PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO OLEH-OLEH JUMBO BAKERY DI BOGOR

  • Zeviana Effendi Universitas Djuanda
  • Titiek Tjahja Andari Universitas Djuanda
  • Samsuri Samsuri Universitas Djuanda
Kata Kunci: Harga dan Citra Merek, Keputusan Pembelian, Toko Oleh-oleh Jumbo Bakery, Bogor

Abstrak

Tujuan dari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana citra merek dan harga mempengaruhi keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening, pada Toko Oleh-oleh Jumbo Bakery yang berlokasi di Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik deskriptif dan verifikatif. Kuesioner didistribusikan untuk mengumpulkan data  kepada pelanggan Jumbo Bakery. Analisis data dilakukan menggunakan metode Analisis jalur, juga dikenal sebagai analisis jalur, digunakan untuk menemukan hubungan kausal antar variabel, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga melalui kepercayaan memengaruhi keputusan pembelian secara signifikan. Selain itu, citra merek juga berperan penting dalam memengaruhi keputusan pembelian secara positif dan signifikan dengan kepercayaan sebagai mediator. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pihak manajemen Jumbo Bakery dalam merancang strategi harga, memperkuat persepsi merek, serta membina kepercayaan pelanggan guna mendorong peningkatan keputusan pembelian.

Referensi

Abu iBakar, iRusydi i(2018). iManajemen iPemasaran. iCV iAlfabeta iBandung.
Assauri, iS. i(2018). iManajemen iPemasaran. iJakarta: iPT iGrafindo iPersado
Agustina, iM. i(2019). iPengaruh iCitra iMerek, iPersepsi iHarga iDan iKepercayaan iTerhadap iNiat iBeli iDengan iPersepsi iNilai iSebagai iVariabel iIntervening i(Studi iEmpiris ipada iCalon iKonsumen iKosmetik iMerek iSafi). i(Doctoral idissertation, iUniversitas iMuhammadiyah iSurakarta). ihttps://eprints.ums.ac.id/75890/. i(Diakses ipada ihari iJumat i29 iNovember i2024).
Dina, iJ. iF., i& iSaputro, iE. iP. i(2023). iPengaruh ikepercayaan, icitra imerek, idan iharga iTerhadap ikeputusan ipembelian ikonsumen ipengguna iAplikasi itokopedia. i(Doctoral idissertation, iUniversitas iMuhammadiyah iSurakarta). ihttps://eprints.ums.ac.id/107290/ i(Diakses ipada ihari ikamis i28 iNovember i2024).
Firmasnyah, iA i(2019) iPemasaran iProduk idan iMerek i(Planning i& iStrategy) iSurabaya: iCV. iPenerbit iQiara iMedia.
Ghozali, iI. i(2018). iAplikasi iAnalisis iMultivariate idengan iProgram iIBM iSPSS i25 i(9th ied.). iBadan iPenerbit iUniversitas iDiponegoro. iSemarang.
Gunarsih, iC. iM., iKalangi, iJ. iA., i& iTamengkel, iL. iF. i(2021). iPengaruh iharga iterhadap ikeputusan ipembelian ikonsumen idi iToko iPelita iJaya iBuyungon iAmurang. iProductivity, i2(1), i69-72.
Hartanto, iJogiyanto. i2013. iMetodologi iPenelitian iBisnis iBPEE iYogyakarta.
Indrasari, iM. i(2019). ipemasaran idan ikepuasan ipelanggan. iunitomo ipress.
_______, iN. i(2019). iPerilaku iKonsumen. iJakarta: iErlangga.
Kotler, iP., i& iAmstrong. i(2017). iPemasaran. iEdisi i1. iJakarta: iSalemba iEmpat.
_______, i(2012). iMarketing iManagement i13. iNew iJessy iPearson iPrentice iHall, iInc.
_____, i& iKeller, iK. iL. i(2016). iManajemen ipemasaran i(15th ied.). iPearson iEducation.
Keller, iK. iL. i(2015). iManajemen iMerek. iErlangga.
Laily, iN. iM. iR., i& iEkowati, iV. iM. i(2023). iPengaruh iharga idan icitra imerek iterhadap ikeputusan ipembelian imelalui imarketplace ishopee idengan irating ipenjualan itoko isebagai ivariabel imoderasi. iJurnal iLentera iBisnis, i12(1), i101-111. ihttps://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab/article/view/690. i(Diakses ipada ihari iselasa i26 iNovember i2024).
Lenggogeni, iL., i& iFerdinand, iA. iT. i(2016). iFaktor-faktor iyang imempengaruhi ikeunggulan ibersaing idalam iupaya imeningkatkan ikeputusan ipembelian. iDiponegoro ijournal iof imanagement, i5(3), i840-851.
Mahkota, iA. iP. i(2014). iPengaruh ikepercayaan idan ikenyamanan iterhadap ikeputusan ipembelian ionline i(studi ipada ipelanggan iWebsite iRide iInc) i(Doctoral idissertation, iBrawijaya iUniversity).
Mayer, iR. iC., iDavis, iJ. iH., i& iSchoorman, iF. iD. i(1995)) iModel iIntegratif idari iOrganizational iTrust. iTinjauan i20(3), i709–734.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Setyaningsih, iS., iRusijono, iR., i& iWahyudi, iA. i(2020). iPengaruh ipenggunaan imedia ipembelajaran iinteraktif iberbasis iArticulate iStoryline iterhadap imotivasi ibelajar idan ihasil ibelajar isiswa ipada imateri iKerajaan iHindu iBudha idi iIndonesia. iDidaktis: iJurnal iPendidikan iDan iIlmu iPengetahuan, i20(2).
Simamora, iH. i(2016). iManajemen iSumber iDaya iManusia. iJakarta: iPT.Gramedia iPustaka iUtama.
Sugiyono iP.D., i(2018) iMetode iPenelitian iKuantitatif idan iKualitatif idan iR&D i(2017). iMetode iPenelitian iKuantitatif, iKualitatif, idan iR&D. iBandung iAlfabeta.
Sumaedi, iM., iDan iBakti, iI. iG. iM. i(2011). iPersepsi iharga iharga idan idan idianyanya imereka-anan. iJurnal iEkonomi idan iBisnis, i15 i(2), i123-134.
Sujarweni, iV. iW., i& iUtami, iL. iR. i(2019). iThe imaster ibook iof iSPSS. iAnak iHebat iIndonesia
Titiek, iT.A., iIrfansyah, iA., iGunawan iR., i(2024). iPengaruh iCitra iMerek idan iBrand iAmbassador iTerhadap iKeputusan iPembelian iDi iLazada iMelalui iKepercayaan iKonsumen. iE-Jurnal iEkonomi idan iBisnis iUniversitas iUdayana. i13(9). i1816-1835. ihttps://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/116402/56517. i(Diakses ipada ihari iSenin i25 iNovember i2024).
Tjiptono, iFandy. i2015 iManajemen iStrategi iPemasaran iEdis i4 iYayakarta iAndi.
Tjiptono, iFandy idan iGregoius, iChandra. i2016. iPemasaran iStrategik. iEdisi i13 iAndi i(Anggota iIKAPI). iYogyakarta.
Wardoyo, iW., i& iAndini, iI. i(2017). iFaktor-faktor iyang iberpengaruh iterhadap ikeputusan ipembelian isecara ionline ipada imahasiswa iuniversitas iGunadarma. iJurnal iManajemen iDayasaing, i19(1), i12-26.
Diterbitkan
2025-08-31