UANG SAKU DAN GAYA HIDUP : PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DENGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Penelitian ini ditunjukan untuk menganalisis pengaruh uang saku dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan konformitas teman sebaya sebagai variabel moderasi. Metodologi Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data primer diperoleh melalui Google form dari mahasiswa yang berada di asrama vila keraton. Sampling jenuh digunakan untuk mendapatkan jumlah sampel dari seluruh jumlah populasi. Analisis data dalam penelitian yaitu Moderated Regression Analysis (MRA) yang difasilitasi oleh perangkat lunak SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukan uang saku berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dan gaya hidup juga berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Secara simultan uang saku dan gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Variabel konformitas teman sebaya sebagai variabel moderasi tidak mampu memoderasi uang saku dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Saran Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode yang lebih beragam agar hasilnya lebih akurat dan relevan bagi berbagai kelompok mahasiswa dan juga bisa menambah variabel yang lain untuk mempengaruhi perilaku konsumtif.
References
Ajzen, Icek. 1991. “Theory of Planned Behavior.” Organizational Behavior and Human Decision Processes. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T.
Alfarid, Eko, Muh. Akil Rahman, and Wahidah Abdullah. 2023. “Pengaruh Uang Saku Dan Gaya Hidup Hedonis Remaja Terhadap Proses Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Burger King Di Kota Makassar Dengan Perilaku Konsumtif Sebagai Variabel Intervening” 4 (3): 19–31.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Pt Renika Cipta.
Armelia, Yola, and Agus Irianto. 2021. “Pengaruh Uang Saku Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” Jurnal Ecogen 4 (3): 9. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i3.11509.
Assuari, S. 2014. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, Dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Baron, R, A, and D Byrne. 2005. Psikolog Sosial. In Social Psychology. 10th editi. Erlangga.
Berge, Zane L, and Baltimore County. 2012. “Social Learning Theory.” Encyclopedia of the Sciences of Learning, no. August. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6.
Djalal, Taufiq, Arlin Adam, and A Syamsu Kamaruddin. 2022. “Masyarakat Konsumen Dalam Perspektif Teori Kritis Jean Baudrillard.” Indoensia Journal of Social and Education Studies 3 (2): 255–60. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i2.4080.
Engel, James F, Roger D Blackwell, and Paul W Miniar. 1995. Perilaku Konsumen. Edisi keen. Binarupa Aksara.
Fauzziyah, Nurul, and Sri Widayati. 2020. “Pengaruh Besaran Uang Saku Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet.” Journal of Economic Education and Entrepreneurship 1 (1): 24–28. https://doi.org/10.31331/jeee.v1i1.1224.
Febriyanty, Novita, and Moh Faizin. 2022. “Pengaruh Gaya Hidup, Konformitas Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z Di Kota Madiun.” Jurnal Ekonomi Syariah 7 (2): 132–49. https://doi.org/10.37058/jes.v7i2.5482.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang: BP-Undip.
Hidayah, Nailatul, and Prasetyo Ari Bowo. 2018. “Pengaruh Uang Saku, Locus of Control, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif.” Economic Education Analysis Journal 7 (3): 1025–39. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28337.
Hidayat, Reffa Nuruttoriq. 2023. “Pengaruh Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa.” Journal of Business Education and Social 4 (1): 57–64. https://doi.org/10.33592/jbes.v4i1.4274.
Hirschman, Elizabet C, and Morris B Holbrook. 1982. “Hedonic Consumption.” Journal of Maerketing 46 (3): 92–101. https://doi.org/10.1002/9781118785317.weom090127.
Indrianawati, Entika. 2015. “Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Pengetahuan Ekonomi Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.” Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan 3:214–26.
Kanserina, Dias. 2015. “Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015” 5 (1).
Keynes, John Maynard. 1936. 6.11 2 Keynes.The General Theory of Employment. The General Theory of Employment, Interest and Money. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=Su1lDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR7&ots=drrw-hiLto&sig=KSPLx7pmHAtHzDjUc9T7fucY77M.
Kotler, P., and G. Armstrong. 2018. Principal of Marketing. Principles of Marketing (17th Ed.). Pearson. https://sharifstrategy.org/strategy-books.
Kotler, Philip, Kevin Lane Keller, Alexander Chernev, Jagdish N. Sheth, and G. Shainesh. 2016. Marketing Management. Edited by Pearson. 16th ed. New Jersey.
Lesminda, Ester, and Rochmawati Rochmawati. 2021. “Pengaruh Uang Saku, Teman Sebaya, Lingkungan Sekitar Terhadap Pengendalian Diri Mahasiswa Dalam Pengelolaan Keuangan Di Era Covid-19.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 9 (2): 158–67. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p158-167.
Lestari, Dwi Siti, Kurniawati Mutmainah, and Romandhon. 2024. “Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri, Gaya Hidup, Dan Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa(Studi Kasus Pada Mahasiswa UNSIQ Fakultas Ekonomi Dan Bisnis).” Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah 4 (1): 119–208.
Lina, and Haryanto F Rosyid. 1997. “Perilaku Konsumtif Berdasar Locus Of Control Pada Remaja Putri.” Psikostudia : Jurnal Psikologi, no. 4, 14. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v1i1.2123.
Mardiyana, L. O., and H. M. Ani. 2019. “The Effect of Education and Unemployment on Poverty in East Java Province, 2011-2016.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 243 (1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012067.
Mulindra, Azizah Bestari, and Lita Ariani. 2023. “Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja The Effect of Peer Conformity on Consumptive Behavior in Adolescents.” Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan 4 (2): 54–60.
Myers, David G. 2010. Social Psychology. Teaching Sociology. 9th edition. New York: MCGrawhill. https://doi.org/10.2307/1319387.
Nasional, Departemen Pendidikan. 2008. KBBI. Jakarta.
Ngatno. 2015. Analisis Data Variabel Mediasi Dan Moderasi Dalam Riset Bisnis Dengan Program SPSS. Vol. 1.
Rismayanti, Titi, and Serli Oktapiani. 2020. “Pengaruh Uang Saku Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa.” Nusantara Journal of Economics (NJE) 02:31–37.
Sa’adah, Dian Naeli, and Agustin Handayani. 2021. “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa.” Psikostudia : Jurnal Psikologi 3 (224–233). https://doi.org/10.30872/psikostudia.v1i1.2123.
Schiffman, Leon G., and Leslie Lazar Kanuk. 2008. Consumer Behavior. 10th ed. Perason Education.
Wulansari, Dede. 2019. Cara Cerdas Mengelola Uang Saku. Temanggung: Desa Pustaka Indonesia.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.