SEEING IS BELIEVING, CLICKING IS BUYING : STUDI TENTANG PENGARUH ADVERTISING VALUE, HEDONIC SHOPPING MOTIVES DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP IMPULSIVE BUYING PRODUK SKINCARE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

  • Francesco Chandra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar, Makassar
  • Chelsea Eileena Ishak Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar, Makassar
  • Michelle Liamri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar, Makassar
  • Angeline Narinda Thesalyoni Allena Sentosa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar, Makassar
  • Erwin Erwin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar, Makassar
Kata Kunci: Advertising Value, Hedonic Shopping Motives, Customer Trust, Impulsive Buying, Skincare

Abstrak

Di era digital seperti saat ini, media sosial seperti Instagram telah bertransformasi menjadi salah satu platform utama dalam strategi pemasaran produk skincare, seiring dengan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia. Dengan 77% konsumen secara rutin membeli produk skincare, pendekatan pemasaran digital menunjukkan potensi yang signifikan dalam memengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh advertising value, hedonic shopping motives, dan customer trust terhadap perilaku pembelian impulsif pada iklan produk skincare di media sosial. Responden penelitian sebanyak 184 mahasiswa STIE Ciputra Makassar yang aktif menggunakan Instagram dan pernah melakukan pembelian impulsif produk skincare. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang disusun dengan skala likert dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) dan diolah dengan WarpPLS Versi 8.0. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai iklan dan motivasi belanja yang bersifat hedonis memiliki kontribusi penting dalam mendorong perilaku impulsif konsumen. Sementara itu, tingkat kepercayaan terhadap brand tampaknya belum memberikan dorongan berarti terhadap kecenderungan tersebut. Hasil ini menambah wawasan strategis bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan konten pemasaran yang mampu merangsang minat dan respons emosional audiens secara lebih efektif.

