PENGARUH MEDIA SOSIAL, HARGA DAN GAYA HIDUP KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI DI GARUT PLAZA KABUPATEN GARUT
Abstract
Penulis melakukan studi ini guna mengkaji secara mendalam bagaimana pengaruh media sosial, faktor harga, dan pola hidup konsumen terhadap kecenderungan membeli produk di Garut Plaza. Penelitian ini mengombinasikan pendekatan deskriptif dengan analisis berbasis pembuktian hubungan antarvariabel. Informasi diperoleh melalui teknik observasi langsung, wawancara kepada responden, serta penyebaran angket menggunakan skala Likert. Proses analisis dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3. Sebanyak 100 responden yang pernah melakukan pembelian di Garut Plaza dijadikan sampel, dipilih secara kebetulan (accidental sampling). Temuan menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap media sosial, harga, dan gaya hidup tergolong positif, serta ketiganya memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk niat beli masyarakat di lokasi tersebut.
References
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Di Kalangan Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo.
Anggraini, T. R. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Serta Efeknya Pada Keputusan Pembelian Produk Emina Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman Angkatan 2018–2019.
Ardhianti, D., & Kusuma, P. J. (2023). Dampak Harga Produk, Kualitas Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Ulang Body Scrub Scarlett Melalui Aplikasi Shopee.
Astuti, S., & Nugroho, B. (2022). Peran Media Sosial Dalam Membentuk Persepsi Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Di Masyarakat Indonesia.
Erwin, S., & Octavia, A. N. (2023). Pengaruh Media Sosial, Gaya Hidup, Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Es Krim Mixue & Tea.
Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares: Teori, Teknik, Dan Aplikasi Dengan Program Smartpls 3 (Edisi Ke-3).
Hasanati, M., Permadi, L. A., & Retnowati, W. (2025). Dampak Promosi Melalui Media Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Toko Online.
Haq, M. A. I., Widarko, A., & Bastomi, M. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Gaya Hidup, Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Minat Beli Pakaian Thrift Di Kalangan Mahasiswa UNISMA.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2020). Manajemen Pemasaran (Edisi Ke-15).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Ke-17).
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi Ke-15).
Kusumah, H. M. A., & Hermana, C. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Minat Beli Di Matahari Departemen Store Mal Festive Walk Selama Pandemi Covid-19 Pada Generasi Z Di Kabupaten Karawang.
Mayasari, H., & Patmawati. (2019). Dampak Iklan Internet, Endorsement Selebritas, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Produk Shopee Di Kota Padang.
Monica, E. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Rumah Di Taman Safira Bondowoso.
Pratiwi, N., & Rosyidah, D. (2021). Dampak Intensitas Pemakaian Media Sosial Dalam Strategi Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen.
Putra, A., & Dewi, S. (2019). Hubungan Antara Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Dengan Keputusan Pembelian Konsumen.
Utami, F. Z., Suryadi, A., & Widiarti, A. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Cafe Hazey.
Wahyuni, R., & Hidayat, T. (2020). Dampak Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Makanan Ringan Di Bandung.
Welsa, H., Cahyani, P. D., & Meidyansyah, F. (2023). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Media Sosial Instagram 3Second.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). The Effect of Pricing Strategy on Consumer Satisfaction. MEA Scientific Journal (Management, Economics, & Accounting), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.