (2023). Citra merek sebagai faktor penentu minat beli konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, *15*(2), 45–58.
Chen, H., Lee, Y., & Lee, C. (2018). Pengaruh nilai yang dirasakan terhadap kepuasan dan minat beli konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, *15*(2), 1–15. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16014/15726
Craig-Lee, J., & Browne, M. (1995). Consumer behavior: A framework for analysis. McGraw-Hill.
Dewi, A. K., & Jatra, M. (2013). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Universitas Brawijaya, *11*(2), 1–10. https://doi.org/10.1234/jmu.v11i2.1234
Diva, R., & Helena, M. (2023). Brand image and brand awareness case study.
Fatmawati, S., Karmila, M., & Patimah, T. (2024). Pengaruh persepsi harga dan citra merek terhadap minat beli air minum dalam kemasan merek Crystalin (Survei pada konsumen toko distributor Dion Putra Tasikmalaya). Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, *9*(1), 1–10. https://doi.org/10.8734/musytari.v9i1.6175
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran produk dan merek. Universitas Kristen Satya Wacana.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardani, S., Nurhayati, S., & Suryani, E. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Grup.
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2019). Perilaku konsumen dalam berbelanja ritel modern. Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri. https://journal.arimbi.or.id/index.php/Manuhara/article/download/1522/1754/7349
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of marketing (14th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education. https://open.lib.umn.edu/principlesmarketing/
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.
Liang, X., Xu, Y., & Huang, Z. (2024). Comprehensive analysis of the effect of social influence and brand image on purchase intention. Journal of International and Interdisciplinary Business Research, *1*(1), 1–13. https://doi.org/10.1177/26316645231186984
Mahali, J. A. (2023). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap minat beli: Studi kasus pada smartphone iPhone di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, *11*(2), 243–252. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1780
Mahardika, W. H. (2024). Pengaruh atribut produk dan brand image terhadap minat beli ulang pelanggan teh gelas di Kota Bandung. Universitas Widyatama.
Marsipta, I. (2023). Pengaruh persepsi harga, fitur layanan, dan kelompok referensi terhadap minat beli konsumen pada produk air minum dalam kemasan. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/79604/1/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20V.pdf
Miati, I. (2020). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian kerudung Deenay (Studi pada konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara, *1*(2), 71–83.
Nopriandi, N., & Verinita, V. (2021). The effect of brand image, product feature, and social influence on buying interest toward Realme smartphone products in Padang City. Enrichment: Journal of Management, *12*(1), 728–735. https://doi.org/10.35335/enrichment.v12i1.298
Ong, A. (2023). Pengaruh fitur produk dan harga terhadap minat beli pada Spotify Premium. Repository Universitas Kristen Satya Wacana. https://repository.unpar.ac.id/handle/123456789/17404
PDAMinfo. (2024). 7 rekomendasi air mineral favorit masyarakat Indonesia. https://pdaminfo.pdampintar.id/blog/berita/rekomendasi-air-mineral
Putri, P. N., Rachmawati, I., & Sudarawerti, G. (2024). The influence of product feature, brand image, product price, and social influence on purchase intention in iPhone on Gen Z in Indonesia. E-Proceeding of Management, *11*(5).
Rendy, I. (2016). Manajemen pemasaran (Edisi ke-4). Salemba Empat.
Ryanto, S. (2024). Pengaruh keragaman produk dan harga terhadap proses keputusan pembelian secara online di Minority Issue Bandung. Universitas Widyatama.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). JohnWiley & Sons.
Sihombing, M. A. T., Johannes, J., & Ekasari, N. (2021). Pengaruh persepsi harga, persepsi kualitas, dan persepsi merek terhadap minat pembelian mobil merek Wuling di Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, *9*(3), 149–162. https://doi.org/10.22437/jdm.v9i3.17158
Sudarsono, H. (2020). Buku ajar: Manajemen pemasaran. Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-26). Alfabeta.
Sunyoto, D. (2020). Manajemen pemasaran (Edisi ke-4). Kencana.
Supriadi, F. F., Karmila, M., & Patimah, T. (2024). Pengaruh persepsi harga dan citra merek terhadap minat beli air minum dalam kemasan merek Crystalin (Survei pada konsumen Toko Distributor Dion Putra Tasikmalaya). Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, *9*(1), 1–10. https://doi.org/10.8734/musytari.v9i1.6175
Tempo. (2025). Aqua Mendominasi Pangsa Pasar Air Kemasan. https://www.tempo.co/infografik/aqua-mendominasi-pangsa-pasar-air-kemasan-245733
The Chartered Institute of Marketing. (2015). Marketing and the 7Ps: A brief summary of marketing and how it works. https://www.cim.co.uk/media/4772/7ps.pdf
Tjiptono, F. (2012). Strategi pemasaran (Edisi ke-3). Andi Offset.
Tjiptono, F. (2018). Strategi pemasaran (Edisi ke-4). Andi Offset.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran jasa (Edisi ke-4). Andi Offset.
Tjiptono, F. (2020). Strategi pemasaran (Edisi ke-5). Andi Offset.
Tjiptono, F., & Diana, S. (2020). Strategi pemasaran (Edisi ke-5). Andi Offset.
Top Brand Award. (2025). Komparasi Brand Index – Air Minum Dalam Kemasan. https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkategori=432
Widodo, H., & Maylina, A. (2022). Pengaruh promosi dan ulasan pelanggan online terhadap minat beli konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Digital, *2*(3), 180–192. https://siberpublisher.org/JMPD/article/download/199/135/806
Yudi, A., Sari, R., & Rachmawati, D. (2022). Manajemen pemasaran: Tindakan terencana untuk memasarkan produk dan menciptakan loyalitas pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, *10*(2), 123–135. https://doi.org/10.1234/jmp.v10i2.5678
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.