PENGARUH SALES, ROA, TATO, WCT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DIMODERASI VAIC PADA SEKTOR BARANG KONSUMSI

  • Gabriel Natalia Sabatini Sagala Univeristas Katolik Parahyangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang pemulihan dan pertumbuhan Sektor Barang Konsumsi pada tahun 2020-2022. Pengukuran dilihat dari sisi kinerja penjualan (Sales), dari sisi kinerja keuangan profitabilitas (ROA), dari sisi kinerja aktifitas (TATO dan WTC) dan dari kinerja modal intelektual (VAIC) sebagai kuasi moderator dalam meningkatkan hubungan kinerja keuangan dengan nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah 92 perusahaan di Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2020-2022. Diperoleh 65 perusahaan yang sesuai dengan kriteria sampel. Penelitian ini terkategori explanatory research menggunakan moderated regression analysis dengan software Eviews untuk pengolahan data panel. Hasil pengolahan menunjukan Sales dan WCT tidak berpengaruh terhadap PBV. Sedangkan ROA dan TATO masing-masing berpengaruh signifikan negatif, serta VAIC berpengaruh signifikan positif terhadap PBV. Sebagai pemoderasi, VAIC secara signifikan mampu mempengaruhi hubungan sales terhadap PBV dan hubungan ROA terhadap PBV, namun tidak memoderasi hubungan TATO dan WCT terhadap PBV. Koefisien determinasi sebesar 81,42%. Kesimpulannya diperoleh bahwa Sektor Barang Konsumsi dalam masa pemulihannya belum memberikan kinerja yang sesuai dengan harapan investor sehingga belum memberikan peningkatan nilai perusahaan

References

Arifin, M. I., & Triyonowati, T. (2023). Pengaruh Intellectual capital, Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Subsektor Perkebunan di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 12.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of Financial Management. In Health Care Management Review (Vol. 2, Issue 4). Cengage Learning. https://doi.org/10.1097/00004010-197702040-00014
Fauzia, N., & Amanah, L. (2016). Pengaruh Intellectual Capital, Karakteristik Perusahaan, dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(4), 1–22.
Hafidh, A. R., & Priono, H. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuditas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Moderasi Intellectual Capital. Jurnal Proaksi, 9(1), 66–83. https://doi.org/10.32534/jpk.v9i1.1915
Indrati, M., & Artikasari, L. A. (2023). Effect of Leverage, Company Size and Working Capital Turnover on Firm Value with Profitability as Mediation Variable. Menik Indrati, et.al Effect Of Leverage, Company Size And Working Capital Turnover On Firm Value With Profitability As Mediation Variable. Jurnal Ekonomi, 12(02), 2023. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi
Kasmir. (2017). Manajemen Perbankan. PT. Raja Grafindo Persada.
Kementrian PPN, B. (2023). Perkembangan Ekonomi Indonesia Dan Dunia Triwulan Iv Tahun 2022. Perpustakaan.Bappenas.Go.Id, 6(4), 146. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://perpustakaan.bappenas.go.id/e-library/file_upload/koleksi/migrasi-data-publikasi/file/Update_Ekonomi/Ekonomi_Makro/Laporan Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan IV Tahun 2022.pdf
Khairunnisa, T., Taufik, T., & Thamrin, K. M. H. (2019). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return on Assets, Assets Growth, Current Ratio, Dan Total Assets Turnover Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 31–44. https://doi.org/10.29259/jmbt.v16i1.9253
Kurniawati, D., & Idayati, F. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Rasio Aktivitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(2), 1–19.
Lestari, I. D., Anggraeni, Y. P., Octavia, A. N., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Semarang, U., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Semarang, U., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Semarang, U. (2023). Pengaruh Return on Assets , Return on Equity Dan Ukuran. SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(2), 566–578.
Melinia, A., & Widyawati, D. (2022). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(1), 83–94. https://doi.org/10.37278/insearch.v18i1.139
Nazariah, Maisur, & Masytari, A. (2019). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2017). Jurnal Real Riset, 1(2), 61–69.
Nihe, S., Murni, S., & Wullur, M. (2023). Analisis Pengaruh Total Asset Turnover, Working Capital Turnover, Firm Size Dan Public Ownership Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Consumer Non-Cyclical Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2021. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 346–357. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51951
Nitayani, K. I., Harnida, M., & Syahrani. (2022). Pengaruh Modal Kerja, Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi kasus pada industri farmasi di BEI).
Nugraha, M. Y. A., & Wirama, D. G. (2021). Pengaruh ROA dan DER pada Rasio PBV dengan VAICTM sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(6), 1467. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i06.p09
Pasaribu, U. R., Nuryartono, N., & Andati, T. (2019). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(3), 441–454. https://doi.org/10.17358/jabm.5.3.441
Produksi, D. N. (2023). Produk Domestik Bruto Indonesia Triwulanan Tahun 2019-2023. 1–168.
Purwowidhu, C. (2024). Ekonomi Indonesia: Tumbuh Tangguh di 2023, Bagaimana di 2024? Media Keuangan. https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/ekonomi-indonesia-tumbuh-tangguh-di-2023-bagaimana-di-2024
Putri, W. F. I. (2023). Horor! Situasi Sekarang Lebih Chaos dari Ramalan Jokowi. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230529181240-4-441554/horor-situasi-sekarang-lebih-chaos-dari-ramalan-jokowi
Rini Tri Hastuti, M. A. T. (2019). Pengaruh Aktivitas Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Paradigma Akuntansi, 1(3), 683. https://doi.org/10.24912/jpa.v1i3.5571
Risqi, U. A., & Suyanto, S. (2022). Pengaruh Return On Asset dan Return On Equity terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(4), 1122–1133. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i4.846
Rochmah, A., & Priyadi, M. P. (2018). Pengaruh Modal Intelektual, Struktur Kepemilikan, dan kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 7(3), 1–18.
Ross. (1977). The Determination of Financial Structure: The Incentive-Signalling Approach. The Bell Journal of Economics.
Santi, K. K., & Sudarsi, S. (2024). (2024). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al-Washliyah Sibolga 146. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage Dan Aktivitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Sy, 7(1), 146–158.
Sari, N. M. Y. (2013). Efektivitas Aset Dan Sales Terhadap. Ekonomi Dan Bisnis.
Spence, M. (1973). Job Market Signalling. Oxford University Press.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.
Susilawati, Hartini, E. F., Sunarso, S., Karno, K., & Listiorini, D. (2023). Perbandingan Kinerja Sektor Manufaktur Barang Konsumsi Sebelum Dan Selama Pandemi. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 101–108. https://doi.org/10.46975/aliansi.v18i1.470
Taha, R., Murni, S., & Untu, V. N. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Perputaran Modal Kerja, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Industri Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 1096–1107. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.52276
Tambun, N., Mangantar, M., & Untu, V. N. (2022). Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Telekomunikasi Indonesia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2017-2021. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 735–746. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43865
Triagustina, L., Sukarmanto, E., & Helliana. (2015). Pengaruh Return On Asset (ROA) Dan Return On Equity (ROE) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012. Prosiding Akuntansi, 28–34. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1549
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2025-07-20
How to Cite
Sagala, G. (2025). PENGARUH SALES, ROA, TATO, WCT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DIMODERASI VAIC PADA SEKTOR BARANG KONSUMSI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 1628-1645. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.6070
Section
Articles