PENGARUH STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN CONTENT MARKETING DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN VIERA SUTRA ALAM

  • Idham Aylinanda Putra Universitas Garut
  • Acep Abdul Basit Universitas Garut
  • Alam Avrianto Universitas Garut

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menguji dampak strategi Digital Marketing dan Content Marketing dalam peningkatan Kinerja Pemasaran Viera Sutra Alam. Data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang mengetahui, tertarik, dan pernah membeli produk batik. Penelitian ini menggunakan pendekatan non probability sampling dengan menerapkan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan kuantitatif deskriptif dan verifikatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Digital Marketing dan Content Marketing, sedangkan variabel terikat adalah Kinerja Pemasaran. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran dengan nilai p-value sebesar 0,023 (p < 0,5). Content Marketing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran dengan nilai p-values 0,000 (p < 0,5). Hasil ini menegaskan bahwa strategi Digital Marketing dan Content Marketing memainkan peran penting dalam peningkatan Kinerja Pemasaran.

References

Abdimas, R. (2024). Definisi dan peran pemasaran digital dalam bisnis modern. Jurnal Pemasaran Digital.
Adinugraha, H. H., Maisaroh, A., Hidayatullah, R., & Bahrurizqi, M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Digital marketing Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Batik (Studi Kasus Buaran Batik Center Pekalongaan). Jurnal Ilmu Teknik Dan Informatika (Teknik), 1(2), 74–82.
Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. In Iltizam Journal of Shariah Economic Research (Vol. 6, Issue 2).
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing Strategy, Implementation, and Practice. United Kingdom:  Pearson Education Limited., 6.
Cindy, Ni Putu Widhia Rahayu, & Iskandar Ali Alam. (2025). PENGARUH BAURAN PEMASARAN, DIGITAL MARKETING DAN  DIRECT SELLING DI TOKO CINDY JAYA FURNITURE TERHADAP  KEPUTUSAN PEMBELIAN. JIMEA Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi.
Erwin, E., Suade, Y., & Putra, S. (2024). ALAT KOMUNIKASI DIGITAL : KONTRIBUSI KONTEN DALAM MENINGKATKAN KO-KREASI USAHA MIKRO KECIL MELALUI MEDIASI KAMPANYE VIRAL. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi (MEA), 8(3), 74–91. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4389
Fariyanda, M., & Darnius, O. (2023). Structural Equation Modelling (SEM) Method In The Analysis of Affecting Factors Student Achievement With The System Learning Online. Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 34–44.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (3rd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Karismawan, C. (2023). Analisis Pengaruh Digital Marketing Channel, Digital Content Marketing Dan, E-Wom Terhadap Purchase Decision Pada Travel Agent Explorer.Id. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.962
Kotler, P. (2016). Marketing Management (15th ed.). Boston : Pearson Education.
Lutfi, H., Gani, H. A., Abdul Basit, A., & Saepuloh, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pengguna Smartphone Xiaomi Di Kota Garut). www.jurnal.pps.uniga.ac.id
Nagy, S., & Hajdú, G. (2021). The relationship between content marketing and the traditional marketing communication tools. Észak-Magyarországi Stratégiai Füzetek, 18(1), 110–119. https://doi.org/10.32976/stratfuz.2021.25
Nurcahyadi, A. (2024). Peran Content Marketing dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce. Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(7).
Pulizzi, J. (2014). Epic Content Marketing: How to Tell a Different Story, Break Through the Clutter, and Win More Customers by Marketing Less.
Randi Saputra, & Faizal Adiprasetya Purnama Pulungan. (2024). Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E- Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing dan Advertising Campaign Untuk Meningkatkan Brand Awareness Racabel. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(5), 149–163. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i5.1292
Rust, R. T., Ambler, T., Carpenter, G. S., Kumar, V., & Srivastava, R. K. (2004). Measuring marketing productivity: Current knowledge and future directions. Journal of Marketing, 68(4), 76–89.
Salma Az-Zahra, N. (2023). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/index
Sarah Colson Mbadhi Tani, M., Niken Aurelia, P., & Herdi, H. (2024). Pengaruh Penerapan Digital Marketing terhadap Tingkat Pendapatan UMKM Tenun Ikat di Kabupaten Sikka. Bisnis Dan Akuntansi, 3(4), 97–116. https://doi.org/10.58192/profit.v3i4.2543
Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan. (2023). REALISASI EKSPOR-IMPOR BATIK INDONESIA PERIODE 2018-2023 (JANUARI-MARET) Pusat Data dan Sistem Informasi.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA CV, Bandung.
Published
2025-08-10
How to Cite
Putra, I. A., Basit, A. A., & Avrianto, A. (2025). PENGARUH STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN CONTENT MARKETING DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN VIERA SUTRA ALAM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 2520-2534. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5979