Referensi

Amelia, A. N., Mujanah, S., & Fianto, A. Y. A. (2024). Pengaruh customer experience & customer trust terhadap repurchase intention di KKV Makassar dengan impulsive buying sebagai mediator. Jurnal Ilmiah Ecobuss: Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 105–119.
Adzani, R. A. K., & Premananto, G. C. (2023). The Influence of Advertising Creativity, Credibility, Lack of Irritation, Informativeness, and Entertainment on Consumer Attitudes Towards Brand on Gojek Advertising. Southeast Asian Business Review.
Annur, C. M. (2023, September 20). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga Awal 2023. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/d109a45f4409c34/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023
Arij, F. N., & Suwitho, S. (2021). Pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pada Shopee. co. id. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(6).
Dewi, C., Bangun, A. A., Susilowati, R., & Iskandar, M. M. A. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(2), 193–203.
Erwin, E., Pasaribu, A. W., Novel, N. J. A., Thaha, A. R., Adhicandra, I., Suardi, C., ... & Syafaat, M. (2023). Transformasi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Erwin, E., Subagja, A. D., Masliardi, A., Hansopaheluwakan, S., Kurniawan, S. D., Darmanto, E. B., & Muksin, N. N. (2023). Bisnis Digital: Strategi dan Teknik Pemasaran Terkini. PT. Green Pustaka Indonesia.
Erwin, E., Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Sovianti, R., ... & Munizu, M. (2023). Digital Marketing: Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Erwin, E., Suade, Y. K. M., & Alam, N. (2023, May). Social Media Micro-enterprise: Utilizing Social Media Influencers, Marketing Contents and Viral Marketing Campaigns to Increase Customer Engagement. In International Conference of Economics, Business, and Entrepreneur (ICEBE 2022) (pp. 578-593). Atlantis Press.
Erwin, H. M., Jilbert, J., & Sanusi, A. (2024). Informative or Persuasive: Which Type of Marketing Content Can Best Foster Co-Creation in MSMEs?. In Proceedings of the 8th International Conference on Accounting, Management, and Economics (ICAME 2023) (Vol. 279, p. 188). Springer Nature.
Erwin, E., Van Marsally, S., Nugroho, M. A., & Suryaningtiyas, Y. D. (2025). Buku Ajar Social Media Marketing Analytics. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hafiz, M. P. A. (2022, September 1). Berapa purchasing power konsumen ketika belanja skincare? www.marketeers.com. https://www.marketeers.com/berapa-purchasing-power-konsumen-ketika-belanja-skincare/
Hair, J.F., Hult, G.T.M., Ringle, C.M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publishing, Inc. (pp. 1–39).
Hair, J. F., Page, M., & Brunsveld, N. (2020). Essentials of Business Research Methods. New York: Taylor & Francis Group.
Hakim, S. (2024, December 30). TikTok jadi platform media sosial paling populer pada Tahun 2024. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/4556802/tiktok-jadi-platform-media-sosial-paling-populer-pada-tahun-2024#:~:text=Berdasarkan%20survei%20yang%20dikutip%20dari,9%20persen%20dari%20total%20populasi.
Hasim, M., & Lestari, R. B. (2022, September). Pengaruh Potongan Harga, Motivasi Belanja Hedonis, E-WOM Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Impulse Buying Di Tokopedia. In Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 12, No. 1, pp. 59-69).
Hendayana, Y., & Sari, A. M. E. (2021). Pengaruh kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna JNE Express Pondok Gede. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 27(2), 153-169.
Hidayah, N. S., Suhud, U., & Febrilia, I. (2025). Analysis of impulsive buying among Generation Z and Millennials in Bekasi City: What is the role of flash sales and live shopping? International Journal of Education, Social Studies, and Management (IJESSM), 5(1), 185–199.
Hulland, J. (1999). Use of Partial Least Squares (PLS) in Strategic Management Research: A Review of Four Recent Studies. Strategic Management Journal Strat. Mgmt. J, 20, 195–204.
Ifadhila, I., Rukmana, A. Y., Erwin, E., Ratnaningrum, L. P. R. A., Aprilia, M., Setiawan, R., ... & Setiawan, H. (2024). Pemasaran Digital di Era Society 5.0: Transformasi Bisnis di Dunia Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Karunarathne, E. A. C. P., & Thilini, W. A. (2022). Advertising value constructs’ implication on purchase intention: social media advertising. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 10(3), 287-303.
Kock, N. (2020). WarpPLS 7.0 User Manual. Laredo, TX: ScriptWarp Systems.
Kusnanto, D., Haq, A. A. F., & Fahmi, I. S. (2020). Pengaruh potongan harga terhadap pembelian impulsif pada pengguna aplikasi grab (grabfood). Jurnal Manajemen, 12(1), 1-9.
Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., Prihatma, G. T., & Miharja, D. T. (2024). The Influence of Interactivity, Online Customer Reviews, and Trust on Shopee Live Streaming Users’ Impulse Buying. GREENOMIKA, 6(1), 41–53.
