ANALISIS IMPLEMENTASI LEBIJAKAN KEPENDUDUDKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA LAYANAN KTP ELEKTRONIK DI KOTA SEKADAU

  • Adil Bertus AS nstitut Teknologi Keling Kumang, Sekadau
  • Yulita Yulita nstitut Teknologi Keling Kumang, Sekadau
  • Fransikus Rando nstitut Teknologi Keling Kumang, Sekadau

Abstract

Administrasi kendudukan meliputi kegiatan pendaftaran kendudukan, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi kendudukan, terutama di tingkat kabupaten dan pusat (Zulfikar dan koleksi, 2022). Pemerintah memiliki peranan yang penting dalam menyediakan, menyediakan pelayanan publik, dan mengeningkatkan kualitas pelayanan, program ini merupakan keharusan yang dilakukan sebagai system dalam mendata Masyarakat ataun penduudk pada suatu daerah. Tujuan penelitian ini untuk mengukur apakah kebijakan yang ditetapkan dalam pembuatan KTP elektronik dan kualitas pelayanan yang disediakan oleh pegawai pemerintah berpengaruh terhadap kepuasan Masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu auantitatif deskrptif dengan 382 responden yang terdiri dari pengguna KTP elektronik, dengan alat analisis SPSS V 27. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua variable bebas ini memiliki pengaruh yang positif serta signifikan terhadap variable terikat (kepuasan) yang di rasakan oleh Masyarakat kabupaten Sekadau Khususnya di Desa Sungai Ringgin. Hal ini ditunjukan oleh nilah Fhitung lebih besar dari f tabel pada tabel ANOVA.

References

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 38–51.
Jurnal, J., Mea, I., Layanan, P. I., & Dan, K. I. (2025). Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di Pt . Lalakon Digital Kreatif. 9(1), 3575–3601.
Jurnal, J., Mea, I., Suminar, R., Widyarini, M., & Dewi, V. I. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan Digital Banking Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Moderasi Kepercayaan Merek : Pada Generasi Mz. 9(1), 2380–2405.
Thoyib, M., Satriawan, I., Husin, F., Pebrianti, T., & P., S. (2019). Determinasi Kualitas Layanan, Prosedur Layanan, Lingkungan Kerja dan Implementasi Kebijakan Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Samsat Kota Palembang Sumatera Selatan. Mbia, 18(1), 85–93. https://doi.org/10.33557/mbia.v18i1.335.
Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kementerian Dalam Negeri. 2022. Petunjuk Teknis Pelayanan Pencatatan Sipil (Kemendagri Nomor 400.8.2- 5484. Dukcapil Tanggal 30 Desember 2022).
Erlianti D. 2019. Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis.
Volume 1 Nomor 1 Halaman 9-18.
Fahmeyzan D, Siti S, Desventri E. 2018. Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosis. Jurnal Varian. Volume 2 Nomor 1.
Lukas, Mahsyar A, Nursalim. 2024. Pengaruh Implementasi Kebijakan Kependudukan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Ilmu Administrasi Publik. Volume 12 Nomor 1 Halaman 1-10.
Nugraha Billy. 2022. Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji asumsi Klasik. Pradina Pustaka.
Nugraha J P. Et al. 2021. Teori Perilaku Konsumen. NEM. Jawa Tengah
Oktamia D S, Fauziah N M. Implementasi Kebijakan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara. Volume 2 Nomor 1 Halaman 1-19.
Sabaruddin, Alam Syamsul, Akadira T.2022. Pengaruh Integritas Implementasi Kebijakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Jurnal Publicuho. Volume 7 Nomor 3 Halaman 1502-1516.
Sarbini A, et al. 2016. Implementasi Kebijakan Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Negara. Jurnal Administrasi Reform. Volume 4 Nomor 4.
Widyaningtyas Dwi. Novianti. 2023. Implementasi Kebijakan Kependudukan. Volume 1 Nomor 1 Halaman 151-165.
Yulindaningtyas D. 2015. Kualitas Pelayanan Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik. Volume 4 Nomor 2.
Published
2025-08-15
How to Cite
AS, A. B., Yulita, Y., & Rando, F. (2025). ANALISIS IMPLEMENTASI LEBIJAKAN KEPENDUDUDKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA LAYANAN KTP ELEKTRONIK DI KOTA SEKADAU. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 2874-2885. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.6007
Section
Articles