PENINGKATAN CUSTOMER EXPERIENCE PADA SISTEM PENUKARAN TIKET KONSER KPOP DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING

  • Silvia Rosita Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor
  • Nurul Hapsari Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor
  • Zelinka Natalia Angelina Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor
  • Asep Taryana Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman penonton saat proses penukaran tiket dapat mempengaruhi tingkat kepuasan mereka dalam menghadiri konser K-pop, dengan studi kasus dilakukan pada konser Seventeen “Right Here” di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode design thinking karena berorientasi pada kebutuhan manusia (human-centric) dimana terdiri dari lima tahap utama: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa lebih dari 80% responden setuju bahwa pengalaman selama penukaran tiket berkontribusi terhadap tingkat kepuasan terhadap konser yang mereka datangi. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengalaman konsumen tidak hanya dilihat selama hari konser, namun juga dipengaruhi oleh momen yang terjadi sebelum acara berlangsung. Sebagai solusi, peneliti menerapkan pendekatan hasil dari design thinking untuk merancang prototipe sistem penukaran tiket baru yang lebih efisien dengan menghapus proses penukaran tiket sebelum hari-H, dan menggantinya dengan sistem e-ticket yang dipindai di pintu masuk dan ditukarkan dengan wristband sesuai section yang telah dibeli penonton.

 

References

Adyaksa AC, Santoso DB, Razaq JA. 2024. Perancangan UI.UX aplikasi e-learning kampus Universitas Stikubank dengan menggunakan metode design thinking. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi. 5(3):2402-2412.
Athallah MA, Kamal I. 2024. Pengaruh user experience terhadap kepuasan pelanggan pada pembelian tiket konser di website loket.com. Journal of Digital Business Innovation. 2(1): 1-10.
Ayu T, Wijaya N 2023. Penerapan metode design thinking pada rancangan prototype payoprint berbasis android. MSC. 2(1): 68-75.
Ayuningtyas SR, Sujatno TC, Soehadi A, Jayawardhana. 2023. Pengaruh perceived crowding terhadap memorable experience dan behavioral intention dengan variabel moderasi fandom dalam konser blackpink Jakarta 2023. Garuda. 6(2): 111-123.
Carlgen L, Rauth L, Elmquist M. 2016. Framing design thinking: the concept in idea and enactment. Creativity and Innovation Management. 25(1): 38-57.
Felita CI, Japarianto E. 2015. Analisa pengaruh customer experience terhadap customer loyalty dengan customer engagement dan customer trust sebagai variabel intervening di the body shop. Jurnal Manajemen Pemasaran PETRA. 1(1): 1-10.
GoodStats. 2023. Indonesia masuk peringkat pertama dengan fans K-Pop terbanyak di dunia. [online] Available at: https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertama-dengan-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d [diakses pada 28 Februari 2025].
Harisnanda R, Setiawan W, Sudarmanti R. 2023. Fenomenologi minat pembelian tiket konser pasca pandemi: war ticket konser coldplay Jakarta tahun 2023. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan. 2(9): 2905-2926.
Hidayatullah, R., 2021. Komunikasi musikal dalam konser “musik untuk republik”. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 4(2):145-160.
Kosicka L, Kania K. 2021. Application of the design thinking method in customer experience management. Marketing of Scientific and Research Organization. 42(4): 35-60.
Lemon, Katherine, Verhoef, Peter. 2016. Understanding customer experience throughout the customer journey. Journal of Marketing. 80(6):69-96.
Liedtka J. 2015. Perspective: linking design thinking with innovation outcomes through cognitive bias reduction. Journal of Product Innovation Management. 32(6): 925-938.
Maranisya U, Putri SA. 2022. Pengaruh harga dan sistem penjualan tiket terhadap kepuasan penonton di event konser be the sun in Jakarta 2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6): 3225-3232.
Plattner, H. (2019). An Introduction to Design thinking Process Guide. Published: Institute of Design at Stanford.
Prasetyo, W. B., Wahyuni, E. G., & ST, M. C. 2022. Pembuatan Tampilan Qiscus Robolabs Menggunakan Metode Design thinking. AUTOMATA, 3(2).
Pontoh B, Hermanto B, Apituley J. 2020. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi online grab (studi pada pelanggan grabcar di Kec. Tombulu Kab Minahasa). Manajemen & Kewirausahaan. 1(1): 1-15.
Ramadhania, Setyaningrum I, Kartikasari C. 2023. Pola perilaku konsumen terhadap keputusan mengikuti event k-pop. Jurnal Ilmiah Indonesia. 8(10): 5982-5993.
Rusanti D, Tolle H, Fanani L. 2019. Perancangan user experience aplikasi mobile lelenesia (marketplace penjualan lele) menggunakan metode design thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 3(11): 10484-10493.
Sari IP, Kartina A. Pratiwi A. Oktariana F, Nasrulloh M, Zain B. 2020. Implementasi metode pendekatan design thinking dalam pembuatan aplikasi happy class di Kampus UPI Cibiru. Jurnal Pendidikan Multimedia. 2(1): 45-55.
Septiyan D. 2020. Perubahan budaya musik di tengah pandemi covid-19. Jurnal Pertunjukan & Pendidikan Musik. 2(1): 31-38.
ValidNews. (2023) Ekraf 2023: Banjir konser musik, sepi peminat seni pertunjukan. [online] Available at: https://validnews.id/ekonomi/ekraf-2023-banjir-konser-musik-sepi-peminat-seni-pertunjukan [diakses pada 28 Februari 2025].
Wu, C.-H., Chien, Y.-C., Chou, M.-T., & Huang, Y.-M. 2025. Integrating computational thinking, game design, and design thinking: A scoping review on trends, applications, and implications for education. Humanities and Social Sciences Communications. 12(163). https://doi.org/10.1057/s41599-025-04502-x
Zahra D, Carkiman. 2024. Pengalaman pelanggan membeli tiket konser coldplay: menambang ulasan online berdasarkan permodelan topik dan analisis sentimen. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting, and Research. 8(2): 243-260.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2025-07-25
How to Cite
Rosita, S., Hapsari, N., Angelina, Z., & Taryana, A. (2025). PENINGKATAN CUSTOMER EXPERIENCE PADA SISTEM PENUKARAN TIKET KONSER KPOP DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 1874-1889. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5887