PENGARUH DISKON, KUALITAS PRODUK DAN TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIVE STREAMING PRODUK FASHION

  • Susiana putri Leifika Universitas PGRI Kanjuruhan, Malang
  • Asna Asna Universitas PGRI Kanjuruhan, Malang
  • Yoan Santosa Putra Universitas PGRI Kanjuruhan, Malang

Abstract

Penelitian ini dimaksud untuk menelaah sejauh mana diskon, kualitias produk, dan trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion di live streaming  TikTok Shop pada Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang yang aktif berbelanja platform TikTok Shop. Teknik sampling yang digunakan mengacu pada metode purposive sampling dengan total responden sebanyak 150 mahasiswa. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dan proses analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Data primer diperoleh distribusi kuesioner kepada responden. Hasil analisis memperlihatkan bahwasanya diskon, kualitas produk, dan trust berpengaruh positif secara simultan terhadap keputusan pembelian, tetapi hasil analisis secara parsial divariabel trust tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa pelaku usaha dengan tingkat strategi pemasaran diskon dan kualitas produk yang tinggi cenderung memiliki kompetensi yang lebih kuat untuk mempengaruhi keputusan pembelian terhadap konsumen yang secara optimal. Memperlihatkan kemampuan yang lebih handal dalam meningkatkan keputusan pembelian.

References

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Arief, M. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (Jme), 1150-1160.
astuti, t. i. (2024). Impulsive Buying in Gen Z: How Online Customer Review, Sales Promotion, and Conformity Influence Impulsive Buying through Consumer Trust (Study on E-Commerce Users in Purwokerto). International Journal of Management and Business Intelligence, 403-426.
Azizi, F. &. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Diskon dan Tagline “Gratis Ongkir” terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB, Universitas Muhammadiyah Metro). Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 1(2), 260-277.
Bairizki, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Ud Ratna Cake & Cookies). Valid.
Baskara, I. B. (2018). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) (Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Department Of Management Feb Umm, 6.
Deva, S. (2024). The influence of live streaming shopping tiktok and product quality on purchase decisions with e-trust as mediataion (study on skintific moisturizer products). Journal of Management Science (JMAS), 232-240.
Devi, S. (2023). Peran e-Wom e-Service Quality dan e-Trust dalam Menentukan Keputusan Pembelian. Jesya, 1888-1898.
Enjelina, W. (2025). Pengaruh Diskon dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Cushion SKINTIFIC di Shopee. 128-140.
Fauziah. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” Dalam Meningkatkan Penjualan. Journal of Southwest Jiaotong University, 45-51.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasim, L. S. (2022). TikTok social media as a means of small and medium business promotion. Journal of World Science.
Husniyyah, T. (2024). Pengaruh Diskon, Flash Sale, dan Live Shopping terhadap Keputusan Pembelian pada Brand The Originote di Shopee (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 314-328.
Kholiqoh, N. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian online . Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 128-134.
Kotler. (2016). Marketing Management. Jakarta.
Kotler. (2018). Manajemen Pemasaran. jakarta: PT Indeks.
Lestari, A. P. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Diskon Dan Kualitas Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Marketplace Zalora Di Surakarta. Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Alamat, 1-11.
Lubis, D. I. (2017). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen.
Maria, V. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualiatas Layanan Pelanggan terhadap Niat Pembelian Ulang pada Online Fashion Industry di Indonesia. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 20-31.
Ghozali (2023) Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi Kedua). Penerbit Alfabeta. (Edisi Kedua). Penerbit Alfabeta.
Munte, Y. S. (2022). The Influence of Trust and Sales Promotion on Repurchase Intention Through Consumer Satisfaction in Doing Online Shopping in Medan City. International Journal of Research and Review, 318-337.
Ni Luh Putu Indiani, S. M. (2020). The The Influence Of Hotel Marketing Mix On Tourists’ Revisit Intention Case Study At Kumala Pantai Hotel, Seminyak, Bali. Warmadewa Management And Business Journal (Wmbj).
Nurhayati. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Yogyakarta Di Shopee. Albama: Jurnal Bisnis Administrasi Dan Manajemen, 24.
Nurmansyah, E. S. (2023). Manajemen Strategik.
Pohan, M. Y. (2022). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication, Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. Quantitative Economics and Management Studies, 282-290.
Prabowo, G. (2022). Aplikasi Mobile Paling Laris di Q1 2022, Didominasi Sosial Media!. 2022. 5.
Putri, A. (2022). the Effect of Brand Ambassadors, Discounts, and Advertisements on Purchasing Decisions on the Tokopedia Marketplace. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 128-137.
Putri, T. I. (2024). Impulsive Buying in Gen Z: How Online Customer Review, Sales Promotion, and Conformity Influence Impulsive Buying through Consumer Trust (Study on E-Commerce Users in Purwokerto). International Journal of Management and Business Intelligence, 403-426.
Rahmawaty, I. (2023). Pengaruh Live streaming Selling, Review Product, Dan Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Entrepreneurship, 80.
Ramadhan, R. (2023). Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing dan Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tik-Tokshop Di Soloraya. BRIDGING Journal Of Islamic Digital Economic and Management, 29-40.
riska. (2024). strategi potongan harga , promosi penjualan. fakultas ekonomi dan bisnis universitas wiraraja - sumenep.
Song, S. &.-l. (2021). The Role of Live streaming in E-commerce: A Study on Customer Engagement. International Journal of E-commerce and Digital Economy, 23-35.
Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi Kedua). Penerbit Alfabeta. (Edisi Kedua). Penerbit Alfabeta.
Tukidi. (2024). Pengaruh Content Marketing Tiktok Affiliate, Live streaming dan Diskon Harga di Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare (Studi Kasus di Jakarta Selatan). Management Research And Business Journal, 103-119.
Watulingas, D. P. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Maybelline di Gerai Mantos 2 Manado. Jurnal EMBA, 659-670.
Yuniawati, Y. (2023). Pengaruh Diskon, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Produk UNIQLO. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 321-327
Published
2025-09-15
How to Cite
Leifika, S., Asna, A., & Putra, Y. S. (2025). PENGARUH DISKON, KUALITAS PRODUK DAN TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIVE STREAMING PRODUK FASHION. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(3), 304-331. https://doi.org/10.31955/mea.v9i3.6205
Section
Articles