Mustika, W., Kurniawati, M., & Sari, M. P. (2023). Pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif kategori produk fashion online pada marketplace. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(1), 141-151.
Narawati, P. C., & Rachman, A. (2024). Pengaruh Influencer, Hedonic Shopping Motive, Dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Tiktok Shop Di Jabodetabek. MASMAN Master Manajemen, 2(1), 119-132.
Ningsih, E. M., & Andjarwati, A. L. (2021). Peran Consumer Perceived Value dalam Online Review terhadap Impulse Buying Tendency melalui Browsing sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 601.
Olii, M. I., Bempah, I., & Wibowo, L. S. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Impulse Buying Pada Konsumen Apel Di Hypermart Gorontalo Dimasa Pandemi Covid-19. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 7(1), 1-7.
Pertiwi, D. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata (Dilengkapi Dengan Model Penelitian Pariwisata Gedung Heritage Di Bandung Raya). Yogyakarta: Deepublish.
Pramesta, N. R., Natania, C. M., Izdihar, A. H., & Rakhmawati, N. A. (2023). A Analisis Pengaruh Strategi Flash Sale Terhadap Minat Beli dan Perilaku Impulsif Mahasiswa ITS. JURSIMA, 10(3), 149-159.
Rahayu, P., & Amalia, R. (2022). Pengaruh Online Advertising Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Flow Experience Dan Advertising Value Pada Produk Smartphone VIVO. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 7(3), 455-468.
Ramadhan, D., & Rahim, F. (2024). PENGARUH PENGARUH FLASH SALE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 1(2).
Ratnawati. (2023). Pengaruh discount, live streamer, dan customer trust terhadap impulse buying pada live streaming commerce. TECHBUS (Technology, Business and Entrepreneurship), 1(1), 16–28. Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia.
Risnandar S, Ratna Dewi, Muhammad Ashoer, & Djafar, S. (2025). Pengaruh Media Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Studi Kasus Mahasiswa FEB UMI. Center of Economic Students Journal, 8(1), 213–224.
Rochmatulloh, D., Rachma, N., & Amin, M. S. (2025). Pengaruh Online Customer Review (Ocr) Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Oleh Brand Trust Pada E-Commerce Brand Skintific (Studi Kasus Pada Mahasiswi Unisma). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 14(01), 1191-1200.
Salfin, S., Kurniadi, P., & Erwin, E. (2024). Language Development in the Digital Age, A Literature Review on the Influence of Technology on Human Communication. Sciences du Nord Humanities and Social Sciences, 1(01), 01-07.
Setiobudi, A., Sudyasjayanti, C., & Danarkusuma, A. A. (2021). Pengaruh pengalaman pelanggan, kualitas layanan dan kepercayaan pelanggan terhadap kesediaan untuk membayar. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika, 17(3), 238-245.
Shadiq, M. A., Erwin, E., Chandra, F. L., Tjan, T., & Poaler, A. (2025). INSTAGRAM-ABLE ATAU LOYAL PERAN BRAND AWARENESS & BRAND IMAGE DALAM MENENTUKAN RE-USE INTENTIONS PENIKMAT KOPI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 2686-2705.
Sholihin, M., & Ratmono. (2020). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS. Andi; Yogyakarta.
Suciawan, A. G., Djuranovik, E., Pradana, M. C., & Erwin, E. (2025). INSTAGRAM FILTERS FOR THE FASHION INDUSTRY: THE MEDIATING ROLE OF PURCHASE INTENTION ON CUSTOMER ENGAGEMENT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1256-1272.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tamtama, Y. (2024). Perceived usefulness terhadap buying decision pembelian tiket konser musik secara online: Mediasi purchase intention (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta). Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Tanuwijaya, J., & Gunawan, L. (2021). The Influence of Advertising Value towards the Purchase Intention of MORA.id’s Products. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 10(1), 77–92.
Thompson, A. (2024, August 28). Digital 2024: 5 billion social media users - We Are Social Indonesia. We Are Social Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/
Umam, U. R. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, dan Fashion Involvement Terhadap Impulsive Buying Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Agama Islam Negeri Salatiga
Utami, T., Nurdiansyah, N., Azizah, I. S., Rukmana, A. Y., Pradnyana, I. M. A., Pratiwi, P. Y., ... & Purbaya, M. E. (2024). Buku Ajar Bisnis Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Windiarti, S., & Suwandi, S. (2022). THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND TRUST ON CUSTOMER SATISFACTION AT BCA KCP JAKARTA 26. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(4), 1852-1864.
Yid, & Yid. (2024, October 22). Survei Twilio: 56% konsumen Asia Pasifik tidak memilih brand yang tak jaga kepercayaan. youngster.id. https://youngster.id/news/survei-twilio-56-konsumen-asia-pasifik-tidak-memilih-brand-yang-tak-jaga-kepercayaan/?noamp=mobile
Yuda, M. S. (2025). Peran trust dan satisfaction dalam membentuk repurchase intention dan intens to recommend: Perspektif pelanggan Klinik Skincare Dr Metz. YUME: Journal of Management, 8(1), 455–467.
Diterbitkan
2025-08-10